Beberapa Manfaat Sayur Brokoli Hijau

Posted on

Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang mengandung banyak nutrisi di dalamnya seperti serat, kalori, vitamin, mineral, dan sebagainya. Karena kandungan nutrisi tersebut, ada banyak manfaat sayur brokoli hijau yang bisa didapatkan oleh orang yang mengkonsumsinya.  Terkait kegunaan brokoli hijau ini, berikut uraian lebih jauh yang bisa disimak.

 

Manfaat Brokoli untuk Diet

Sayuran yang bisa diolah dengan banyak cara ini memiliki banyak manfaat khusus untuk mereka yang sedang menjalani diet makanan sehat. Ketika dikonsumsi, brokoli akan menjadi salah satu sumber asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh. Nutrisi seperti vitamin C dari brokoli akan berguna untuk melakukan sintesa senyawa karnitin dalam proses metabolisme lemak menjadi energi. Dengan begitu, tubuh akan lebih sehat.

manfaat sayur brokoli hijau

Ketika diet, manfaat sayur brokoli hijau yang akan didapatkan adalah membantu menurunkan pembentukan dan penumpukan sel-sel lemak. Hal ini karena adanya kalsium dalam sayuran ini. Mereka yang ingin menurunkan berat badan biasanya harus mengurangi asupan kalori dengan makanan yang lebih banyak mengandung vitamin dan mineral seperti sayur hijau. Brokoli yang merupakan sayur hijau dapat ditambahkan pada menu sayuran, camilan, bahkan minuman.

Contoh langkah yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dari brokoli bisa dipahami melalui uraian berikut ini. Untuk mendapatkan asupan 30 kalori dari sayuran, Anda bisa menyiapkan secangkir potongan brokoli mentah. Dengan mengkonsumsi brokoli mentah, kandungan vitamin C dari sayur hijau ini akan lebih banyak dibandingkan brokoli yang telah dimasak. Sementara itu, apabila brokoli dikonsumsi setelah dimasak, jumlah kalori yang didapatkan sekitar 54 kalori.

Selain menekan diri agar pola makan dan porsi asupan diperbaiki, mereka yang melakukan diet juga harus memakan makanan yang kaya akan serat sehingga fungsi dan kinerja organ pencernaan tidak bermasalah akibat diet. Di sinilah manfaat sayur brokoli hijau. Mengapa demikian? Serat yang terserap tubuh akan mengoptimalkan penyerapan air dan nutrisi lainnya sehingga perut akan merasa lebih kenyang. Ketika seseorang merasa kenyang, makanan yang dimakan akan secara otomatis lebih sedikit.

Serat dari brokoli juga berguna dalam sekresi hormon ghrelin, yaitu hormon yang membuat seseorang merasa lapar. Dengan adanya serat yang salah satunya bisa didapatkan dari brokoli, kinerja hormon penyebab lapar ini akan lebih terkontrol. Serat yang terkandung dalam brokoli hijau juga dapat mengontrol asupan glukosa yang saat menumpuk di tubuh akan menyebabkan seseorang menjadi gemuk. Karena itu, bagi para wanita maupun pria yang ingin mendapatkan bentuk tubuh ideal, mereka perlu asupan serat brokoli.

Brokoli merupakan salah satu sumber terbaik untuk nutrisi penting seperti chromium. Chromium yang merupakan salah satu nutrisi dasar untuk mengatur aktivitas insulin dalam tubuh juga memiliki efek khusus terhadap karbohidrat dan proses metabolisme. Karena itu, konsumsi secangkir brokoli rebus atau kukus tidak hanya membantu mengontrol berat badan namun juga menyehatkan tubuh dan kinerja hormon dalam tubuh.

 

Manfaat Brokoli untuk Ibu Hamil

Selain bermanfaat bagi kesehatan, brokoli juga memiliki kegunaan bagi mereka yang memiliki kondisi khusus seperti hamil. Manfaat brokoli hijau bagi ibu hamil yang penting adalah menyehatkan sang ibu dan janin agar tetap sehat. Kandungan kalori dan serat dalam brokolo akan menjadi sumber energi sang ibu sehingga ia tidak lemas atau bahkan pingsan. Di masa awal kehamilan, para calon ibu biasanya akan mengalami morning sickness yang membuatnya lemas, lelah, dan pucat. Karena itu, makanan bernutrisi seperti brokoli perlu dikonsumsi.

Kandungan folat dari brokoli akan membantu pertumbuhan dan perkembangan jaringan saraf pada janin sekaligus meminimalisir gangguan saraf pada janin seperti spina bifida. Karena itu, jika tidak alergi terhadap brokoli, Anda yang sedang hamil bisa mengkonsumsi sayur brokoli setiap hari. Apabila ragu, Anda bisa meminta panduan dan bimbingan dokter kandungan terkait makanan yang harus dikonsumsi dalam masa kehamilan.

Mereka yang selama masa kehamilan memiliki masalah anemia juga bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi brokoli. Hal ini karena kandungan zat besi dan asam folat di dalam sayuran hijau ini. Nutrisi tersebut berguna dalam produksi hemoglobin. Memakan brokoli juga akan membantu mencegah  gangguan kurang darah alias anemia. Zat besi dan nutrisi lainnya seperti vitamin C, betakaroten, dan sebagainya juga akan berguna agar sistem imun pada ibu hamil lebih kuat. Dengan imun yang kuat, infeksi bakteri dan virus yang bisa menjangkit janin bisa dihindari.

Brokoli hijau untuk kesehatan mata pada ibu dan janin juga penting untuk diketahui. Kandungan betakaroten pada brokoli akan mencegah degenerasi mata yang mungkin terjadi pada wanita yang sedang hamil. Di samping itu, nutrisi lain seperti zeaxanthin dan vitamin A dari sayuran ini akan membantu meminimalisir dampak radiasi yang dialami saat hamil. Dampak radiasi sinar UV penyebab inflamasi kulit pada wanita hamil juga akan teratasi dengan konsumsi rutin sayur brokoli. Nutrisi yang berperan mengatasi mengatasi masalah ini adalah glucoraphanin dan sulforaphane.

Wanita yang sedang hamil biasanya mengalami peningkatan berat badan sehingga otomatis ia akan membutuhkan tulang yang kuat menyangga tubuhnya sendiri serta janinnya. Karena itu, makanan yang mengandung kalsium seperti brokoli juga perlu dimasukkan dalam menu makanan sehat. Selain memperkuat tulang, kalsium dan mineral dalam sayuran yang dalam bahasa Inggris disebut dengan broccoli ini berguna untuk mencegah osteoporosis.

Demikian beberapa manfaat sayur brokoli hijau yang bisa menambah referensi Anda. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sering mengkonsumsi brokoli?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *