Ini Dia Beberapa Manfaat Wortel

Posted on

Manfaat wortel – Siapa yang tak kenal dengan salah satu varian sayur yang satu ini. Benar sekali, wortel. Wortel tak hanya memiliki warna yang cantik dan rasa yang enak untuk dikonsumsi, melainkan juga memiliki manfaat bagi tubuh kita. Wortel biasa digunakan sebagai salah satu bahan campuran pada hidangan sup atau tumis. Di dalam batang wortel, terdapat banyak sekali kandungan gizi wortel yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Sebut saja kandungan vitamin A, Beta Karoten, anti oksidan, dan berbagai jenis mineral. Sayuran umbi orange ini memiliki rasa manis, renyah, dan pastinya enak. Cocok sekali dijadikan sebagai referensi menu diet bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

beberapa manfaat wortel

Pengertian wortel – Wortel adalah tanaman umbi yang berasal dari tanaman Apiaceae dan bernama ilmiah Daucus carota. Menariknya lagi, tanaman wortel dapat ditanam di mana saja. Cara membudidayakannya dengan cara menanamkan akar tunggang yang nantinya akan berbunga ketika usianya kurang lebih 2 tahun. Namun sekarang tanaman wortel sudah dapat dipanen sebelum masa tanam 2 tahun. Dan, secara umum, wortel memiliki ciri yang sangat khas, yaitu berakar tunggang, ujung batang buah rata dan ada juga yang runcing (tergantung jenis varietasnya), dan memiliki serabut menyerupai ekor di bagian ujung bawah batang buah. Wortel dapat tumbuh subur di lahan bercuaca sejuk cenderung dingin seperti kawasan-kawasan pegunungan di Asia. Di Eropa, batang buah wortel memiliki ciri fisik yang sedikit berbeda, yaitu batang lebih bulat dan ujung sedikit silindris. Warnanya pun lebih variatif, yaitu orange terang. Karena kaya akan kandungan nutrisi dan zat antioksidan, wortel sangat baik untuk dikonsumsi.Manfaatnya pun sangat banyak. Penasaran apa saja manfaat sayur orange cantik yang satu ini? Simak informasinya berikut ini.

Manfaat Wortel untuk Mengobati Diare

Mungkin tak banyak orang yang tahu bahwa wortel adalah obat alami untuk mengatasi gangguan pencernaan, khususnya diare. Wortel obat diare alami terbukti efektif meredakan dan mengobati diare yang mudah menyerang ketika sedang musim hujan. Ketika sedang menderita diare, penderita biasanya mengalami beberapa gejala seperti tubuh lemas akibat dehidrasi dan perut mulas serta melilit. Tentu saja gejala-gejala ini sangat mengganggu, khususnya bagi penderita yang sibuk beraktifitas. Lantas, bagaimana cara membuat ramuan obat alami untuk meredakan diare dengan menggunakan bahan utama wortel? Cara membuatnya sangat mudah. Siapkan 3 batang wortel yang telah dicuci bersih dan 8 gelas air putih. Kemudian, potong wortel hingga menjadi potongan berukuran kecil. Lalu, rebus potongan wortel tersebut hingga empuk atau bisa juga hingga hancur untuk kemudian dijadikan sup wortel. Tambahkan sedikit garam pada sup wortel agar rasa sup lebih lezat. Konsumsi sup wortel ini sehari dua kali secara rutin hingga diare mereda. Selain aman, cara mengobati diare dengan sup wortel ini juga mudah untuk dipraktikan. Dan, yang paling penting adalah efektif dan murah meriah. Bukan begitu? Selain mengkonsumsi sup wortel, sangat disarankan untuk perbanyak konsumsi air putih untuk mencegah tubuh dari dehidrasi, serta perbanyak istirahat agar tubuh kembali fit.

Manfaat Wortel untuk Mata

Nah, untuk manfaat yang satu ini,pastinya Anda semua sudah tahu, bukan? Benar sekali, wortel identik sebagai jenis sayuran yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, khususnya mata minus, mata plus, rabun senja,glaucoma, dan katarak. Caranya sangat mudah, yaitu cukup rutin mengkonsumsi wortel secara rutin. Bagaimana bisa? Kandungan nutrisi pada wortel sangat membantu untuk atasi berbagai macam gangguan penglihatan lainnya. Misalnya saja kandungan vitamin A pada wortel memang sangat tinggi, yaitu mencapai 12.000 SI. Selain vitamin A, kandungan-kandungan nutrisi lainnya yang juga turut membantu atasi masalah penglihatan, seperti beta karoten, fosfor, kalsium, vitamin B1, dan vitamin C. Jadi, bagi Anda yang mulai mengalami gangguan penglihatan pada organ mata Anda, sebaiknya mulai sekarang rutinlah mengkonsumsi wortel. Anda dapat menjadikannya sebagai jus (jus wortel), sup, atau hidangan-hidangan lainnya. Namun diantara sekian banyak pilihan hidangan berbahan wortel, jus wortel memang masih menjadi pilihan yang terbaik karena jus wortel benar-benar terbuat dari wortel yang masih segar. Anda boleh menambahkan gula atau madu, atau bahkan campuran bahan alami lain sebagai penambah rasa.

Manfaat Wortel untuk Wajah

Kecantikan dan kesehatan kulit wajah ternyata bisa dimiliki dengan mudah hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita, termasuk wortel. Wortel dapat dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan masker wajah alami. Khasiatnya pun tak diragukan lagi. Masker wortel terbukti dapat menjadikan kulit wajah cerah merona, halus,dan lembut. Hal ini disebabkan oleh karena wortel mengandung zat antioksidan yang sangat baik untuk kulit. Tak heran jika wortel sering dijadikan sebagai bahan utama produk-produk kosmetik berbahan alami.

Efek samping wortel – Lantas, apakah ada efek samping konsumsi wortel bila dikonsumsi secara berlebihan? Konsumsi wortel secara berlebihan ternyata dapat menimbulkan efek samping yang disebut carotenemia, yaitu suatu kondisi di mana kandungan karoten yang larut dalam lemak terlalu berlebihan sehingga menimbulkan warna kunimg atau orange pada kulit, khususnya pada telakak kaki, telapak tangan, hidung, dan lutut.

Demikian informasi singkat mengenai manfaat wortel. Meski singkat, semoga bermanfaat untuk Anda para pembaca, khususnya Anda yang memang membutuhkan informasi seputar wortel dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan kecantikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *