Daftar Tanaman Obat dan Manfaatnya untuk Pengobatan

Posted on

Banyak sekali tanaman obat dan manfaatnya yang berguna untuk pencegahan serta pengobatan berbagai penyakit. Berikut ini adalah informasi tentang beberapa tanaman obat obat yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit tanpa khawatir memiliki efek samping yang tak baik bagi tubuh.

Daftar tanaman obat dan khasiatnya

Daftar tanaman obat dan khasiatnya

Bagi Anda yang tidak ingin mengambil resiko lebih jauh dengan pengkonsumsian obat-obatan kimia, mengkonsumsi obat dari tradisional yang mengandung banyak khasiat tanpa efek samping adalah langkah yang tepat. Nenek moyang kita lebih dulu mengenal dan menggunakan tanaman obat daripada obat yang mengandung bahan kimia sehingga kondisi kesehatan mereka jauh lebih baik. Berikut adalah sajian informasi tentang macam-macam tanaman toga dan khasiatnya lengkap yang wajib Anda ketahui:

  1. Lengkuas

Lengkuas merupakan tanaman rimpang dan bumbu masakan yang dapat mencegah serta mengobati berbagai penyakit seperti kudis, koreng atau borok. Tanaman ini bekerja sebagai anti bakteri, dapat melancarkan sistem pernapasan, mengeluarkan lendir pada saluran pernapasan, meredakan nyeri sakit kepala, nyeri dada, pencahar buang air serta sebagai ramuan anti mual. Berbagai penyakit tersebut dapat diobati oleh lengkuas karena kandungan minyak astiri, kamfer, minyak alpinen, eugenol, dan methyl cinnamate.

  1. Temulawak

Temulawak merupakan tanaman obat yang masih termasuk dalam kategori tanaman rimpang. Temulawak ternyata memiliki berbagai khasiat yang sangat baik bagi kesehatan. Tidak hanya dapat membentengi tubuh dari berbagai virus, temulawak juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, memaksimalkan produksi cairan empedu yang sangat berfungsi untuk pencegahan batu empedu, menghilangkan pegal linu, mengobati berbagai penyakit perut seperti perut kembung, mag dan diare, serta dapat menjaga kesehatan kulit wajah karena dapat mencegah timbulnya minyak berlebih yang mengakibatkan pertumbuhan jerawat.

  1. Temu Ireng

Temu ireng banyak diracik sebagai jamu yang baik untuk dikonsumsi. Kandungan zat damar, kurkumun, tanin, minyak airis dan kurdion tanaman yang masih serumpun dengan jahe ini dapat membantu pengeluaran darah kotor pazca melahirkan serta dapat meningkatkan nafsu makan. Selain itu, temu ireng juga dapat mengobati penyakit lambung, cacingan, asma, berbagai penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, sariawan dan batuk.

  1. Jahe

Di balik rasanya yang dapat menghangatkan tubuh, jahe ternyata memiliki berbagai kandungan yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit. Kandungan pada jahe antara lain zingeberal, zingberin, geranipl, gingerol, sineol, borneol dan kamferna. Semua kandungan dalam jahe tersebut dapat digunakan sebagai antioksidan yang ampuh melawan pertumbuhan sel kanker serta dapat memperlambat proses oksidasi kolesterol. Jadi dengan mengkonsumsi jahe, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit seperti demam, rematik, batuk menahun, asma, masalah lambung dan pernaikan sistem pencernaan.

  1. Kunyit

Kunyit dapat ditanam dengan mudah dengan metode rimpang yang dapat tumbuh cepat. Di balik warna kuningnya yang khas, kunyit mengandung berbagai zat seperti carplilic acid, turmeron, zingeberenne dan masih banyak lagi yang sangat berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit tanpa efek samping. Khasiat kunyit antara lain mengobati amandel, maag, radang rahim, kejang, anemia, cacar, mencegah emulsi darah dan melegakan hidung tersumbat.

  1. Kencur

Kencur yang dalam bahasa Sunda disebut sebagai cikur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan asam sinamic borneol, alkaolid ethyl aster dan bahan aktif lainnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan antiseptik dan antipasmodil serta dapat mengobati berbagai penyakit seperti sakit kepala, sakit gigi, perut kembung dan mual karena masuk angin, tetanus, batuk kering dan berdahak, berbagai jamur kulit, keracunan tempe bongkrek serta sebagai penambah daya tahan tubuh yang cukup ampuh.

  1. Gingseng

Macam-macam tanaman obat dan gambarnya tidak akan lengkap tanpa tanaman gingseng yang terkenal berasal dari negeri gingseng Korea. Namun, ternyata Indonesia juga memiliki tanaman gingseng yang tumbuh secara liar di dataran Jawa dan belum banyak diketahui. Gingseng yang mengandung berbagai zat ampuh dapat digunakan sebagai obat kuat bagi pria dan penyembuh berbagai penyakit seperti kanker karena kandungan antioksidannya, alzheimer, gagal ginjal, jantung, stroke, pengatur tekanan darah dan juga dapat mencegah penuaan dini serta obesitas.

  1. Bawang Merah

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu ketika mengolah masakan saja, ternyata bawang merah juga berkhasiat untuk kesehatan. Mengkonsumsi bawang merah sangat dianjurkan karena kandungan kaemferol, minyak atsiri, metialin, florogusin dan sikolaliin dapat mengobati berbagai penyakit seperti demam pada buah hati, masuk angin, masalah lambung, bisul dan kutu air, mastitis atau payudara bengkak saat menyusui, hipertensi dan disentri. Selain dikonsumsi, pengobatan dengan bawang merah juga dapat dilakukan dengan cara dibalur atau oles dengan parutan bawang merah.

  1. Bangle

Bangle sudah secara turun temurun dijadikan sebagai pelindung para ibu hamil atau bayi yang baru saja lahir agar tidak terkena energi negatif atau jahat. Namun ternyata, selain kepercayaan kuno tersebut, kandungan dari bangle juga dapat dijadikan sebagai ramuan obat untuk berbagai penyakit seperti sakit kuning, cacingan, pegal linu, menurunkan demam, dan sakit kepala sebelah.

  1. Lempuyang

Tak ketinggalan, lempuyang juga memiliki kandungan berkhasiat seperti minyak astiri, sineol, saponin, kamfen dan masih banyak lagi yang ampuh digunakan untuk mengobati kencing batu, diare, disentri, bisul, kaki bengkak, masuk angin, batu ginjal serta dapat menambah nafsu makan.

Setelah mengetahui berbagai tanaman obat dan manfaatnya, tak ada salahnya untuk mulai mengurangi konsumsi obat yang mengandung bahan kimia dan beralih pada tanaman obat tradisional yang tidak mengandung efek samping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *