9 Sayuran Penurun Darah Tinggi Paling Efektif

Posted on

Darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya dan mematikan. Hal ini dikarenakan penderita darah tinggi sangat rawan terkena penyakit komplikasi lainnya. Oleh karena itu, bagi Anda yang mempunyai tekanan darah tinggi harus rajin mengkonsumsi sayuran penurun darah tinggi. Sayuran untuk menurunkan tekanan darah tinggi cukup banyak dan sangat mudah didapatkan. Dengan sering mengkonsumsi sayur-sayuran ini maka risiko tekanan darah tinggi Anda bisa berkurang bahkan bisa sembuh. Selain bisa mengobati tekanan darah tinggi, sayuran juga baik untuk kesehatan tubuh.

Jenis Sayuran Penurun Darah Tinggi

Sayuran memang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh para penderita darah tinggi. Namun tidak semua jenis sayuran termasuk dalam jenis sayuran yang bisa menurunkan tekanan darah. Ada beberapa makanan penyebab darah tinggi justru berasal dari sayuran. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menurunkan tekanan darah tinggi dengan menggunakan sayuran harus memilih jenis sayuran yang tepat. Adapun jenis sayuran yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi diantaranya yaitu:

  1. Brokoli

Sayur brokoli termasuk obat hipertensi alami yang sangat ampuh. Hal ini dikarenakan dalam brokoli terdapat kromium yang sangat berperan dalam mengendalikan tekanan darah. Selain itu, sayuran berwarna hijau ini juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang bisa menghancurkan lemak dalam pembuluh darah. Untuk mengatasi tekanan darah tinggi, sayur brokoli bisa dimasak dengan cara direbus dan diberi sedikit bumbu. Selain bisa mengontrol tekanan darah tinggi, brokoli juga bisa mengontrol gula dalam darah.

  1. Jagung

Tidak banyak yang mengetahui bahwa jagung termasuk dalam sayuran yang sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Didalam jagung terdapat kandungan folat yang tinggi sehingga mampu untuk menyehatkan pembuluh darah arteri. Selain itu, dalam jagung juga mengandung vitamin B yang lengkap. Seperti yang diketahui bahwa vitamin B ini sangat bagus untuk kesehatan peredaran darah. Dengan peredaran darah yang sehat maka tekanan darah juga bisa stabil.

  1. Kentang

Sayuran yang berasal dari jenis umbi-umbian ini tidak hanya bagus untuk diet menurunkan berat badan saja tapi juga bagus untuk diet darah tinggi. Hal ini dikarenakan dalam kentang mengandung magnesium yang cukup tinggi. Selain itu, kentang juga mengandung pottasium yang dikenal sebagai pelancar peredaran darah. Dengan mengkonsumsi kentang maka tekanan arah akan terjaga tetap normal sehingga tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan mudah.

  1. Seledri

Sayuran untuk menurunkan hipertensi yang lainnya yaitu seledri. Sayuran hijau yang biasanya hanya digunakan sebagai pelengkap dalam sebuah masakan ini ternyata mengandung zat yang sangat bagus untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung. Dalam seledri terdapat kandungan kalsium, magnesium, dan pottasium yang sangat tinggi. Ketiga kandungan ini sangat bermanfaat dalam menjaga tekanan darah dan juga membuat otot dari pembuluh darah tetap elastis.

  1. Kedelai

Kedelai termasuk dalam jenis kacang-kacangan yang kaya akan gizi. Jenis kacang-kacangan ini banyak mengandung magnesium dan kalium yang tinggi, tidak salah jika kacang kedelai sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, dalam kacang kedelai juga terdapat kandungan pottasium yang mampu membuat pembuluh darah tetap elastis dan menjaga sirkulasi darah tetap lancar. Dengan mengkonsumsi kacang kedelai secara rutin, maka tekanan arah akan selalu normal.

  1. Bayam

Sayuran hijau yang sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah adalah bayam. Bayam mengandung banyak serat dan juga mengandung kalium yang tinggi. Dengan dua kandungannya ini bayam mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Para penderita darah tinggi sangat disarankan untuk sering mengkonsumsi bayam agar tekanan darahnya tetap stabil. Untuk penderita darah tinggi bisa mengolah bayam dengan cara dibuat sayur ataupun lalapan.

  1. Tomat

Salah satu jus penurun darah tinggi yang paling bagus adalah jus tomat. Tomat masuk dalam kategori sayuran buah yang kaya akan vitamin C dan kalsium. Selain itu, dalam buah tomat juga mengandung kalium yang tinggi. Dengan kandungannya ini buah tomat mampu untuk menurunkan hipertensi dengan cepat. Bagi penderita hipertensi sangat disarankan meminum jus tomat setiap hari secara rutin. Agar rasa jus menjadi enak, Anda bisa menambahkan sedikit madu atau dicampur dengan sayuran lainnya yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Buncis

Jenis kacang-kacangan lainnya yang sangat efektif menurunkan tekanan darah tinggi adalah kacang buncis. Kacang yang asli dari Eropa ini mengandung banyak mineral yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Buncis juga mengandung zat yang bisa membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Untuk menurunkan darah dengan kacang buncis ini, Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara dijus ataupun direbus terlebih dahulu. Anda bisa memasukkan buncis dalam menu diet darah tinggi Anda , simak juga ulasan lengkap tentang sejuta manfaat sayur buncis yang lain.

  1. Bawang putih

Siapa yang menyangka bawang putih juga masuk dalam jenis sayuran yang bisa menurunkan tekanan darah. Bawang putih tidak hanya kaya akan antioksidan saja, tapi bawang putih juga bisa membantu untuk mencegah pembekuan darah. Dengan mengkonsumsi bawang putih bisa membuat tekanan darah Anda stabil dan selalu normal. Anda bisa menambahkan bawang putih dalam masakan sayuran untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, bawang putih juga bagus untuk dicampurkan dalam berbagai masakan.

Menurunkan tekanan darah tinggi dengan menggunakan sayuran ini memang sangat efektif. Tidak hanya bisa menurunkan tekanan darah tinggi saja, sayuran-sayuran ini juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Bagi penderita darah tinggi yang akan mengkonsumsi sayuran penurun darah tinggi ini harus bisa mengolahnya dengan tepat. Penderita darah tinggi tidak boleh mengkonsumsi makanan yang terlalu asin, oleh karena itu dalam mengolah sayuran ini sebaiknya tanpa menggunakan garam. Pengolahan yang tidak tepat bisa membahayakan para penderita darah tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *