Cara Menanam Tomat Secara Hidroponik

Posted on

Bagaimana cara menanam hidroponik tomat? Apakah anda suka mengkonsumsi tomat? Yuph, tomat memang menjadi salah satu sayuran yang sering dikonsumsi oleh kebanyakan orang di Indonesia, bahkan di Indonesia. Tomat menjadi pilihan yang pas sebagai bahan makanan yang bisa dimasak dengan bahan lain maupun bisa dimakan secara langsung. Mengkonsumsi tomat memang menjadi pilihan yang tepat karena mengingat banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yang dihasilkan dari buah tomat. Salah satu nutrisi yang bisa ditemukan dalam sayuran tomat ialah makanan ini mengandung banyak vitamin c. namun demikian kandungan yang ada dalam tomat tersebut bisa menjadi hal yang buruk jika memang dalam penanaman tomat menggunakan pupuk kimia atau pestisida. Oleh karena itu, menanam tomat sendiri bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan buah tomat yang segar dan sehat. Namun bagaimana jika anda tidak mempunyai lahan yang cukup untuk menanam tomat ini? Membuat hidroponik tomat bisa menjadi pilihan yang pas. Budidaya hidroponik tomat menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang ingin menanam tomat namun lahan tanamnya terbatas.

Budidaya hidroponik tomat

Inilah detail tetangĀ cara menanam hidroponik tomat? Hal itulah yang mungkin menjadi pertanyaan bagi kebanyakan orang yang masih baru dalam dunia hidroponik. Karena memang jika berkaitan dengan menanam biasanya kebanyakan orang akan menanam buah-buahan atau sayuran di tanah. Penggunaan hidroponik ini memang sangat efektif dalam menanam khususnya bagi anda yang ingin menanam buah-buahan dan sayuran dengan keterbatasan lahan. Dengan menggunakan media tanam ini, anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan jika dibandingkan dengan media tanah yakni anda akan lebih mudah dalam pemeliharaan dan pengawasan dalam tanaman. Oleh karenanya, anda bisa menggunakan media hidroponik ini. Simak langkah-langkahnya yang saya adaptasi dari blog fredi kurniawan.

Langkah- langkah Cara Menanam Hidroponik Tomat

Menanam tomat dengan menggunakan media hidroponik memang belum terlalu dikenal oleh masyarakat umum, oleh karena itu bagi anda yang ingin mulai menerapkan budidaya tomat ini memang seharusnya mempunyai bekal ilmu terlebih dulu kaitannya dengan ilmu atau pengetahuan mengenai hidroponik ini. Salah satu hal yang harus diketahui ialah mulai dari pemilihan benih hingga cara memanen tomat hidroponik ini. Bagaimana caranya? simak penjelasannya sebagai berikut.

Pemilihan benih hidroponik tomat

Sebelum anda mulai menanam tomat hidroponik ini, anda harus memilih bibit tomat yang unggul terlebih dulu. Karena pemilihan bibit ini sangat penting untuk kualitas tomat yang akan anda panen. Semakin bagus bibit tomat yang anda pilih maka juga akan semakin bagus pula hasil panen tomat yang akan anda petik. Bagaimana cara memilih bibit tomat hidroponik yang bagus? Anda bisa memilih bibit tomat yang sehat dan mengkilat serta memiliki pertumbuhan yang bagus serta juga terbebas dari hama.

Penyiapan media tanam hidroponik tomat

Setelah anda memilih bibit yang unggul untuk budidaya tomat hidroponik anda, selanjutnya langkah yang harus anda lakukan ialah dengan menyiapkan media tanam yang akan anda gunakan untuk menanam tomat. Bagaimana caranya? berikut ialah penjelasannya.

Hal pertama ialah dengan pembuatan arang sekam. Untuk membuat arang sekam ini sebenarnya cukup mudah, namun demikian anda memang harus teliti dalam membuat arang sekam ini. Selain memang ada beberapa metarial yang digunakan untuk membuat arang sekam ini, diantaranya ialah penggunaan sekam padi yang dibakar hingga menjadi abu. Setelah arang bekam berubah menjadi abu dan dingin, anda kemudian bisa memasukkan arang bekam tersebut ke polibag sesuai dengan yang anda butuhkan. Lakukan pengisian tersebut hingga merata sampai permukaan.

Penanaman Tomat Hidroponik

Selain pemilihan benih yang bagus, penanaman tomat hidroponik yang bagus juga akan menghasilkan panenan tomat yang bagus. Untuk menanam tomat ini, anda hanya perlu menyiapkan bibit tomat yang sudah berumur empat sampai lima minggu, selain itu bibit tersebut mempunyai ketinggian sekitar 10 sampai 15 cm, atau anda bisa memilih bibit tomat yang mempunyai jumlah daun sekitar 4 sampai 5 lembar. Sebelum anda menanam bibit tersebut, anda bisa menyiram arang sekam yang sudah dimasukkan ke dalam polibag terlebih dahulu dengan larutan nutrisi kurang lebih 50 ml per polibag. Selain itu, anda juga bisa menaburkan furudan sebanyak 3 gram ke dalam polibag yang tersedia. Anda juga bisa menggunakan pupuk hidroponik tomat untuk menambah kesuburan tanaman tersebut.

Perawatan hidroponik tomat

Setelah bibit tomat hidroponik anda tanam, hal selanjutnya yang harus anda lakukan ialah dengan merawat tanaman tomat hidrponik. Pada dasarnya merawat tomat hidroponik ini tidak jauh berbeda dengan menanam tomat pada media tanah. Hal yang harus anda lakukan ialah dengan memberikan pupuk nutrisi untuk membantu kesuburan tanaman tomat. Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa tanaman tomat tersebut juga harus terhindar dari hama serta penyakit. Anda bisa memberikan nutrisi sebanyak 250 ml ketika tanaman tomat berumur 0 hingga 4 minggu. Kemudian meningkat menjadi 750 ml pupuk nutiris ketika umur tanaman memasuki 4 sampai 6 minggu. Kemudian takaran pupuk menjadi 1000 ml ketika umur tanaman tomat memasuki umur ke 6 minggu hingga memasuki masa panen, untuk informasi lengkapnya bisa disimak dalam postingan saya tentangĀ Pupuk Tanaman Hidroponik

Itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan ketika anda ingin menanam tomat hidroponik secara mandiri. Pemilihan penanaman tomat hidroponik ini menang menjadi pilihan yang pas bagi anda yang memiliki keterbatasan tempat kaitannya dengan media tanam. Melakukan penanaman tomat ini juga tidak terlalu rumit, anda bisa melakukan itu semua berdasarkan referensi yang banyak ditemukan di internet dan salah satunya ialah referensi di atas.

Apa Yang Pengunjung Cari?

  • cara menanam hidroponik tomat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *