Info Kesehatan: Wedang Jahe Obat Alami Diare

Posted on

Diare atau yang biasa dikenal dengan mencret merupakan masalah kesehatan yang sangat mengganggu jika tidak segera diatasi. Karena itu, bagi Anda yang mengalami masalah kesehatan ini, info mengenai wedang jahe obat alami diare berikut perlu disimak dengan baik. Berikut info kesehatan mengenai diare dan cara mengatasinya dengan bahan herbal seperti jahe.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengatasi diare dengan wedang jahe, tidak ada salahnya untuk mengenal jahe yang menjadi bahan dasar dalam pembuatan wedang jahe obat diare terlebih dahulu. Jahe merupakan salah satu rempah yang tidak hanya berguna untuk mengatasi mencret. Rimpang yang biasa dipadukan dalam bumbu masakan ini juga berguna untuk menghangatkan tubuh, khususnya saat musim penghujan atau saat cuaca sedang tidak menentu sehingga badan tidak masuk angin, terkena flu, dan sebagainya.

 Wedang Jahe Obat Alami Diare

Mengobati Diare Dalam Sehari Dengan Wedang Jahe

Ada beberapa cara yang bisa dicoba ketika Anda ingin membuat wedang jahe sebagai obat diare. Beberapa cara tersebut akan diungkapkan lebih jauh melalui uraian berikut ini.

  1. Rimpang Jahe dengan Madu

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan rimpang jahe dengan madu. Madu murni yang dikombinasikan pada jahe akan membantu mengatasi sakit perut saat diare dialami. Selain itu, madu juga akan berfungsi sebagai antibakteri sehingga dampak lain bisa diminimalisir. Sebagai bonusnya, madu mengandung pemanis alami yang tidak akan menyebabkan efek samping seperti yang diakibatkan oleh pemanis buatan.

Sebagai obat alami menghentikan diare, Anda perlu mengikuti cara pembuatan ramuan wedang jahe berikut ini. Pertama, Anda harus mempersiapkan bahan utama rimpang jahe secukupnya berikut dengan bahan tambahan lain yaitu madu murni. Madu murni yang dibutuhkan hanya sekitar 2 sdm. Sebelum digunakan, jahe yang telah disiapkan kemudian dikupas kulitnya dan dicuci bersih. Rimpang jahe tersebut dimemarkan hingga gepeng atau seperti lempengan. Bahan utama tersebut kemudian direbus dalam panci yang telah berisi sekitar 1 gelas air mendidih.

Air rebusan jahe tersebut akan memunculkan aroma wangi yang khas. Ini menandakan bahwa panci berisi air jahe atau wedang jahe harus segera diangkat. Air jahe dalam panci kemudian dituangkan ke cangkir atau gelas. Setelah itu, madu murni yang sebelumnya telah disiapkan dituangkan ke dalam cangkir berisi wedang jahe. Setelah diaduk selama beberapa saat, Anda bisa meminumnya selagi hangat. Dengan begitu, diare yang dialami bisa teratasi. Agar lebih cepat sembuhnya, Anda perlu mengkonsumsi wedang jahe ini 3 kali sehari yaitu pagi, siang, dan malam menjelang tidur.

  1. Wedang Jahe dengan Kayu Manis

Cara yang kedua dari bahasan wedang jahe obat alami diare ini adalah olahan minuman jahe yang dikomposisikan dari rimpang atau bubuk ekstrak jahe dengan tambahan rempah lain yaitu kayu manis. Seperti yang kita tahu, kayu manis merupakan rempah herbal yang sering ditambahkan pada makanan dan minuman karena kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh di dalamnya.

Untuk membuat minuman yang dapat mengatasi diare ini, Anda perlu mempersiapkan rimpang jahe serta kayu manis secukupnya. Apabila tidak memiliki rimpang jahe, Anda bisa menggunakan bubuk atau jahe yang telah dibuat menjadi ekstrak jahe. Selain itu, Anda juga bisa mengganti kayu manis dengan bubuk kayu manis apabila tidak ada bentuk potongannya. Untuk membuat minuman dari kedua bahan ini, Anda hanya perlu merebus jahe dan kayu manis hingga mendidih kemudian dituangkan dalam cangkir atau gelas.

Apabila menggunakan bubuk jahe dan kayu manis, Anda cukup mengambil beberapa sendok kedua bubuk bahan tersebut ke dalam gelas atau cangkir. Kemudian, tuangkan air panas ke minuman tersebut sambil sedikit diaduk. Setelah didiamkan beberapa menit, Anda bisa meminum wedang jahe yang hangat ini. Bubuk jahe juga bisa digantikan dengan rimpang jahe yang diparut.

  1. Wedang jahe dari jahe dan air jeruk nipis

Apabila di tempat Anda sulit mendapatkan lempengan kayu manis maupun bubuknya, ada cara lain yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah diare hingga yang parah sekalipun. Cara tersebut adalah dengan membuat ramuan wedang jahe obat alami diare yang berbahan dasar jahe dan air jeruk. Untuk membuatnya Anda hanya perlu mengikuti cara mudah berikut ini.

Pertama, Anda harus mempersiapkan jahe dan air jeruk yang akan digunakan. Jahe tersebut dikupas dan dicuci sementara untuk mendapatkan air jeruk, butiran jeruk harus dibelah dan diperas airnya. Selain kedua bahan tersebut, Anda juga perlu mempersiapkan segelas air hangat dan garam sejumput jari tangan. Setelah bahan disiapkan, semua bahan dituangkan bersama-sama ke dalam gelas atau cangkir sambil diaduk rata. Setelah tercampur rata, Anda bisa meminum ramuan wedang jahe tersebut sehari 3 atau 4 kali. Dengan konsumsi rutin, wedang jahe untuk kesehatan perut dan masalah diare ini akan terasa efek khasiatnya.

Selain menggunakan air jeruk nipis, Anda juga bisa menggunakan jeruk buah biasa untuk dicampurkan pada wedang tersebut. Selain itu, bahan tambahan lainnya untuk ditambahkan ke air jahe juga bisa berupa air kelapa. Kandungan elektrolit, vitamin, dan mineral dari air kelapa akan membuat masalah pada perut lebih diminimalisir.

Itulah beberapa tips dan cara membuat wedang jahe obat alami diare yang bisa Anda coba praktekkan ketika ada anggota keluarga yang mengalami diare. Pada jahe yang dibuat, Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan berkhasiat lainnya seperti yogurt original, daun mint, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *