Cara Sukses Menanam Sri Rejeki Lengkap

Posted on

Menanam Sri Rejeki memang memerlukan ketlatenan dari proses pemilihan bibit, pemilihan tempat hidupnya, media tanam serta perawatan yang tepat untuk dilakukan. Semua hal tersebut merupakan elemen penting untuk memperoleh tampilan cantik dan selalu menawan tanaman hias yang satu ini.

Menanam Sri Rejeki

Langkah-langkah cara menanam sri rejeki

Terdapat beberapa langkah yang wajib dilakukan untuk memperoleh hasil tanaman Sri Rejeki yang indah dan sedap dipandang mata. Dari pemilihan bibit unggul, pemenuhan nutrisi hingga tempat penanaman Sri Rejeki merupakan langkah-langkah yang memerlukan perhatian khusus. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai langkah yang harus dilakukan tersebut.

Pilih Bibit Unggul Tanaman Hias Sri Rejeki

Pemilihan bibit tanaman sri rejeki harus dilakukan dengan berbagai pertimbangan agar menghasilkan tanaman sri rejeki yang memuaskan. Berbagai jenis bibit atau induk sri rejeki antara lain:

1.Sri rejeki spesies bagus

Tampilan warna daun serta bunga yang dihasilkan indukan jenis ini sangatlah menawan dan sangat berbeda dengan jenis indukan lainnya. Yang lebih menarik lagi, spesies bagus dapat menghasilkan bakal bibit dengan kualitas yang lebih baik dari indukannya. Dengan perawatan yang intens, keindahan tampilan sri rejeki jenis ini tak kalah dengan jenis hibrid unggul.

2.Sri rejeki hibrid unggul

Proses pembibitan jenis bibit ini ialah dengan biji. Penyemaian biji dilakukan satu per satu sehingga indukan yang dihasilkan pun tidak bertumpangan lebih dari satu bibit. Tanaman sri rejeki yang dihasilkan oleh bibit jenis ini akan memiliki bentuk yang sempurna dengan tampilan warna yang sangat khas dan sangat indah. Akan tetapi, bibit jenis ini tidak dapat menghasilkan bibit baru seperti jenis spesies bagus.

Pilih Lokasi Ideal Untuk Menanam Sri Rejeki

Sri rejeki merupakan salah satu spesies tanaman hias yang dapat hidup dengan subur pada lahan yang memiliki kelembaban tinggi. Selain kelembaban, yang perlu diperhatikan sebelum menanam tanaman hias sri rejeki ini adalah lokasi memperoleh cahaya matahari yang cukup dan tidak terlalu panas.

Jika menanam sri rejeki pada pot, ketika menyiramnya, biarkan air menggenang selama kurang lebih 20 menit. Apabila setelah 20 menit masih terdapat air yang menggenang pada pot, segera keluarkan air tersebut supaya tidak berdampak buruk bagi kondisi akar dapat cepat membusuk. Jika tanaman sri rejeki sudah terlanjur terkena guyuran air hujan, segera ganti media tanam dengan yang baru.

Tentukan Media Tanam Tanaman Hias Sri Rejeki

Media untuk budidaya tanaman hias sri rejeki ternyata juga memiliki peranan penting terhadap kualitas tanaman serta usia hidup sri rejeki, media tanam yang bisa digunakan antara lain:

1.Tanah dengan kelembaban tinggi

Tanah tanpa campuran apapun merupakan media tanam utama untuk budidaya tanaman sri rejeki. Suhu udara juga akan sangat berpengaruh untuk menghasilkan daun dengan corak warna yang sempurna.

2.Kombinasi tanah dengan media tambahan

Media tanam yang kedua adalah kombinasi tanah dengan beberapa media tanam tambahan seperti pasir, sekam bakar serta pupuk semua jenis. Penambahan tersebut dapat membuat media tanam lebih berongga sehingga memperlancar sirkulasi udara.

3.Tanah humus

Tanaman hias sri rejeki juga dapat tumbuh dengan subur jika ditanam pada media tanah berhumus. Humus yang diaplikasikan pada media ini ialah lamtoro. Kandungan pada humus lamtoro ini dapat sekaligus dijadikan pupuk untuk mempersubur tanaman hias sri rejeki.

Perhatikan Sistem Penyiraman Tanaman Sri Rejeki

Cara menanam sri rejeki serta perawatannya tidak begitu sulit. Berikut daftar perawatan yang sangat disarankan untuk dilakukan ketika menanam tanaman sri rejeki:

1.Sistem penyiraman

Tanaman sri rejeki yang sangat menyukai kelembaban membuat sistem penyiraman untuk tanaman ini sangat penting. Pada saat budidaya tanaman sri rejeki, siramlah sri rejeki dengan air bersih. Jangan biarkan air menggenang pada pot lebih dari 20 menit atau tanaman akan mudah busuk.

2.Siangi tanaman secara rutin

Lakukan penyiangan dengan mencabut rumput liar yang tumbuh di sekitar sri rejeki secara rutin agar kegemburan tanah terjaga.

3.Hindarkan dari sinar matahari langsung

Tanaman sri rejeki memang tergolong dalam tanaman hias yang tidak akan tahan dengan pancaran sinar matahari langsung dan dalam waktu lama.

4.Lakukan pemupukan teratur

Pupuk yang baik digunakan untuk tanaman ini adalah NPK, pupuk kandang atau pupuk organik.

Cukupi Nutrisi Untuk Tanaman Sri Rejeki

Sama seperti makhluk hidup lainnya, tanaman hias sri rejeki pun membutuhkan asupan nutrisi agar dapat tumbuh subur dan optimal. Terdapat beragam jenis pupuk yang telah tersedia yang dapat digunakan untuk memberi nutrisi pada tanaman sri rejeki. Pupuk yang dapat digunakan antara lain pupuk kompos, pupuk kandang, NPK atau pupuk organik. Lakukan pemupukan sesuai takaran dan jangan berlebihan karena justru akan membuat tanaman rusak

Perhatikan Peletakkan Tanaman Sri Rejeki

Setelah mengetahui berbagai informasi tentang karakter tanaman hias sri rejeki, jangan salah dalam meletakkan tanaman hias ini pada posisi yang tepat. Peletakkan tanaman sri rejeki yang paling aman ialah pada tempat yang jauh dari sinar matahari langsung. Hal ini dikarenakan tanaman sri rejeki lebih menyukai kelembaban. Jangan lupakan nilai estetika dalam meletakkan sri rejeki. Dengan pot yang sesuai, tanaman sri rejeki juga dapat dijadikan hiasan meja di teras atau di dalam rumah. Kombinasi warna indahnya akan memberikan kenyamanan pada siapa saja yang melihatnya.

Demikianlah beberapa infromasi penting yang semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang hendak menanam sri rejeki.

Apa Yang Pengunjung Cari?

  • cara menanam sri rejeki
  • menanam sri rejeki media tanah
  • menanam tanaman sri rejeki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *