Cara Mudah Menanam Cabe Rawit di Polybag

Posted on

Menanam cabe rawit di polybag ini perlu dicoba untuk mendapatkan kualitas cabai yang terjamin karena kita sendiri yang menanamnya. Sekarang ini, harga cabai sedang tinggi-tingginya. Banyak orang yang mengeluh akan harga cabai yang terus melambung. Kenapa kita tidak mencoba untuk menanamnya sendiri?

Menanam cabe rawit di polybag

Syarat Tumbuh Tanaman Cabe

Cara menanam cabe rawit halaman rumah dimulai dengan mempelajari syarat biji cabe yang bisa ditanam:

  1. Biji cabe merupakan hasil dari pemetikan cabe di cabang bagian bawah.
  2. Biji diambil dari cabe yang telah matang dan mempunyai kulit yang mengkilap.
  3. Biji dari cabe berukuran lebih besar.
  4. Biji dari cabe yang tidak berbintik, tidak terkena penyakit dan hama serta terjamin kebersihannya.
  5. Biji dari cabe dengan cabang, batang, daun dan ranting yang subur.
  6. Biji dari cabe yang berusia minimal 7-8 bulan.
  7. Biji diambil dari cabe yang sudah berbuah banyak.

Cara Menyemai Bibit Cabe

Perlu dilakukan penyemaian terlebih dahulu untuk menyeleksi pertumbuhan benih. Media semai yang bisa digunakan adalah polybag berukuran kecil sekitar 8 x 9 cm, petakan tanah baki persemaian atau daun pisang. Lantas, bagaimana cara menyemai bibit cabe yang benar?

  1. Siapkan lahan dan campur tanah dengan kompos kemudian aduk sampai rata. Pastikan jika tanah yang digunakan sudah berupa butiran halus untuk memudahkan akar menembusnya dengan mudah.
  2. Buatlah petakan dengan tebal sekitar 5 sampai 10 cm dan di atasnya dibuat larikan berjarak 10 cm.
  3. Selanjutnya, masukkan benih ke dalam larikan tersebut dengan jarak 7,5 cm lalu siram agar tanah menjadi basah. Jangan lupa untuk menutupnya dengan tanah atau abu.
  4. Tutup menggunakan karung goni yang basah sekitar 3 hari dan pastikan jika karung goni tersebut masih dalam keadaan basah selama proses tersebut. Setelah muncul bibit pada hari ke-4 maka sudah biasa membuka karung goni tersebut. Ada baiknya jika menggunakan plastik transparan sebagai pelindung goni agar bibit tidak terlalu banyak terkena air hujan.
  5. Ketika tanaman sudah berusia 3 sampai 4 minggu atau terdapat 3-4 helai daun maka bertanda jika Anda sudah bisa memindahkan tanaman itu ke polybag.

Media Tanam Cabe Rawit Dalam Polybag

Jika Anda ingin menggunakan polybag maka pilih yang berukuran 30 cm lebih agar media tanam dapat menopang dengan kuat pertumbuhan tanaman cabe jika sudah rimbun. Selain dalam polybag sebenarnya Anda juga bisa menggunakan keramik, tanah, semen, atau pot dari plastik. Untuk lebih menghemat biaya, Anda bisa menggunakan barang-barang yang sudah tak terpakai, seperti botol atau toples dengan memberikan lubang di bagian bawah sebagai saluran drainase.

Penanaman cabe di polybag dapat menggunakan berbagai media tanam seperti pupuk kandang, arang sekam, kompos, sekam padi, campuran tanah dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan media tanam yang halus maka Anda harus mengayaknya terlebih dahulu kemudian mencampurkannya dengan 3 sendok NPK pada setiap polybag. Jangan lupa untuk melapisi bagian dalam polybag dengan pecahan genteng, pecahan styrofoam, atau serabut kelapa untuk menghindari air yang menggenang karena akan mengganggu perakaran tanaman.

Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag

Cara menanam cabe rawit yang baik adalah dengan menyediakan terlebih dahulu media tanam yang akan digunakan, seperti polybag yang sudah terisi pupuk kandang dan tanah gembur dengan perbandingan 1 :1. Anda pun tinggal memindahkan bibit yang semula berada di media penyemaian menuju polybag. Lakukan pencabutan dengan hati-hati dan jangan lupa memadatkan bagian media agar akar bisa tumbuh dengan baik. Pada masa pra menanam selama satu minggu siramilah tanaman dengan larutan perangsang terlebih dahulu.

Cara Merawat Tanaman Cabe

Agar dapat melakukan cara menanam cabe yang baik maka terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perawatannya, antara lain:

  1. Penyiraman

Lakukan penyiraman minimal 3 kali dalam sehari. Apabila sedang dalam cuaca yang panas maka Anda bisa menyiramnya setiap hari.

  1. Perompesan

Setelah 20 hari penanaman, biasanya akan muncul tunas-tunas muda di bagian ketiak daun sehingga Anda harus menghilangkannya. Perompesan sering dilakukan tiga kali sampai cabang terbentuk. Hal ini bermanfaat untuk mencegah timbulnya cabang di samping ketika batangnya sendiri belum terlalu kuat dan tegak.

  1. Pengajiran

Apabila tanaman sudah tumbuh hingga 20 cm maka berikan ajir bambu yang berfungsi untuk menopang tanaman agar bisa berdiri tegak.

  1. Penyakit dan hama

Gunakan pestisida untuk menghindari munculnya penyakit dan hama pada tanaman. Semprotkan pestida untuk membunuh hama putih, insektisida jika melihat bakal ulat dan fungisida jika terlihat tanda jamur.

Cara Pemupukan Tanaman Cabe

Tambahkan pemupukan 1 sdm NPK setiap polybag sekali dalam satu bulan. Jika anda ingin menanam cabe secara organik maka ganti pupuk itu berupa organik cair pada masa pertumbuhan buah atau pertumbuhan daun. Anda juga bisa memberikan pupuk tambahan berupa satu kepal pupuk kandang atau kompos ketika tanaman akan berbuah.

Masa Panen Pohon Cabe

Cabe memiliki usia yang beragam sehingga masa panenya pun tergantung dengan lingkungan dan jenis cabe yang ditanam. Sebaiknya, Anda segera memanen cabe yang masih ada garis hijaunya jadi tidak sepenuhnya berwarna merah. Cabe seperti ini akan tahan lama 2 sampai 3 hari dan memiliki bobot yang paling optimal. Lakukan pemanenan pada pagi hari seusai mengeringnya embun saat  menanam cabe rawit di polybag.

Apa Yang Pengunjung Cari?

  • cara pemupukan cabe dalam polybag
  • hasil cabe rawit perpohon dalam polybag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *