4 Jenis Tanaman Hias Bunga Paling Cantik di Indonesia

Posted on

Tanaman hias bunga mempunyai kelopak yang cantik, dan menarik, dengan begitu membuatnya lebih banyak digemari serta menjadi primadona untuk pencinta jenis tanaman hias. Tanaman hias menurut penjabaran umum sendiri merujuk ke semua jenis tumbuhan yang secara sengaja ditanam untuk dijadikan kebun rumah, komponen taman, penghias busana, bunga potong atau pemercantik ruangan. Terdapat banyak sekali berbagai jenis tanaman hias yang ada di Indonesia. Berikut ulasannya :

Tanaman Hias Bunga Mawar Sebagai Queen of Flower

Tanaman mawar merupakan jenis tanaman hias bunga yang banyak digemari semua orang, khususnya kalangan remaja. Hal tersebut dikarenakan tanaman mawar memiliki unsur estetika tinggi bagi siapa pun yang melihatnya. Bahkan tak tanaman mawar disebut-sebut sebagai tanaman hias dengan harga jual cukup stabil. Untuk pembudidayaannya sendiri tak begitu sulit, untuk itu tak sedikit orang yang telah sukses menanam bunga mawar sebagai tanaman hias.

Tanaman Hias Bunga Mawar

Mawar adalah sejenis tanaman semak bergenus Rosa yang juga merupakan nama dari tanaman ini. Tanaman mawar liar sendiri yang tediri atas 100 spesies lebih kebanyakan tumbuh di bagian bumi utara memiliki udara yang sejuk. Spesies bunga mawar biasanya sebagai tanaman memanjat atau tanaman semak berduri, dengan ketinggian mencapai 2-5 meter. Meskipun jarang ditemukan, ketinggian tanaman bunga mawar yang telah merambat pada tanaman lain ketinggiannya dapat mencapai sekitar 20 meter.

Spesies mawar sebagian besar memiliki daun dengan panjang sekitar 5-15 cm, dengan 2-2 berlawanan. Memiliki daun majemuk dimana tiap tangkau pada daun sendiri terdiri atas 3-5 sampai 9-13 anak daun serta memiliki daun penumpu yang berbentuk lonjong, memiliki tepi beringgit, pertulangan menyirip, berduri pada bagian batang yang berdeatan dengan tanah dan meruncing di bagian ujung daunnya. Bunga mawar juga mempunyai warna-warni cerah dan terangm seperti ungu, pink, putih dan merah.

Tanaman Hias Bunga Edelweiss, Langka dan Abadi

Bunga edelweiss sebagai salah satu jenis bunga hias yang terbilang jarang ditanam untuk dijadikan tanaman penghias di pekarangan rumah. Hal tersebut dikarenakan bunga Edelweis sendiri hanya bisa tumbuh di daerah dataran tinggi, misalnya di pegunungan yang memiliki intensitas cahaya matahari secara penuh dan area puncak. Maka dari itu, bunga edelweiss sediri hanya dapat dilihat pendaki gunung.

Tanaman Hias Bunga Edelweiss

Edelweis atau biasa disebut sebagai efelweis Jawa yang dikenal juga dengan nama Bunga Abadi memiliki nama ilmiah Anaphalis javanica, yakni tumbuhan endemic dengan zona Montana atau alpine di berbagai macam pegunungan tinggi yang ada di Indonesia. Tanaman Edelweis bisa mencapai ketinggian hingga maksimal 8-meter yang memiliki batang hingga seukurankaki manusia meskipun biasanya tak sampai melebihi 1 meter. Tanaman dengan bunganya yang dianggap memiliki lambang ketulusan, perlambang cinta, keabadian dan pengorbanan yang satu ini dikategorikan juga sebagai jenis tanaman langka.

Bunga edelweiss sebagai bunga yang sangat familiar bagi para pendaki tersebut bisa memikat siapa saja yang melihatnya arena keabadian dan keindahannya yang ditampilkannya. Dikatakan abadi karena mengalami proses pemekaran dengan waktu cukup lama. Bunga edelweiss yang asli atau disebut juga sebagai Everlasting Flower ini dapat dijumpai di berbagai daerah di pegunungan nusantara, misalnya saja di Sumatera Selatan, Lombok, Sulawesi Selatan dan Jawa.

Tanaman Hias Bunga Anggrek sebagai Puspa Pesona Indonesia

Macam tanaman hias lainnya adalah bunga anggrek yang dijuluki sebagai Puspa Pesona Indonesia. Meskipun harga jual bunga anggrek lebih mahal daripada bunga mawar, namun tak mengurangi tingkat eksistensinya untuk menghiasi kebun, halaman, ruangan beserta tempat lain yang ada di sekitar rumah. Bunga anggrek sendiri sebagai tanaman bertipe epifis, dimana umumnya menempel pada tanaman lain. Akan tetapi terdapat beberapa jenis bunga anggrek lainnya yang dapat hidup secara mandiri di pot ataupun tanah.

Tanaman Hias Bunga Anggrek

Di Indonesia sendiri, bunga anggrek berjenis anggrek bulan begitu populer khususnya di kalangan kaum wanita. Maka dari itu, tak sedikit orang yang menjadikan tanaman ini sebagai hadiah saat menunjukkan rasa cinta kasih pada pasangannya. Dengan banyaknya minat pencinta bunga anggrek, menjadikan bunga ini sebagai tanaman yang cukup banyak dibudidayakan.

Bunga anggrek bernama ilmiah Orchidaceae sebagai sejenis bunga dengan jenis terbanyak. Dimana habitat bunga anggrek sendiri tersebar secara luas mulai dari wilayah sirkumpolar hingga tropika basah, namun kebanyakan jenis bunga ini dapat hidup di area tropika. Meskipun hidupnya bisa menempel atau menumpang pada tanaman lain. Namun bunga anggrek tidak dikategorikan sebagai bunga parasit. Sebaliknya, tanaman ini justru hidup dengan mandiri. Bunga anggrek dapat hidup dari udara yang terasa lembab dan embun, dengan organ-organ tebal serta sekulen menjadikan tanaman ini anti terhadap tekanan ketersediaan air.

Tanaman Hias Bunga Melati sebagai Puspa Bangsa Indonesia

Tanaman melati juga termasuk salah satu aneka tanaman hias. Bunga melati bisa dikatakan sebagai bunga hias berbentuk perdu yang berbatang tegak hidup menahun. Tanaman bunga melati memiliki genus dari tanaman merambat dan semak dengan keluarga Oleaceae atau zaitun. Terdiri atas 200 spesies tanaman asli daerah yang beriklim tropis dari Eurasia, Oseania dan Australasia yang bersuhu hangat. Bunga melati dibudidayakan secara luas karena memiliki aroma yang sangat khas. Di Indonesia sendiri, salahs atu dari jenis melati yang dijuluki sebagai symbol nasional atau puspa bangsa adalah berjenis melati putih, sebab bunga yang satu ini melambangkan kemurnian dan kesucian, bahkan dikaitkan dengan beragam tradisi di berbagai suku yang ada di Indonesia.

Tanaman Hias Bunga Melati

Bunga melati juga sebagai suatu keharusan yang dijadikan sebagai hiasan rambut untuk pengantin di upacara perkawinan yang ada di berbagai suku di tanah air, khususnya suku Sunda dan Jawa. Jenis bunga melati yang populer lainnya yaitu melati gambir dengan nama ilmiah J Officinale. Di tanah air nama bunga melati dikenal masyarakat Indonesia di seluruh wilayah yang ada di nusantara.

Di antara sebanyak 200 jenis bunga melati yangs udah diidentifikasi ahli botani, hanya baru 9 jenis melati, dimana umumnya dibudidayakan serta ada 8 macam melati yang sangat potensial sebagai tanaman hias. Adapun sebagian besar melati tumbuh secara liar di area hutan sebab potensi ekonomi berikut sosialnya sendiri masih belum terungkap. Melati memiliki berbagai macam jenis tanaman hias bunga dengan nama ilmiah berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *