Berbagai Pilihan Tanaman Hias dalam Pot yang Sedang Trend

Posted on

Tanaman hias dalam pot merupakan pilihan banyak orang untuk dijadikan sebagai bahan dekorasi rumah. Selain dapat menyuguhkan keindahan, tanaman hias yang ditanam dalam media pot juga dapat membuat suasana menjadi lebih asri dan lebih sejuk. Ada berbagai jenis tanaman hias dalam pot yang sedang banyak digemari saat ini untuk dijadikan pilihan lama mendekorasi rumah kesayangan.

Tanaman Hias Dalam Pot Bell Flowers

Jika sudah bosan dengan dekorasi tanaman hias dengan bahan plastic atau imitasi, kini keinginan untuk menciptakan ruangan semakin terlihat asri dan cantik dapat terlaksana. Tanaman hias Bell Flowers atau Campanula merupakan salah satu tanaman hias dalam pot yang memiliki bentuk unik. Keunikan dari tanaman hias dalam pot jenis Bell Flowers terletak pada bentuk bunganya yang sangat mirip dengan lonceng atau terompet.

Sebenarnya terdapat lebih dari 500 jenis spesies Bell Flowers yang tumbuh di seluruh penjuru dunia. Di pegunungan Alpen dan Kutub Utara, spesies Bell Flowers yang dapat hidup dan bertahan hanya memiliki tinggi maksimal 5 cm, cukup kecil. Namun Bell Flowers dapat mencapai tinggi 2 meter di wilayah padang rumput atau daerah yang bertemperatur cenderung sangat panas.

Di Indonesia sendiri yang termasuk dalam daerah beriklim tropis, kebanyakan Bell Flowers yang ditanam berukuran 1 meter atau lebih.  Struktur batang yang semakin mengecil di bagian atasnya membuat jenis tanaman pot yang satu ini dapat tumbuh dengan kokoh. Bentuk dan ukuran daun pada tanaman hias pot ini lebar dengan gerigi pada bagian tepinya. Daun Bell Flowers juga memiliki getah seperti halnya pada batang. Bunga pada tanaman hias ini berwarna keunguan atau pink keputihan dan panjangnya dapat mencapai 2 hingga 5 cm.

Tak hanya bunga, Bell Flowers juga dapat menghasilkan buah yang bentuknya mirip kapsul. Di dalam buah terdapat biji dengan ukuran kecil yang dijadikan sebagai benih pembudidayaan Bell Flowers. Namun tanaman hias ini juga dapat dikembangbiakkan dengan rimpangnya. Jika ingin membudidayakan dengan biji, tanamlah biji pada saat musim semi dalam tanah yang lembab. Namun jika hendak menggunakan rimpang, hanya patahkan saja rimpang dari sang inang kemudian segera tanam pada tanah yang memiliki kelembaban cenderung tinggi.

Tanaman Hias Dalam Pot Caladium

Selain Bell Flowers, Caladium juga dapat dijadikan pilihan yang sangat tepat sebagai tanaman hias dalam pot yang dapat mempercantik dekorasi ruangan dalam atau luar rumah. Jika Bell Flowers memiliki bunga yang indah, Caladium mempunyai tekstur dan susunan daun yang sangat memukau pada saat masa istirahatnya di musim kemarau atau musim panas.

Fase istirahat tanaman hias ini berkisar antara 4 sampi 5 bulan. Ketika fase inilah tampilan daun Caladium yang memiliki warna sangat variatif yakni merah, oranye, hijau, putih serta perak menampilkan kombinasi warna yang sangat indah memukau dan lama kelamaan akan menghilang. Bagi yang penasaran, bentuk daun Caladium ialah menyerupai hati dengan tulang daun yang dapat terlihat jelas.

Tanaman hias ini dapat tumbuh dengan tinggi hingga 35 sampai 45 cm. Lebar daun ini mencapai 30 cm dengan panjang 30 cm pula. Penanaman tanaman pot ini cukup dilakukan dengan memindahkan umbi pada media tanam dalam pot. Letakkan tanaman ini pada lokasi yang terkena sinar matahri langsung serta berilah pupuk satu kali dalam satu bulan agar dapat tumbuh subur.

Tanaman Hias Dalam Pot Butterfly Flower

Tak usah bingung-bingung dalam mencari ornament alami untuk dekorasi rumah. Tanaman hias pot Butterfly Flower dapat dijadikan pilihan karena ketika bunganya tumbuh, setiap pasang mata akan dibuatnya terpana. Butterfly flower merupakan tanaman hias yang berasal dari Amerika Serikat namun juga dapat dengan baik dibudidayakan di Indoensia. Bunga yang tumbuh pada tanaman hias yang satu ini mengunjukkan dominasi warna oranye yang sangat segar.

Pertumbuhan bunga pada Butterfly Flower terjadi di sekitaran bulan Juli atau Agustus. Jika tertarik, cara menanam tanaman hias ini tidaklah sulit. Cukup tanam benih Butterfly Flower pada pot dengan media tanam tanah berpasir sedalam 1/8 inchi dihitung dari permukaan tanah.untuk perawatannya. Tanaman hias ini hanya memerlukan cahaya matahri setiap pagi serta sore hari saja. Untuk penyiramannya, lakukan dengan intensitas air sedang dalam waktu maksimal 30 detik.

Tanaman Hias Dalam Pot Impatien

Impatien atau yang lebih dikenal dengan nama pacar air merupakan salah satu jenis tanaman hias dalam pot yang sangat mudah hidup serta tidak memerlukan perawatan yang khusus. Tanaman hias yang satu ini sangat mudah ditemukan di berbagai kawasan di Indonesia karena berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Tekstur batang Impatien atau pacar air tidaklah keras tetapi tebal dapat tumbuh hingga 1 meter.

Tanaman hias ini memiliki daun yang tidak terlalu lebar dan memiliki gerigi pada tepinya. Bunga yang dihasilkan oleh tanaman ini juga tak kalah cantik dengan jenis tanaman lainnya yakni berwarna putih, ungu, pink dan merah. Tanaman ini dapat dikembang biakkan dengan stek batang pada tanah dengan kelembaban yang tinggi dan udara yang sejuk namun tetap terkena sinar matahari yang cukup. Sebaiknya media tanah yang digunakan selain memiliki tingkat kelembaban tinggi juga dicampur dengan pupuk kompos agar lebih subur. Lakukan penyiraman secara teratur agar Impatien tumbuh dengan baik.

Ternyata mendekorasi rumah supaya terlhat lebih indah, asri dan membuat siapa saja nyaman tidaklah sulit. Dengan mengaplikasikan berbagai tanaman hias dalam pot, dijamin pancaran kesejukkan serta keindahan rumah semakin terasa.

Apa Yang Pengunjung Cari?

  • tanaman hias butterfly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *