Berbagai Tanaman Air Hias yang Cocok Untuk Dekorasi Rumah

Posted on

Tanaman air hias yang terdiri dari berbagai jenis dapat dijadikan pilihan untuk mendekorasi akuarium atau kolam air tawar di dalam atau luar rumah. Selain dapat memberikan keindahan tampilan rumah, tanaman hias air tawar juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Tanaman air hias teratai (Nymphaea SPP)

Bunga yang dihasilkan tanaman yang juga banyak terdapat di India ini memiliki warna yang beragam, ada yang merah muda, putih hingga ungu. Budidaya tanaman air hias yang satu ini juga tidak sulit. Kini telah banyak pihak yang menyediakan bibit teratai.  Terdapat dua jenis tanaman hias teratai yang dapat hidup subur di Indonesia antara lain teratai day bloomer dan teratai night bloomer. Yang membedakan kedua tanaman teratai ini hanyalah waktu mekarnya bunga. Bunga teratai day bloomer akan bermekaran di pagi hari dan akan menutup di malam hari sedangkan tipe night bloomer akan mekar pada malam hari dan kembali menutup saat pagi menjelang.

Tanaman air hias bunga lotus (Nelumbo spp)

Di India, lotus dijadikan sebagai lambang agama Hindu dan digunakan dalam berbagai perayaan atau pemujaan. Lotus juga tumbuh subur di Indonesia dan dikenal juga sebagai bunga seroja. Banyak yang menyamakan Lotus dengan teratai, padahal keduanya merupakan dua tanaman air dari spesies berbeda.

Tangkai Lotus memiliki ukuran lebih tinggi dan lebih menjuntai jika dibandingkan dengan tangkai pada teratai. Topangan tangkai pada Lotus juga lebih kokoh dibanding teratai dengan tekstur daun yang juga sangat berbeda. Meskipun sama-sama melebar, daun pada teratai dan lotus sangatlah berbeda. Daun pada teratai tidak dapat basah seperti daun talas sedangkan daun yang dimiliki tanaman hias Lotus tetap bisa basah.

1.Manfaat lotus

Tanaman lotus mengandung antioksidan yang sangat ampuh mencegah kanker. Selain itu, kandungan hepatoprotection serta immunomodulation dapat mencegah dan mengobati diabetes serta obesitas. Bagian tanaman lotus yang dapat dimanfaatkan ialah rimpangnya yang dapat diolah dan dikonsumsi dan bijinya yang dapat diproduksi menjadi tepung yang menyehatkan.

2.Perawatan lotus

Bibit tanaman air hias ini dapat dengan mudah diperoleh di berbagai toko tanaman. Untuk proses penyemaian biji, gunakan media tanam yang terbuat dari campuran tanah, pupuk kompoas dan pasir dengan perbandingan 1:1:1. Tanamlah lotus pada kolam air tawar atau media berlumpur yang tergenangi oleh air yang dapat terkena langsung sinar matahari. Setelah ditanam, pupuklah secara teratur dengan nutrisi atau pupuk cair yang dapat disemprotkan.

Tanaman air hias selada air

Selada air merupakan jenis tanaman hias air tawar yang berasal dari benua Asia serta Eropa. Selain dapat dijadikan tanaman hias pada kolam, daun selada air juga dapat dikonsumsi dan tentunya menyehatkan. Terdapat berbagai kandungan nutrisi di dalam selada air seperti sulfur, yodium serta nitrogen. Kombinasi ketiga zat tersebut sangat baik sebagai elemen untuk membersihkan darah dalam tubuh. Daun selada air juga dapat menyembuhkan penyakit ginjal dan liver.

Tanaman air hias papirus air

Tanaman air yang satu ini mungkin masih terdengar asing bagi telinga sebagian orang.  Papyrus merupakan tanaman hias air yang berasal dari lembah sungai Nil. Tampilannya yang indah dan menawan serta unik karena sangat mirip dengan rambut membuat tanaman air yang satu banyak digemari. Tangkai pada tanaman air ini dapat menjuntai hingga 3 sampai 5 meter. Selain digunakan sebagai dekorator kolam atau rumah karena keindahannya, kulit-kulit papyrus juga dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuat kertas.

Bahkan jenis tanaman air bernama papyrus ini ini juga dapat menghentikan pendaharan dengan cara dibakar hingga menjadi abu. Kemudian abu tersebut dioleskan pada luka yang berdarah dan pendarahan pun akan terhenti. Kulit bunganya juga dapat digunakan sebagai pembalut luka sehingga jaringan dapat segera terbentuk kembali. Selain itu, papyrus juga dapat diolah menjadi minyak mentah yang dipercaya dapat memperlancar buang air kecil.

Tanaman air hias tetepok

Tampilan fisik tanaman ini sangat mirip dengan serpihan salju yakni berbentuk bintang dengan warna putih pekat. Atas keindahannya, tanaman hias air tetepok dinobatkan sebagai Puspa Nasional pada tahun 2011 silam. Tak kalah dengan keindahan bunganya, tanaman ini juga memiliki daun yang berbentuk hati, berwarna hijau dan terapung di atas permukaan air. Penanaman tanaman jenis ini cukup mudah dengan media air tawar. Bibit dapat diperoleh dengan penyemaian biji atau stek daun.

Tanaman air hias apu-apu

Tanaman air Apu-apu merupakan tanaman hias air dengan struktur daun berbentuk bulat dan meruncing pada pangkalnya dengan lebar sekitar 4cm dan panjang sekitar 5cm. Daun tanaman hias apu-apu memiliki kontur tebal dan kenyal. Pada sisi daun terdapat lekukan-lekukan berpola yang cantik dan pada permukaannya terdapat rambut halus. Warna daun ini sangat memukau yakni hijau kebiruan. Namun ketika sudah tua, daun akan berubah menguning. Bunga yang dimiliki tanaman ini merupakan bunga tongkol yang mucul di ketiak daun dengan buah berwarna merah berdiameter sekitar 5 hingga 8 cm.

Manfaat tanaman hias air yang satu ini ialah dapat membersihkan kolam dari berbagai kotoran serta polusi, itulah mengapa Api-apu dibekali dengan akar dengan ukuran yang cukup panjang hingga mencapai 80 cm. Tak heran, jika tanaman ini sangat mudah hidup dan tergolong dalam tanaman air yang tidak cepat mati atau bandel asalkan keadaan air tidak beriak (tenang).  Perkembangbiakan tanaman air hias ini ialah secara generative dengan penyemaian biji serta stolon jika hendak menggunakan cara vegetatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *