Ciptakan Dekorasi Alami dengan Tanaman Hias Air Tawar

Posted on

Tanaman hias air tawar merupakan pilihan tepat yang dapat dijadikan sebagai atribut dekorasi kolam, akuarium bahkan wadah air tawar yang sengaja didesain untuk menanam tanaman hias. Terdapat banyak sekali jenis tanaman hias air tawar, namun hanya beberapa saja yang memiliki tampilan unik dan indah.

Aneka Tanaman Hias Air tawar

1.Tanaman Hias Air Tawar Water wisteria

Hygrophila difformis masuk dalam keluarga acantus dan berasal dari kawasan India serta Bangladesh. Tanaman hias air tawar yang satu ini lebih dikenal dengan nama water wisteria atau wisteria air. Tanaman yang habitat aslinya hidup di daerah rawa ini dapat tumbuh dengan lebar sekitar 15 sampai 25 cm dengan tinggi yang mencapai 20 hingga 50 cm. Water wisteria merupakan pilihan yang sangat tepat untuk djadikan alas bagi akuarium Anda. Suhu air yang baik untuk pertumbuhan tanaman air tawar ini ialah sekitar 23-28 derajat celcius dengan intensitas penerangan yang sedang.

2.Tanaman Hias Air Tawar Java moss

Tanaman java moss hidup dengan menempelkan diri pada kayu apung, batu  atau akar. Tanaman yang berasal dari kawasan Asia Tenggara dan masuk dalam keluarga Hypnaceae ini dapat hidup dengan mudah dan subur pada semua jenis air tawar asal memiliki suhu air sekitar 24-28 derajat Celcius.

3.Tanaman Hias Air Tawar Lilaeopsis

Tanaman hias air tawar ini mampu bertahan dalam air yang bersuhu 23 sampai 29 derajat celcius. Pertumbuhannya pun sangat cepat hingga mencapai tinggi sekitar 5 cm.

4.Tanaman Hias Air Tawar Amazon Sword

Daun-daun lanset berujung lancip pada tanaman ini tersusun apik dengan tinggi sekitar 30-50 cm sehingga dapat melambai-lambai jika diletakkan di akuarium atau kolam. Amazon sword dapat tumbuh dengan subur pada air yang bersuhu 22o sampai 28o C. Terdapat dua jenis daun sebagai pilihan dalam penanamanya yakni daun lebar atau daun sempit. Kedua jenis tanaman ini dapat lebih subur tumbuh apabila tercukupi unsur cahayanya kurang lebih selama 8 hingga 10 jam setiap harinya.

5.Tanaman Hias Air Tawar African Water Fern

Tanaman yang tidak memerlukan perawatan khusus ini hidup dengan cara menempel pada batu atau kayu apung sehingga akan menjadi ornament dekorasi kolam yang sangat menarik.

6.Tanaman Hias Air Tawar Java Fern

Selain memiliki paras yang menawan, perawatan Java fern juga tidak sulit sehingga dapat tumbuh subur dengan mudah. Pastikan suhu pada air tempat hidup tanaman ini sekitar 20o-28o C dengan intensitas cahaya sedang.

7.Tanaman Hias Air Tawar Green Tiger Lotus

Tampilan daun yang hijau melebar membuat tanaman ini juga dapat dijadikan tempat bersembunyi para ikan. Suhu air yang paling bagus untuk penanaman tanaman yang satu ini ialah 22o sampai 28o C dengan penerangan moderat.

8.Tanaman Hias Air Tawar Anubias Nana

Pertumbuhan anubias nana tergolong cepat dan mudah karena dapat mencapai ketinggian 15 cm asalkan ditanam dalam air tawar bersuhu 22 hingga 28 derajat celcius. Bibit tanaman hias air yang satu ini juga mudah diperoleh dan bisa ditanam di berbagai lokasi.

Cara Merawat dan Membudidayakan Tanaman Hias Air Tawar

Perawatan yang dilakukan terhadap tanaman air tawar tentu sangatlah berbeda dengan tanaman yang dapat bertahan hidup di daratan karena media tanam yang berbeda. Berikut adalah beberapa cara membudidayakan serta cara merawat tanaman hias air tawar yang dapat dilakukan.

  1. Memilih tanaman hias sesuai dengan ukuran akuarium dengan pertimbangan ukuran tanaman hias, serta karakteristik pola hidupnya apakah menempel atau yang lainnya.
  2. Menentukan suplai air supaya tanaman hias dapat tumbuh dengan subur. Gunakan air bersih dari kran dan jangan sekali-kali menggunakan air yang mengandung limbah.
  3. Pasangkan pompa untuk sistem sirkulasi udara agar pasokan udara terpenuhi.
  4. Lakukan pengurasan berkala sebagai tahap perawatan yang wajib dilakukan untuk kesuburan tanaman dan kebersihan akuarium atau kolam.

Suhu air Tanaman Hias Air

Jika sudah berkomitmen untuk menanam tanaman hias pada akuarium air tawar, yang harus diperhatikan ialah cara budidaya tanaman hias. Salah satu elemen penting untuk menunjang kesuburan tanaman adalah suhu air pada kolam atau akuarium. Suhu air yang paling tepat penanaman tanaman hias ialah tidak kurang dari 24o dan maksimal 30o Celcius.

Sistem pencahayaan Tanaman Hias Air

Tanaman hias air memerlukan pencahayaan dengan intensitas tertentu sama halnya dengan tanaman hias darat. Pemcahayaan pada tanaman hias dalam akuarium atau kolam dapat dilakukan dengan memasangkan lampu dengan watt kecil. Suplai pencahayaan yang cukup dapat membantu tanaman dalam melakukan proses fotosintesis sehingga dapat tumbuh lebih subur.

Pemberian Pupuk Tanaman Hias Air

Pada budidaya tanaman hias air tawar, pupuk merupakan sumber nutrisi utama bagi tanaman untuk dapat tumbuh dengan subur dan tidak cepat mati. Pupuk yang paling cocok untuk diaplikasikan ialah larutan nutrisi yang dibuat dengan berbagai kombinasi zat yang banyak tersedia di took-toko tanaman hias.

Media tanam Tanaman Hias Air

Media tanam yang dapat digunakan untuk penanaman tanaman hias air tawar tentunya sangat beragam. Selain dapat digunakan sebagai sarana pertumbuhan tanaman hias di dalam air, media tanam juga dapat dijadikan aksesoris atau hiasan supaya tampilan akuarium atau kolam menjadi lebih atraktif. Media tanam yang dapat digunakan untuk menanam berbagai tanaman hias antara lain pasir, batu dan kayu apung sebagai tempat melekat tanaman hias air tawar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *