Bahan Lulur Alami untuk Merawat Kulit Tubuh dan Wajah

Posted on

Kulit sebagai bagian terluar dari tubuh harus mendapatkan perawatan ekstra agar senantiasa sehat dan cantik. Bahan lulur alami bisa dijadikan alternatif untuk menjaga kesehatan kulit tubuh Anda. Kulit tubuh yang sehat dan terjaga akan memiliki peran besar untuk keseharian seseorang. Mereka yang memiliki kulit tubuh yang sehat, bersih, dan terjaga bisa tampil lebih percaya diri di depan umum. Untuk itu, mari jaga kesehatan kulit dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Berikut adalah beberapa lulur alami yang bisa Anda gunakan untuk merawat kulit Anda. Langsung saja simak uraiannya berikut ini.

Bahan-Bahan Lulur Alami untuk Resep Lulur Tradisional Terpercaya

  1. Lulur Rempah Mangir

Lulur mangir jawa terkenal sebagai salah satu lulur alami yang secara turun temurun telah merawat kulit wanita Indonesia. Lulur mangir banyak dipakai oleh para putri Jawa untuk merawat tubuh mereka. Khasiat dari lulur tradisional jawa ini adalah untuk membantu mencerahkan kulit. Lulur alami ini bisa dibuat dengan menggunakan bahan-bahan berikut ini.

Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah satu genggam beras, tepung beras, kunyit, temu giring, bubuk kranggean, 4 butir cengkeh, dan kencur. Sebelumnya, rendam beras selama 2 jam. Setelah itu, campurkan seluruh bahan menjadi satu dan haluskan. Anda bisa menggunakan blender untuk menghaluskannya. Gunakan sedikit air untuk membantu menghaluskannya. Gunakan ramuan ini sebagai lulur. Oleskan ke seluruh tubuh. Diamkan selama 15 menit. Lalu, bilas menggunakan air bersih. Lulur tradisional ini bisa digunakan setiap hari.

  1. Lulur Lidah Buaya

Lidah buaya menjadi salah satu jenis tumbuhan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu manfaat dari lidah buaya adalah dapat menjaga kesehatan serta kecantikan kulit. Caranya adalah dengan mengolah lidah buaya menjadi lulur. Di dalam lidah buaya, terdapat zat-zat seperti mineral, vitamin, asam amino, enzim, polisakarida, dan zat-zat lainnya yang bermanfaat menjaga kesehatan kulit. Cara membuat lulur dengan lidah buaya sangat mudah, yaitu sebagai berikut.

Ambil satu lembar tanaman lidah buaya, kupas kulitnya, lalu ambil gel lidah buaya. Haluskan gel lidah buaya dengan cara ditumbuk atau diblender. Tambahkan satu sendok madu atau air perasan jeruk nipis agar manfaatnya bisa lebih maksimal. Aduk sampai rata. Setelah itu, oleskan lulur lidah buaya ini ke seluruh tubuh. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air bersih. Lulur ini bisa dipakai setiap hari.

  1. Lulur Alpukat

Buah alpukat selain memiliki rasa yang lezat, juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Alpukat bisa digunakan sebagai bahan lulur alami yang bisa mencerahkan kulit secara cepat. Mengapa demikian? Di dalam alpukat terdapat kandungan senyawa yang membantu mencerahkan kulit. Anda bisa membuat lulur alpukat sendiri dengan cara berikut ini.

Kupas satu buah alpukat, buang bagian isinya, lalu haluskan alpukat dengan cara ditumbuk atau diblender. Tambahkan satu sendok madu murni. Aduk sampai merata. Setelah itu, oleskan lulur alami ini ke seluruh permukaan kulit. Untuk hasil yang maksimal, gunakan lulur alpukan ini setiap hari selama tiga minggu. Dijamin kulit Anda akan lebih bersinar dari sebelumnya.

  1. Lulur Cokelat

Cokelat ternyata tak hanya enak dikonsumsi saja. Makanan dengan rasa manis ini ternyata bisa juga digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Anda bisa membuat lulur cokelat untuk menjaga kesehatan kulit. Caranya sangat mudah. campur dua sendok makan coklat bubuk, satu sendok makan zaitun oil, air perasan lemon, satu sendok susu bubuk putih, dan satu sendok tepung beras. Aduk semua bahan sampai rata. Setelah itu, oleskan lulur cokelat ini ke seluruh tubuh. Diamkan selama 15 menit lalu bisa menggunakan air bersih. Lulur ini baik dipakai sebelum mandi.

  1. Kunyit

Bahan lulur alami yang telah dipakai secara turun temurun adalah kunyit. Zat-zat dalam kunyit efektif untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Selain itu, zat berwarna kuning dalam kunyit bisa memperbaiki pigmen kulit sehingga menjadikan kulit tampak lebih cerak. Untuk perawatan sehari-hari, Anda bisa menggunakan lulur kunyit.

Cara membuat lulur kunyit sangat mudah. Siapkan kunyit secukupnya, bersihkan, kemudian kunyit diparut. Setelah itu, gunakan parutan kunyit ini sebagai lulur. Oleskan parutan kunyit ke wajah, leher, tangan, dan kaki secara merata. Diamkan selama beberapa menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih. Lulur kunyit ini juga bisa dipakai setiap hari. Untuk Anda yang mencerahkan kulit dengan cepat, gunakanlah lulur kunyit setiap hari selama 3 minggu.

  1. Lulur Beras

Tak hanya beras jepang, beras biasa juga bisa dijadikan bahan lulur alami. Pada dasarnya, setiap beras mengandung vitamin B1 yang baik untuk menjaga kulit tetap sehat dan mencerahkan kulit. Itulah mengapa banyak produk kosmetik yang menggunakan ekstrak beras. Kini, Anda bisa membuat sendiri lulur bahan herbal menggunakan beras.

Caranya sangat mudah. Siakan beras secukupnya. Tumbuk beras sampai halus. Beri sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan lulur beras ini ke permukaan kulit. Diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Lulur beras ini aman dipakai setiap hari.

  1. Lulur Bengkoang

Bengkoang sudah dipakai sejak zaman dahulu sebagai bahan lulur tradisional. Manfaat bengkoang adalah untuk mencerahkan kulit. Cara membuat lulur tradisional ini bisa dibilang sangat mudah dan murah. Siapkan beberapa butir bengkuang, kupas, dan cuci hingga bersih. Bengkuang yang sudah bersih kemudian diparut. Setelah itu, peras bengkoang yang sudah diparut. Diamkan air perasan bengkoang selama satu malam. Pada pagi harinya, akan ada endapan pada air perasan bengkoang. Gunakan endapan ini sebagai lulur untuk mencerahkan kulit Anda.

Demikian adalah resep herbal untuk lulur. Tujuh resep di atas termasuk bahan lulur alami yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit.

Apa Yang Pengunjung Cari?

  • Apa yg bisa di buwat lulur dari bahan 2 yg alami?
  • bahan bahan yang bisa digunakan untuk lulur
  • bahan yang boleh di pakai lulur alami
  • bahan yang di gunakan untuk kesehatan kulit
  • cara membuat lulur lidah buaya
  • lulur lidah buaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *