Cara Membuat Taman Hidroponik

Posted on

Memiliki sebuah taman pasti akan menyenangkan. Bisa melihat tanaman hijau dan menyegarkan mata. Jika memiliki taman dengan tumbuhan yang di tanam pada tanah mungkin sudah menjadi hal biasa. Bagaimana jika anda membuat sebuah taman hidroponik. Hidroponik merupakan tipe budidaya tanaman yang memakai media air. Jadi anda tidak menanam tanaman di media tanah tetapi air. Ini membuat tanaman akan memperoleh nutrisi yang banyak. Ada banyak sekali sistem hidroponik yang bisa anda gunakan. Ada sistem sumbu, sistem drip, pasang surut dan lain sebagainya. Ada sistem yang biayanya mahal dan ada yang murah. Inilah beberapa hal yang harus anda ketahui dalam cara membuat taman hidroponik.

cara membuat taman hidroponik

Sistem Hidroponik

Sistem hidroponik menggunakan media air, tetapi untuk membuat tanaman tetap tumbuh. Anda membutuhkan sistem pengairan yang tepat. Jika tanaman di rendam air secara keseluruhan dapat membuatnya cepat mati, begitu juga jika tidak mendapatkan nutrisi sama sekali, tanaman akan mati. Ada banyak jenis sistem hidroponik yang bisa anda gunakan. Dari sistem yang sederhana sampai sistem yang rumit. Untuk lebih jelasnya berikut ini sedikit penjelasan tentang jenis sistem hidroponik.

–      Sistem sumbu

Sistem sumbu merupakan sistem yang paling sederhana. Untuk para pemula lebih baik memakai sistem ini. medianya menggunakan botol bekas, jerigen atau wadah bekas lainnya. media tanamnya bisa memakai arang sejam, kerikil, rockwool, sabut kelapa dan lainnya. anda bisa menatanya di halaman rumah dengan digantung pada dinding memakai botol bekas. Biaya yang dibutuhkan tidak mahal.

–      Sistem Irigasi

Sistem irigasi dikenal dengan sistem fertigasi atau sistem drip. Sistem hidroponik ini yang paling popular. Biaya yang dikeluarkan juga tidak mahal. Sistem ini membuat tanaman seperti sistem irigasi. Jadi ada waktunya tanaman di airi nutrisi dan tidak. Untuk proses perairannya menggunakan bantuan pompa. Misal pada pagi hari diairi dan sore hari tidak. Anda bisa menggunakan media tanam sekam padi atau cocopeat.

–      Sistem pasang Surut

Cara membuat taman hidroponik bisa menggunakan sistem pasang surut. Sistem ini hampir sama dengan sistem irigasi. Akar tanaman akan dibanjiri oleh air yang berisi nutrisi, kemudian ada satu tampungan yang berisi air nutrisi tersebut. Dengan bantuan pompa air yang bernutrisi akan membanjiri tanaman dan nanti akan kembali lagi ke penampunganya.

–      Sistem NFT

Sistem ini menempatkan akar tanaman pada tempat yang dangkal, sehingga akar tanaman tidak terendam secara keseluruhan. Sehingga akar tanaman akan mendapatkan nutrisi dan oksigen yang optimal. Dengan sistem ini anda akan mendapatkan hasil tanaman yang lebih bagus. tetapi sayangnya untuk membuat sistem NFT membutuhkan biaya yang mahal.

–      Sistem Rakit Apung

Sistem rakit apung membiarkan tanaman di atas air yang memiliki nutrisi. Tanaman di tanam pada gabus atau styrofoam. Sehingga nutrisi akan tetap masuk ke dalam akar. Sistem ini perawatannya mudah dan tidak butuh biaya yang mahal.

–      Sistem aeroponik

Sistem aeroponik penanaman tanaman tidak membutuhkan media tanaman. Tetapi akar akan langsung tenggelam di aliran nutrisi. Pembuatan sistem ini cukup sulit dan butuh biaya yang mahal. Jadi tanaman akan disembrot dengan nutrisi yang berbentuk kabut.

Cara Bertanam Hidroponik

Buat para pemula lebih baik menggunakan cara yang paling mudah. Berikut ini cara bertanam hidroponik yang paling sederhana.

–      Alat Dan Bahan

–      Botol plastik bekas

–      Gelas plastik bekas

–      Media tanam (pecahan batu, arang, kerikil, pecahan genting, pasir dan lainnya)

–      Jerigen plastik bekas

–      Nutrisi hirdroponik

–      Kain untuk sumbu

–      Bibit tanaman

–      Cara Menanam Tanaman Hidroponik

–      Botol bekas dipotong menjadi dua bagian. Bagian bawah lebih panjang dibandingkan bagian atas.

–      Masukan kain untuk sumbu pada bagian leher botol atau bagian atas. Pastikan sumbu bisa menyerap airnya.

–      Masukan botol bagian atas ke botol bagian bawah dengan cara terbalik. Bagian leher yang masuk ke dalam botol bagian bawah.

–      Masukan media tanam pada botol bagian atas

–      Masukan bibit tanaman ke media tanam yang sudah anda buat.

–      Siram tanaman dengan nutrisi yang sudah anda buat

–      Letakan pada tempat yang mendapat sinar matahari dan usahakan tidak terkena air hujan. Letakan pada tempat yang rata. Misalnya di susun dekat dengan tembok.

–      Cek terus menerus air nutrisinya, jika habis isi lagi. Pastikan sumbu bisa menyerap nutrisi dengan baik.

Media Tanam Hidroponik

Dalam membuat sistem hidroponik anda membutuhkan media tanam. Media tanam ini digunakan untuk menanam akar tanaman. Ada banyak sekali media tanam yang bisa anda gunakan. Bahkan media tanam tersebut ada di sekitar tempat tinggal anda. Berikut beberapa jenis media tanam yang bisa anda gunakan.

–      Arang Sekam

Arang sekam merupakan jenis media tanam yang paling banyak digunakan. Arang sekam murah, steril dan efisien. Ada banyak nutrisi yang ada di arang sekam, seperti protein kasar, oksigen. Karbon, hidrogen. Karbohidrat, silikan, air dan lainnya.

–      Spons

Spons memiliki bobot yang ringan dan harganya murah. Mudah digunakan dan mudah untuk dipindahkan. Air juga bisa menyerap dengan baik. Tapi sayangnya spon cepat rusak.

–      Rockwool

Rockwool sering digunakan oleh para petani hidroponik, sebagai media tanam hidroponik yang paling mudah digunakan. Air dan udara bisa disimpan dengan baik oleh rockwool. Rockwool terbuat dari bahan batu bara, batuan basalt dna batu kapur.

Sebenarnya masih banyak media tanam yang bisa anda gunakan. Seperti sebuk kelapa, perlit, vermikulit, kerikil dan lain sebagainya. Setiap media tanam memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Jenis Tanaman Hidroponik

Cara membuat taman hidroponik sangat mudah. anda banyak jenis tanaman hidroponik yang bisa anda gunakan. Untuk hidroponik paling banyak sayur dan buah. Terutama untuk jenis sayuran dan buah-buahan yang tidak butuh waktu lama untuk berbuah. Seperti tomat, cabai, strawberry, paprika, selada dan berbagai jenis tanaman lainnya. itulah sedikit penjelasan yang bisa diberikan tentang taman hidroponik. Semoga bermanfaat.

Apa Yang Pengunjung Cari?

  • Cara membuat taman dari hidroponik
  • Cara membuat taman dari tanaman hidroponik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *