Cara Budidaya Tanaman Hias Merambat

Posted on

Membuat rumah tampak lebih indah dan asri bisa menggunakan tanaman hias. Jika lahan di rumah anda tidak begitu luas, bisa memakai tanaman hias merambat. Ada banyak sekali macam tanaman hias yang bisa anda tanam, perawatannya pun mudah. Ada bromelia. Mawar rambat, petria volubis, peperomia dan lain sebagainya. Anda bisa menanam tanaman hias rambat ini di pot dan bisa membuatnya menjadi pagar rumah atau hiasan pintu gerbang rumah. Untuk lebih jelas kita akan bahas cara penanamannya di bawah ini.

Langkah Dan Cara Budidaya Hias Merambat

Anda bisa menanam tanaman hias rambat di atas kanopi atau pagar, untuk membuat suasana rumah semakin menyenangkan dan asri. Berikut ini langkah yang harus anda lakukan untuk menanam tanaman di kanopi atau pagar.

  • Siapkan bibit tanaman hias yang akan anda tanam. Pilih bibit yang sudah agak tubuh, minimal umur 1 bulan.
  • Siapkan lahan yang akan digunakan untuk menanam tanaman hias. Kita akan menanam tanaman di pagar, berarti harus siapkan pagarnya juga.
  • Untuk bibit tanamannya, ditanam di dalam tanah yang dekat dengan pagar.
  • Di lubang tanam diberi pupuk kandang terlebih dahulu.
  • Masukan bibit tanaman hias ke dalam lubang. Jenis tanaman ini, biasanya ditanam didalam polybag terlebih dahulu.
  • Tutup kembali dengan tanah sampai rapat. Tanam tempat di sebelah pagar yang akan dijadikan rambatan.
  • Siram secara rutin setiap harinya. Sampai tanaman tumbuh besar.
  • Jika sudah tumbuh, buat jalan untuk rambatan supaya tanaman hias rambat bisa tumbuh memenuhi pagar anda.

Cara Membuat Media Tanam Untuk Budidaya Tanaman Hias

Ada banyak jenis media tanam yang bisa anda gunakan untuk menanam tanaman hias. Bisa menggunakan media tanam arang, batang pakis, kompos, moss, pupuk kandang, sabut kelapa, sekam padi, humus dan masih banyak lainnya. Setiap media tanam memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Anda juga bisa menggunakan berapa campuran dari media tanam. Hal ini juga disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan ditanam. Ada tanaman yang membutuhkan banyak nutrisi dan ada yang tidak.

Misalnya media bokashi berfungsi untuk memperbaiki sifat biologi dan kimia pada tanah. Selain itu bisa membuat produksi tanaman dan kebutuhan unsur haranya semakin bagus. Untuk media tanam arang sekam bisa berguna untuk meningkatkan unsur fosfor di dalam tanah. Jadi setiap media tanam memiliki fungsinya masing-masing. Anda harus paham mengenai kebutuhan tanaman hias yang akan ditanam, berikut inicara membuatnya.

  • Sediakan alat dan bahannya. Seperti kompos, arang sekam, sabut kelapa, tanah, pasir, kapur pertanian dan pot atau polybag.
  • Ukur semua bahan dengan perbandingan kompos : arang sekam : sabut kepala : tanah : pasir (1:1:1:2:1). Campur semua bahan tersebut sampai rata.
  • Untuk penambahan kapur pertanian cukup 1 sampai 2 sendok makan saja untuk pot atau polybag berdiamter 50 cm. Kapur ini berfungsi menjaga keasaman tanah.
  • Masukan semua bahan ke dalam pot atau polybag, siram dengan air. Sisihkan terlebih dahulu sebelum ditanam tanaman.

Cara Pemupukan Untuk Budidaya Tanaman Hias

Penanaman tanaman hias merambat, akan berhasil dan bagus jika di pupuk dengan benar. Pemupukan akan membuat tanaman hias bisa tumbuh subur dan bagus. Ada banyak jenis pemupukan yang bisa anda gunakan. Dari pemupukan secara organik maupun memakai pupuk kimia. Akan lebih bagus jika menggunakan pupuk organik, karena lebih aman. Setiap tanaman membutuhkan asupan pupuk yang berbeda-beda.Kita akan misalkan pada pemupukan pada tanaman mawar rambat.

Anda bisa menggunakan pupuk NPK dengan takaran 5 gram per tanaman. Jika pertumbuhannya lambat, berikan pupuk NPK dengan perbandingan 10:10:5. Jika tangkai mawarnya lemah, gunakan perbandingan 5:15:5. Selain itu anda juga bisa menggunakan campuran pupuk N 90-135 kg, P2O5 400 kg dan K2O 120 kg ini akan membantu pertumbuhan mawar lebih bagus. Tanaman mawar membutuhkan pemupukan NPK 5 gram setelah 7-15 hari ditanam.

Setelah tanaman mawar berumur 4 bulan, anda bisa memberikan pupuk tambahan. Berikan pupuk nitrogen 600 gram, fosfat 1000 kg dan kalium 400 kg per hektarnya. Ini akan membantu bunga mawar berbunga lebih cepat. Anda juga bisa menggunakan campuran pupuk urea, TSP dan KCL. Berikan pupuk sebelum tanaman mawar berbunga. Ini akan membuat bunga mawar tumbuh lebih cepat. Setelah dilakukan pemupukan, jangan lupa untuk disiram secara rutin. Supaya budidaya tanaman hias merambat cepat tumbuh.

Cara Membuat Arah Rambatan Tanaman Hias Merambat

Pada saat membuat arahan rambatan tanaman hias, anda harus tahu media dan desain apa yang akan anda gunakan. Ingin dibuat merambat ke atas pada pot, dibuat di pagar melengkung, atau pada tembok. Sebenarnya menanam tanaman rambat sangatlah mudah. Jika sudah ditanam di dekat rambatan, tanaman hias akan langsung merambat dengan sendirinya. Misalnya membuat rambatan di tembok, Andacukup menanam bibit di dekat tembok. Nanti jika sudah tumbuh tanaman akan merambat ke tembok. Begitu juga ketika membuatnya di pagar. Jika sudah tumbuh agak panjang, anda bisa memotong bagian yang terlalu panjang dan keluar dari area rambatan.

Cara Padatkan Media Tanam Dalam Budidaya Tanaman Hias

Pada saat membuat budidaya tanaman hias merambat, anda harus membuat media tanam yang benar. Media tanam akan mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman. Setelah semua media tanam dicampurkan, masukan ke dalam pot atau polybag. Jika anda menanam di tanam pun, tanah harus ditambah dengan pupuk atau kompos. Supaya tanaman bisa tumbuh subur setelah di siram, padatkan tanaman tapi jangan terlalu padat karena bisa membuat tanah tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik.

Pilih Lokasi Penanaman Untuk Budidaya Tanaman Hias

Ada banyak lokasi yang bisa digunakan untuk budidaya tanaman hias merambat. Anda bisa menanamnya di pot, polybag atau langsung di tanah. Jika anda menanam dalam jumlah besar. lebih baik ditanam di lahan yang luas dan terbuka. Sehingga lebih mudah untuk merawatnya. Tanamtanaman hias pada tanah, lalu di setiap tanaman di beri satu peyangga sebagai tempat untuk rambatan.

Cara Pemindahan Tanaman Hias Merambat Ke Para-Para

Setelah bibit tanaman hias merambat ditanam pada polybag, anda bisa memindahkannya ke para-para. Hal ini dilakukan supaya bibit tidak langsung bersentuhan dengan tanah. Jika umur tanaman sudah agak besar, anda bisa memidahkannya ke lahan yang lebih luas. Beri jarak antara satu bibit dengan bibit lainnya. supaya rambatan tidak bercampur. Itulah sedikit informasi yang bisa kami berikan. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Apa Yang Pengunjung Cari?

  • bagaimana cara menanam tanaman hias dirumah yang merambat
  • cara membuat rambatan tanaman
  • cara menanam tanamn hias merambt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *