Cara Merawat dan Menanam Tanaman Hias Bonsai

Posted on

Tanaman bonsai merupakan tanaman yang dikecilkan. Sehingga tanaman ini tidak akan bisa tumbuh menjadi tanaman yang besar. sering di tanam pada pot dan dijadikan tanaman hias. Jadi tanaman hias bonsai ini memang sengaja dikerdilkan. Cara menanam dan merawat tanaman ini agakberbeda dengan tanaman pada umumnya. Tanaman bonsai banyak di budidayakan di jepang. Bahkan aslinya tanaman ini dari jepang. Buat anda yang ingin menanam tanaman bonsai. Berikut ini cara merawat tanaman bonsai supaya tumbuh subur.

tanaman hias bonsai

Cara Merawat Dan Tips Ampuh Tanaman Hias Bonsai

Ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan dalam merawat tanaman bonsai. Dari penyiraman, pemupukan. Pemangkasan, pembukaan kawat dan lainnya. ada beberapa tips penting yang harus anda perhatikan dalam merawat tanaman bonsai.

  • Perhatikan pencahayaan tanaman, karena bisa mempengaruhi arah tumbuh tanaman bonsai.
  • Sisa daun yang gugur harus dibersihkan secara rutin
  • Untuk membentuk model tanaman gunakan kawat setelah tanaman berumur enam bulan
  • Gunakan pupuk cair, supaya bonsai lebih mudah menyerapnya.
  • Lakukan penyiraman secara rutin. Perhatikan banyak sedikitnya penyiraman
  • Jangan lupa pot harus diganti
  • Gunakan alat khusus untuk memotong batang bonsai

Cara merawat tanaman hias bonsai diatas menjadi perawatan paling penting buat anda. anda harus melakukan perawatan tersebut dengan rutin, sehingga tanaman bonsai bisa tumbuh dengan baik. Supaya lebih jelas, kita akan menjelaskanya setiap tahapan perawatan secara lebih detail.

  • Penggantian Pot

Tanaman bonsai tidak bisa ditanam di tanah langsung, harus di pot. Jadi anda harus melakukan pergantian pot secara bertahap. Tanaman bonsai harus ditanam pada pot yang dangkal, sehingga anda harus mengganti pot secara rutin. Supaya bisa membentuk pertumbuhan akar yang baru. Setiap pergantian pot yang baru, ganti dengan ukuran pot yang lebih besar. supaya pertumbuhan bonsai semakin bagus. pilihlah pot yang bagian bawah ada lubang, untuk membuang kelebihan air. Selain itu supaya akar bonsai tidak terendam. Jika akar bonsai terendam air akan membuat cepat busuk.

  • Penyiraman

Bonsai juga butuh penyiraman, proses penyiraman bisa disesuaikan dengan curah hujan. Jika sudah banyak terkena air hujan, lebih baik tak perlu di siram lagi. Tetapi jika musim kemarau, anda bisa menyiramnya dengan rutin. Jangan siram bonsai terlalu banyak karena akan membuat akar membusuk dan tumbuh jamur. Ini akan membuat tanaman bonsai cepat mati. Tapi anda juga tidak boleh membiarkan tanaman bonsai kekeringan. Jika terlalu kering, akan membuatnya cepat mati. Untuk memeriksa kelembaban media tanam, anda bisa menusuk-nusuk pada media tanamnya.

  • Pemangkasan Dan Penyiangan

Proses perawatan yang harus anda lakukan selanjutnya adalah pemangkasan dan penyiangan. Anda harus melakukan pemangkasan supaya bentuk tanaman bonsai tetap bagus. Lakukan pemangkasan pada bagian batang, ranting, cabang dan juga daun bonsai. Anda bisa melakukan pemangkasan sesuai dengan keinginan anda. Hal ini juga disesuaikan dengan kebutuhan dari bonsainya. Jika pertumbuhan bonsai cepat, anda bisa melakukan pemangkasan sebulan sekali. Jika lambat cukup dua sampai tiga bulan sekali. Penyiangan dilakukan untuk menghilangkan gulma dari media tanam. Anda bisa meletakkan lumut hijau atau batu pada media tanam, supaya gulmatidak cepat tumbuh. Pada saat memangkas batang, jangan memotong dengan gunting. Tapi gunakan pemotong khusus.

  • Pemupukan

Dalam budidaya tanaman bonsai, anda juga harus melakukan pemupukan. Pemupukan dapat membuat pertumbuhan bonsai lebih bagus. lakukan pemupukan dengan takaran yang tepat. Cukup lakukan pemupukan satu bulan sekali. Anda bisa gunakan pupuk NPK. Untuk pupuk pertumbuhan daun, cukup berikan tiga bulan sekali saja.

  • Pengendalian Penyakit Dan Hama

Tanaman bonsai juga bisa diserang penyakit dan hama, apalagi ketika kelembabannya tidak tepat. Jika bonsai terserang hama penyakit, anda harus segera mengatasinya supaya tidak menginfeksi bagian yang lain. Pohon bonsai sering terserang hama wereng coklat dan ulat. Untuk menghilangkannya cukup semprot insektisida. Letakkan tanaman bonsai yang mendapat sinar matahari cukup, ini akan membantu mengendalikan penyakit dan hama di tanaman bonsai.

  • Pembukaan Kawat

Untuk membentuk tanaman bonsai, anda bisa memakai kawat. Dilakukan pada saat pertama kali menanam bonsai. Pemasangannya jangan sampai melukai tanaman bonsai, jika sudah masuk ke dalam batang. Kawat harus segera dibuka.

Cara Memilih Bibit Unggul Tanaman Bibit Bonsai

Ada beberapa cara untuk mendapatkan bibit bonsai yang bagus. anda bisa mencarinya dari alam langsung, mencangkok atau dari biji. Setiap cara ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika anda mencari bibit dari alam biasanya akan menemukan bentuk bibit yang unik. Kalau dari cangkok atau biji, anda bisa membentuk bonsai sesuai keinginan anda. Cara budidaya tanaman hias bonsai, memang dibutuhkan ketekunan khusus. Supaya hasil tanamannya bagus.

Bibit bonsai yang unggul memiliki batang yang keras, tahan terhadap sengatan hujan dan matahari serta batangnya tidak lapuk. Jika tanaman bonsai buah, anda harus memilih bibit yang bisa berbuah dan berbunga lebat. Ini bisa dilihat dari indukannya. Anda juga bisa lihat dari banyaknya ranting. Jangan pilih ranting yang terlalu banyak. Jika rantingnya terlalu banyak, anda akan sulit membentuk model bonsainya. Supaya hasil bentuknya semakin bagus, pilih batang yang sudah agak bengkok. Batang yang bengkok alami, lebih mudah untuk dibentuk.

Jika anda mencari bonsai di alami, terkadang menemukan bentuk yang bagus dan jarang ditemukan. Bentuk yang unik bisa memiliki harga yang mahal. Semakin bagus dan unik bentuk tanaman bonsai akan semakin mahal harganya. Itulah sedikit informasi tentang tanaman hias bonsai. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Apa Yang Pengunjung Cari?

  • penyiangan gelombang cinta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *