Cara Merawat Tanaman Anggrek Hias

Posted on

Tanaman hias anggrek memang cukup banyak ragamnya, bunganya yang cantik tentu membuat orang ingin memilikinya. Mengetahui bagaimana cara merawat tanaman anggrek dengan baik dan benar, membuat tanaman tersebut tumbuh subur dan dapat berbunga dengan lebih baik.  Dalam ulasan kali ini akan dibahas tentang berbagai macam tanaman anggrek bagaimana cara budidaya tanaman hias anggrek serta cara merawat tanaman hias anggrek tersebut.

Tanaman Anggrek Hias

Jenis-jenis Tanaman Hias Anggrek

Berdasarkan habitatnya atau media tanamnya, tanaman hias anggrek dapat dibagi ke dalam beberapa kelompok, antara lain :

–       Bunga Anggrek epifit

Anggrek epifit atau disebut juga dengan ephytis adalah salah satu jenis anggrek yang pola tanamnya menumpang pada tanaman lain. Biasanya menumpang di batang pohon lain. Jenis tanaman anggrek yang satu ini tidak bersifat parasitisma, namun hanya menumpang hidup pada tumbuhan utama, tujuannya adalah agar tidak terkena sinar manatari langsung. Akar yang ada digunakan untuk menempel pada tanaman induk, sedangkan akar yang bertugas untuk mencari makanan adalah akar udara. Adapun jenis anggrek yang termasuk ke dalam golongan ini adalah cattleya, dendrobium, phalaenosis, dll.

–       Bunga Anggrek terrestrial

Atau disebut juga dengan anggrek tanam. Seperti namanya jenis tanaman anggrek ini hidup di atas permukaan tanah. Berbeda dengan anggrek jenis epifit, anggrek jenis ini membutuhkan sinar matahari langsung. Yang termasuk jenis anggrek ini adalah Aranthera, Renantheram Vanda, dll.

–       Bunga Anggrek litofit

Anggrek jenis ini menggunakan media bebatuan sebgai media tanamnya. Jenis anggrek seperti ini biasnya sangat membutuhkan cahaya matahari langsung, pola hidupnya hampir sama dengan pola anggrek tanam atau terrestris. Adapun tanaman anggrek yang termasuk ke dalam jenis ini adalah phalaenosis, dendroium, dll.

–       Bunga Anggrek saprofit

Jenis anggrek berdasarkan habitat terakhir adalah jenis saprofit. Jenis tanaman anggrek yang satu ini tumbuh dengan menggunakan media tanam humus atau dedaunan kering. Anggrek jenis ini pola hidupnya sama seperti anggrek epifit, hanya membutuhkan sedikit sinar matahari. Adapun yang termasuk jenis tanaman ini seperti goodyeera sp, dll.

Cara Memilih Tanaman Hias Anggrek

Salah satu cara budidaya tanaman hias anggrek adalah dengan memilih dan membeli tanaman hias anggrek yang sehat dan juga cepat berbunga. Untuk itu Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini :

–       Perhatikan warna daun

Tanaman anggek yang sehat mempunyai warna daun hijau mulus. Dalam daun terebut tidak ada aneka bintik hitam (bekas gigitan serangga), hangus terbakar sinar matahari, dll. Jika warna daun hijau segar, itu pertanda, sistem pengakaran pada tanaman tersebut juga sudah baik, serta perawatan yang dilakukan oleh si penjual juga baik. Jika daun berwarna kuning, atau layu, itu artinya akar terkena serangan jamur, atau pemupukannya kurang.

–       Perhatikan bagain batang

Berikutnya adalah memperhatikan bagian batang. Salah satu ciri tanaman anggrek tersebut sehat adalah, bagian batangnya gemuk dan juga kokoh. Hal ini sebagai hasil dari proses pemupukan dengan kadar tepat, serta proses penyiraman secara teratur.

–       Akar kokoh

Hal yang harus Anda perhatikan berikutnya adalah bagian akar. Akar harus kuat dan tidak mudah copot. Apabila perawatan tanaman tersebut baik, maka bagian akar tidak mudah copot, bahkan ketika mengganti pot sekalipun. Jika perawatannya kurang, maka akar anggrek akan mudah terlepas dari pot.

Cara Merawat Tanaman Hias Anggrek Agar Cepat Berbunga

Untuk membuat anggrek cepat berbunga, maka Anda harus merawat tanaman tersebut dengan baik, penuh kasih sayang dan juga kedisiplinan. Selain itu perhatikan juga :

–       Pengaturan tanaman anggrek

Jika Anda mempunyai lebih dari 1 tanaman anggrek sebaiknya perhatikan jarak aman antar anggrek. Gunakan rak susun dengan posisi mendatar, dengan ketinggian sekitar 1 m. Atur jarak aman, agar sirkulasi udara baik.

–       Media tanam bunga anggrek

Agar tanaman angrek cepat berbunga sebaiknya perhatikan media tamannya. Langkah pertama gunakan 1/3 bagian bawah pot menggunakan batu bata yang telah dipotong kecil. sednagkan 1/3 bagian lainnya diisi dengan pakis. Jenis media tanam seperti ini sangat pas untuk membuat tanaman anggrek cepat berbunga.

–       Pot untuk bunga anggrek

Pada bagian pot, sebaiknya gunakan pot yang memiliki banyak lubang, baik di bagian bawah dan juga bagian pinggir. Dengan banyaknya lubang pada pot, akan membuat tanaman anggrek bernafas dengan baik. Menggunakan pot dari tanam liat akan membantu proses pertumbuhan tanaman tersebut.

–       Cara Menyiram Bunga Anggrek

Tanaman anggrek cukup sensitif. Jika Anda ingin tanaman tersebut cepat berbunga, sebaiknya perhatikan dengan baik, cara menyiram yang baik. Apabila cuaca sedang terik, sebaiknya lakukan penyiraman 2 kali dalam sehari, tapi ketika cuaca sedang hujan, Anda tidak perlu menyiram tanaman tersebut. Waktu menyiram tanaman anggrek yang baik sekitar pukul 07.00 hingga 09.00 di pagi hari dan juga 03.00 hingga 05.00 sore.

–       Cara Memupuk Bunga Anggrek

Untuk proses pemupukan yang paling tepat pada tanaman ini, ada baiknya Anda memperhatikan unsur haranya. Unsur hara yang tinggi pada saat pemupukan akan sangat mempengaruhi tanaman ini agar cepat berbunga. Proses pemupukan ini dapat dilakukan dengan cara disemprot atau dengan cara ditaburkan di atas media tanam.

–       Cara Menanggulangi Hama Bunga Anggrek

Cara merawat tanaman hias, guna menanggulangi hama yang terjadi pada tanaman hias anggrek ini, adalah dengan memperhatikan tanaman tersebut. Ketika Anda melihat ada kotoran yang menempel pada tanaman tersebut, sebaiknya segera bersihkan menggunakan insektisida. Cara merawat tanaman anggrek seperti ini perlu dilakukan untuk meminimalisir tanaman hias tersebut terkena, jamur atau bahkan bakteri yang merugikan. Jika hal ini terjadi akibatnya pertumbuhan tanaman tersebut terhambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *