Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan Manusia

Posted on

Siapa yang tak kenal buah dengan permukaan berduri ini? Buah Durian tidak hanya terkenal karena rasanya yang manis saja, tetapi juga karena manfaat buah durian yang baik untuk kesehatan. Budidaya buah durian sudah dilakukan di berbagai penjuru negeri. Banyaknya peminat buah durian membuat buah ini selalu laku di pasaran. Akan tetapi, benarkan buah durian baik untuk kesehatan? Untuk menemukan jawabannya, Anda bisa mengikuti ulasan sederhana yang akan dijelaskan pada tulisan berikut ini. Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan Manusia

Manfaat Buah Durian Sebagai Sumber Zat Besi dan Tinggi Kalium

Sungguh merugi orang yang tidak suka dengan buah yang satu ini. Durian dikenal sebagai raja buah yang memiliki rasa zat sangat lezat. Buah ini memang memiliki bau yang agak menyengat. Akan tetapi, kelezatan rasa buah ini sungguh tidak ada tandingannya. Tekstur buahnya yang lembut dan rasanya yang manis menjadi perpaduan yang sempurna. Selain lezat, buah durian ternyata juga kaya akan nutrisi baik.

Salah satu nutrisi yang terkandung dalam buah durian adalah zat besi dan kalium. Zat besi dibutuhkan tubuh untuk membantu memproduksi sel darah merah. Tubuh membutuhkan sel darah merah untuk didistribusikan ke seluruh tubuh. Seseorang yang kekurangan sel darah merah akan terserang anemia. Untuk itu, mereka yang menderita anemia sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah durian.

Selain zat besi, buah durian juga tinggi kalium. Kalium merupakan elektrolit yang sangat penting untuk membantu mengontrol tekanan darah seseorang. Zat ini memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan kadar natrium dalam tubuh serta mengatur detak jantung.

Manfaat Buah Durian Sebagai Sumber Energi

Khasiat buah durian bagi kesehatan salah satunya adalah sebagai sumber karbohidrat alternatif. Karbohidrat adalah zat yang akan diolah menjadi energi. Selama ini, masyarakat Indonesia pada umumnya memperoleh karbohidrat dari nasi. Sebagai alternatif, Anda bisa mengonsumsi buah durian sebagai sumber karbohidrat yang akan diolah menjadi energi.

Dalam satu cangkir durian, terdapat sekitar 130 gram karbohidrat. Kandungan ini cukup tinggi. Mengonsumsi satu buah durian sudah memenuhi sekitar setengah kebutuhan karbohidrat harian. Oleh karena itu, Anda tetap harus membatasi konsumsi karbohidrat. Jika karbohidrat tidak berhasil diolah menjadi energi, zat tersebut akan berubah menjadi lemak yang bisa menaikkan berat badan Anda.

Manfaat Buah Durian sebagai Sumber Vitamin B dan C

Meskipun tidak memiliki rasa asam, buah durian juga mengandung vitamin B dan juga vitamin C. Vitamin B memiliki peran yang cukup penting dalam tubuh. Vitamin B dapat menjaga sistem saraf, menjaga kesehatan kulit, dan membantu memproduksi sel darah merah. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B, Anda bisa mendapatkannya melalui satu buah durian.

Selain vitamin B, buah durian juga mengandung vitamin C. Vitamin C juga cukup berperan dalam tubuh. Vitamin C dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan mencerahkan kulit. Kekurangan vitamin C dapat membuat sistem imunitas tubuh terganggu.

Manfaat Buah Durian sebagai Sumber Asam Folat

Asam folat merupakan vitamin B kompleks yang bisa larut dalam air. Nutrisi ini sangat diperlukan tubuh untuk proses pembangunan tubuh. Asam folat memiliki sifat yang sangat multifungsi. Manfaat asam folat adalah untuk memproduksi DNA, membentuk sel darah merah, hingga memelihara kesehatan manusia. Asam folat nyatanya tak hanya dibutuhkan oleh bayi saja, tetapi juga bagi orang dewasa. Manusia pada umumnya sangat membutuhkan asam folat untuk menjaga kesehatan tubuh mereka.

Buah durian mengandung asam folat yang tinggi. Dalam satu porsi buah durian, terdapat sekitar 20% asam folat yang dibutuhkan tubuh. Karena mengandung asam folat yang tinggi, manfaat buah durian sangat baik untuk para ibu hamil. Asam folat membantu proses perkembangan janin, mencegah penyakit jantung, dan dapat memaksimalkan perkembangan otak.

Bagi orang dewasa, asam folat juga sangat penting. Seperti yang telah disebutkan di atas, asam folat berfungsi untuk membantu memproduksi sel darah merah. Penderita anemia sangat disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Bagi penderita anemia, sel darah merah dalam tubuh selalu berada di bawah normal. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, sel darah merah dalam tubuh jumlahnya akan senantiasa terjaga.

Manfaat Buah Durian sebagai Sumber Serat

Serat merupakan salah satu nutrisi yang terkandung dalam buah dan sayur. Serat berperan penting untuk membantu proses metabolisme tubuh, khususnya melancarkan pergerakan makanan pada usus. Usus sangat membutuhkan serat untuk mengangkut bahan makanan yang masuk ke dalam tubuh serta menghasilkan tinja. Tinja merupakan zat sisa pencernaan yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Kekurangan serat akan beresiko menimbulkan berbagai penyakit, di antaranya sembelit, ambeyen, dan lain sebagainya.

 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, serat memang banyak terdapat pada buah-buahan. Durian juga menjadi salah satu buah yang kaya akan serat. Serat ini berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan manusia. Manfaat buah durian bisa membantu pencernaan karena mengandung serat di dalamnya.

Demikian adalah beberapa manfaat buah durian yang bisa diuraikan untuk Anda. Manfaat ini diperoleh karena durian mengandung gizi yang kompleks. Meskipun memiliki banyak manfaat, efek samping buah durian cukup terasa bagi para penderita diabetes. Seperti yang telah dijelaskan di atas, buah ini mengandung banyak karbohidrat dan kalori yang dapat memperburuk kondisi penderita diabetes. Oleh karena itu, konsumsi buah durian tetap harus dibatasi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *