Daun Jambu Biji Obat Diare Alami yang Aman untuk Segala Usia

Posted on

Banyak orang yang bertanya tentang obat diare alami yang bisa dikonsumsi oleh segala usia, termasuk anak-anak. Daun Jambu Biji Obat Diare Alami adalah solusinya. Seperti yang diketahui, jambu biji adalah buah yang mengandung banyak sekali khasiat untuk tubuh. Apalagi rasanya juga sangat enak dan segar untuk dimakan langsung maupun diolah menjadi jus buah. Selain buahnya, ternyata daun jambu biji juga mengandung manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Salah satunya adalah mengatasi diare dengan cepat. Disamping mengobati diare, daun jambu dapat mengontrol kadar kolesterol, menjaga kesehatan kardiovaskuler, dan mengatasi diabetes.  Hal ini dikarenakan daun jambu mengandung asam guajaverin, minyak astiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam oleanolat, asam kratogolat, dan beberapa senyawa lain yang sangat bermanfaat. Tak hanya itu, kandungan vitamin C yang ada di dalam daun jambu biji juga diketahui lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah lainnya. Tak heran, jika daun ini memiliki banyak sekali khasiat bagi tubuh.

 Daun jambu biji obat diare

Cara Obati Diare Anak Usia 2 Tahun dengan Daun Jambu Biji

Diare adalah gejala yang ditandai dengan encernya tinja dan frekuensi buang air besar yang meningkat dan terjadi selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab seseorang mengalami diare, salah satunya adalah mengkonsumsi minuman ataupun makanan yang sudah terkontaminasi oleh parasit, virus dan bakteri. Disamping itu, penyebab diare lainnya adalah adanya gangguan pada lambung, keracunan makanan, sakit maag dan lain sebagainya. Lantas mengapa Daun Jambu Biji Obat Diare Alami sangat dianjurkan? Dibandingkan menggunakan obat-obat berbahan kimia, banyak orang yang lebih memilih bahan-bahan alami untuk mengatasi berbagai penyakit. Salah satunya adalah menggunakan daun jambu.

Daun jambu biji dikenal sebagai salah satu bahan alami yang dapat mengobati diare karena kandungan di dalamnya memiliki sifat anti diare. Khususnya diare yang faktor penyebabnya adalah infeksi. Daun jambu dapat mengatasi diare karena mempunyai zat flavonoid yang tinggi. Dimana dalam senyawa tersebut, terdapat quercetin glycoside yang diketahui mampu mengurangi atau menghambat pembuangan air besar.

Kandungan lain yang ada di dalam daun jambu biji adalah Tanin. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori pada usus. Sehingga mengakibatkan aliran air yang akan masuk ke dalam usus besar semakin berkurang. Dengan begitu, tinja akan menjadi keras. Sekedar informasi, Tanin yang ada di dalam daun jambu biji terbilang cukup besar. Jadi tidak mengherankan jika daun jambu biji akan terasa pahit saat dikunyah. Daun Jambu Biji Obat Diare Alami tentu saja dikarenakan kandungan Tanin yang ada di dalamnya. Karena selain mengurangi aliran air ke dalam usus besar, Tanin ini juga sangat bermanfaat menghambat pertumbuhan mikroorganisme dalam perut yang menjadi penyebab masalah diare. Tanin ini juga berguna untuk menghambat racun yang masuk ke dalam sistem pencernaan.

 

Ada banyak penelitian yang sudah menguji keampuhan daun jambu dalam mengatasi diare. Salah satu  hasil penelitian yang dilakukan para ahli pada tahun 2008 adalah bahwa daun jambu biji mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang seringkali menjadi penyebab diare yakni Staphylococcus auerus. Tak hanya itu, ada pula penelitian yang menyebutkan bahwa daun dari tanaman jambu biji ini sangat bermanfaat untuk memulihkan tubuh akibat infeksi diare. Melihat penelitian tersebut, tak heran jika Daun Jambu Biji Obat Diare Alami sudah banyak dipercaya masyarakat di seluruh dunia.

Air rebusan dari daun jambu biji juga sudah terbukti mampu menghambat perkembangan bakteri E. Coli. Karena terbuat dari bahan alami, daun jambu biji sangat aman dikonsumsi untuk anak usia 2 tahun yang mengalami diare. Banyak orang tua yang enggan memberikan obat-obatan kimia kepada anaknya karena takut adanya efek samping.

Oleh karena itu, daun jambu biji bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat. Hanya saja, Anda harus bisa mengolah daun biji jambu agar memiliki rasa yang bisa dikonsumsi anak usia 2 tahun. Pasalnya, daun ini memiliki rasa yang sangat pahit akibat adanya kandungan Tanin di dalamnya. Tidak perlu khawatir karena mengolah daun jambu biji sebagai Obat Diare Alami Anak Usia 2 Tahun sangatlah mudah.

Pengolahan daun jambu biji untuk mengobati diare pada anak juga disesuaikan dengan dosis dan juga selera anak-anak. Dengan begitu, mereka tidak akan merasa sedang meminum obat. Setidaknya, ada dua cara pengolahan yang bisa Anda lakukan. Bahkan cara ini bisa dilakukan sendiri langsung di rumah. Cara pertama, Anda sediakan 6 buah daun jambu biji. Kemudian haluskan dengan cara ditumbuk.

Lalu, tambahkan sedikit garam ke dalam daun jambu yang sebelumnya sudah dihaluskan. Tuangkan secangkir air panas lalu aduk daun jambu tersebut. Tunggu sampai menghangat, kemudian peras daun jambu biji. Dan pisahkan daun jambu biji dengan sarinya. Masukkan sari daun jambu biji tersebut pada secangkir gelas. Agar rasanya lebih lezat, Anda tambahkan madu dan aduk hingga merata. Kemudian, berikan pada anak setiap hari sebelum makan sampai diarenya sembuh.

Cara kedua, Anda sediakan 6 buah daun jambu dan tumbuk hingga benar-benar halus. Lalu, tambahkan secangkir air hangat matang. Saring, lalu buang ampasnya. Cara kedua ini bisa diberikan pada anak yang sudah bisa meminum obat yang terasa agak pahit. Minumkan pada anak sedikit demi sedikit. Dengan takaran setiap setengah jam sampai dengan 2 cangkir habis dalam sehari. Cara ini bisa dilakukan sampai anak sembuh.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Demikianlah ulasan terkait dengan khasiat Daun Jambu Biji Obat Diare Alami. Semoga bermanfaat.

Apa Yang Pengunjung Cari?

  • manfaat daun jambu biji untuk sakit maag dengan cara dikunyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *