6 Makanan Alami untuk Mengobati dan Mencegah Sakit Perut

Posted on

Sakit perut seringnya disepelekan, padahal sakit perut sebenarnya gangguan sistem pencernaan yang tidak boleh diabaikan karena jika dibiarkan, bisa saja akan menjadi penyakit yang serius. Ketika seseorang menderita sakit perut, tentunya dapat menggaggu aktifitas karena tubuh sedang dalam kondisi tidak fit. Terlebih jika perut terasa melilit. Nah, biasanya ketika sakit perut menyerang, penderita akan disarankan untuk meredakannya dengan mengkonsumsi obat. Sebenarnya gangguan pada sistem pencernaan tidak harus diatasi dengan mengkonsumsi obat. Sakit perut dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan-makanan tertentu yang memang memiliki khasiat meredakan sakit perut; kira-kira obat sakit perut alami apa saja yang mampu redakan sakit perut? Berikut informasinya.

6 Makanan Alami untuk Mengobati dan Mencegah Sakit Perut

Olahan wortel seperti jus wortel ternyata dapat dimanfaatkan sebagai makanan alami obat sakit perut yang ampuh redakan sakit perut dengan singkat. Cara mengolah wortel menjadi obat alami untuk atasi sakit perut sangat mudah, yaitu sediakan 2 atau 3 buah wortel segar lalu blender hingga halus. Anda boleh tambahkan beberapa helai daun mint sebagai penambah rasa. Beberapa saat mengkonsumsi jus wortel, dijamin sakit perut akan mereda dan Anda pun akan jauh lebih rileks. Jus wortel mengandung kalium yang cepat dan efektif redakan berbagai jenis gangguan pencernaan, lambung, tukak lambung, gastritis, dan jenis peradangan-peradangan lainnya. Jus wortel juga mampu memberi efek menenangkan bagi lambung. Kemudian kandungan mineral pada wortel dapat mengurangi rasa nyeri pada lambung.

Cara alami mengobati sakit perut lainnya yaitu dengan rutin mengkonsumsi yoghurt. Yoghurt adalah minuman segar hasil fermentasi susu. Yoghurt mengandung bakteri baik yang bersifat prebiotik sehingga menjadikan minuman enak ini sebagai salah satu minuman yang dapat meredakan saki perut dan gangguan pencernaan lainnya. Yoghurt juga membantu dalam memberikan efek nyaman dan menenangkan bagi lambung. Satu lagi manfaat yoghurt, yaitu yoghurt dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Tambahan informasi, yoghurt mengandung asam laktat yang sangat baik bagi para penderita maag. Asam laktat ini sangat aman bagi para penderita maag karena asam laktat dapat menutupi luka pada dinding lambung. Bakteri baik pada asam laktat juga dapat membentuk asam organik,  bakteriosin, dan hydrogen peroksida yang bersifat mikrosidal (mematikan bagi mikroba jahat).

Oat juga bermanfaat sebagai makanan alami yang dapat cegah sakit perut cara alami. Ketika secara tiba-tiba perut terasa sakit melilit, cobalah untuk mengkonsumsi semangkuk oat atau gandum yang telah dicampur dengan susu hangat. Kita semua tahu bahwa gandum kaya akan serat yang sangat baik untuk meredakan sekaligus mengatasi gangguan pencernaan.

Pisang sangat terkenal sebagai salah satu buah yang ampuh untuk atasi sakit perut. Buah pisang memiliki kandungan zat potassium yang sangat bermanfaat ketika tubuh sedang mengalami dehidrasi akibat diare atau muntah secara terus menerus. Pisang juga kaya akan gula yang dapat dimanfaatkan sebagai penambah energi.

Nasi (makanan berkarbohidrat) dan sup hangat juga efektif untuk meredakan sakit perut dan gangguan-gangguan pencernaan lainnya. Makanan-makanan berkarbohidrat ternyata mampu meredakan rasa mual. Selain itu, makanan-makanan berkarbohidrat seperti kentang, nasi, oat, dll dapat membantu melancarkan sistem pencernaan serta memberi efek menenangkan bagi perut. Lalu, bagaimana dengan sup hangat? Apakah memiliki khasiat yang sama? Ketika Anda sedang menderita sakit perut, seringnya ibu atau teman Anda menghidangkan sup hangat sebagai solusi terbaiknya. Memang benar, sup hangat mampu meredakan gangguan di bagian perut. Kuah sup yang hangat pastinya dapat memberi efek nyaman dan menenangkan pada organ-organ pencernaan. Rasa asin pada sup juga berperan sebagai pengganti cairan tubuh. Nah, khusus penderita hipertensi, sebaiknya kurangi jumlah garam yang akan dicampurkan ke dalam sup.

Teh herbal dan biskuit tentu sangat lezat apabila dikonsumsi secara bersamaan. Benar begitu? Keduanya memang sering dijadikan sebagai camilan di sore hari ketika sedang berkumpul bersama orang-orang yang dicintai. Dan tahukah Anda, ternyata biskuit dan teh herbal ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengobati sakit perut. Teh herbal sendiri ada cukup banyak jenisnya. Namun ada satu jenis teh herbal yang sangat ampuh redakan sakit perut. Jenis teh herbal yang dimaksud adalah Chammile. Teh yang satu ini juga sering dimanfaatkan sebagai obat alami untuk atasi radang usus dan ramuan relaksasi. Sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi teh herbal ini berlebihan karena akan menimbulkan efek mulas yang berlebihan. Nah, sedang biskuit sangat mudah diserap oleh tubuh serta efektif untuk redakan rasa mual. Bagi Anda yang kerap merasa mual di pagi hari, sangat disarankan untuk mengkonsumsi biskuit untuk mengurangi rasa mual.

Meski sakit perut dapat diatasi dengan obat sakit perut alami di atas, kita semua wajib menjaga kesehatan sistem pencernaan kita. Misalnya saja dengan selektif dalam membeli atau memilih makanan dan minuman. Kemudian wajib menjaga kualitas kesehatan seperti rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi lengkap dan higienis, tidak minum minuman beralkohol, merokok, dan lain sebagainya. Jika memang bukan sakit perut akibat suatu sebab atau penyakit yang kronis, sebaiknya gunakan cara alami seperti cara alami di atas. Mengapa? Obat seringnya menimbulkan efek samping yang jika dikonsumsi terus-menerus akan menimbulkan efek lain yang sifatnya berkelanjutan. Demikian informasi singkat mengenai makanan-makanan yang dimanfaatkan sebagai obat alami untuk redakan sakit perut. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *