Inilah Jenis Tanaman Hias Yang Bisa Anda Tanam

Posted on

Tanaman hias jenisnya sangat banyak sekali. Tanaman hias digunakan untuk menghias rumah atau suatu tempat. Dengan adanya tanaman hias suatu tempat terlihat lebih indah dan sejuk. Tanaman hias bisa diletakkan pada luar ruangan atau dalam ruangan. Di indonesia ada banyak sekali jenis tanaman hias. Dari yang ukurannya besar, kecil, tanaman hias gantung, tanaman hias rambat dan lainnya. untuk lebih jelasnya berikut ini berbagai macam tanaman hias yang bisa anda tanam dan membuat rumah semakin indah.

Berbagai Jenis Tanaman Hias Buah

Inilah berbagai jenis tanaman hias buah yang ada di indonesia:

–      Jeruk Nagami

Buah jeruk nagami Inagami Kumquat) merupakan tanaman jeruk yang bentuk jeruknya kecil dan lonjong. Jadi cocok ditanam di pekarangan rumah. Tanamannya tidak tumbuh besar, bahkan bisa dikerdilkan. Tanaman ini sangat mudah dan rajin berbuah. Jadi anda bisa membuat rumah semakin indah dan menikmati buah jeruknya. Jeruknya manis, bahkan kulit jeruknya bisa dibuat menjadi manisan karena rasanya yang manis.

–      Buah Krismil

Tanaman hias buah ini sangat popular di indonesia dan banyak ditanam oleh semua orang. Dalam satu tanaman bisa tumbuh buah krismil yang beraneka warna. Ada warna merah, kuning, putih dan lainnya. ukuran tanamannya hanya sekitar 40 cm saja. buah krismil ini juga bisa anda konsumsi.

–      Buah Naga Mini

Buah naga mini bisa ditanam di dalam pot dan tidak membutuhkan pot yang besar. buah naga mini hampir sama dengan buah naga pada umumnya, Hanya ukuran buahnya lebih kecil dan tanamannya tidak tumbuh besar. walaupun bentuknya mini, rasanya sama dengan buah naga yang besar.

–      Bunga Zaitun

Siapa yang tidak tahu minyak zaitun, minyak zaitun dihasilkan dari buah zaitun. Buah ini memiliki manfaat yang banyak sekali. Anda bisa menjadikan buah ini sebagai tanaman hias di rumah anda. cukup ditanam di pot kecil. Jika buahnya berbuah bisa digunakan untuk berbagai hal. Sangat cocok dengan iklim indonesia.

–      Cabai Pelangi

Harga cabai sedang mahal, kenapa tidak menanamnya sendiri di rumah. Cobalah untuk menanam cabai pelangi. Sehingga anda bisa mendapatkan tanaman hias yang indah dan buah cabai yang bisa anda manfaatkan untuk memasak. Buah cabai pelangi ini dalam satu pohon bisa tumbuh berbagai macam warna cabai. Ada warna merah, kuning, ungu dan lainnya.

Berbagai Jenis Tanaman Hias Bunga

Inilah tanaman hias bunga yang indah dan bisa anda tanam:

–      Bunga anggrek

Bunga anggrek memiliki jenis yang banyak sekali. Di indonesia sendiri ada 6000 jenis bunga anggrek. Entah itu bunga anggrek liar atau yang sengaja dibudidayakan. Bunga anggrek memiliki warna dan bentuk yang indah. Bisa ditanam di dalam pot atau menempel pada pohon.

–      Bunga alamanda

Tanaman hias bunga selanjutnya adalah bunga alamanda. Allamanda cathrartica mudah kita temui di indonesia. Tanaman ini berasal dari benua amerika. Bentuknya seperti terompet dan memiliki 5 kelompok. Ada yang warna kuning, pink, merah dan lainnya. bahkan bunga ini bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit malaria dan sebagai antibiotik.

–      Bunga amarilis

Jika mendengar bunga amarilis, mungkin anda ingat dengan kebun bunga amarilis yang ada di gunung kidul jogja. Bunga amarilis sekilas mirip dengan bunga tulip. Bentuk dan warnanya juga mirip dengan bunga tulis. Anda bisa menanam bunga amarilis di pot atau langsung di tanah. Bunga ini hanya berbunga satu tahun sekali.

–      Bunga geranium

Buat anda yang suka tanaman bunga, jangan lupa untuk menanam bunga geranium di rumah anda. bunga ini memiliki warna yang indah dan mudah dirawat. Ukuran tanamannya juga tidak besar, jadi bisa ditanam di dalam pot. Memiliki gradiasi warna yang indah, sehingga membuat tanaman ini banyak diminati. Bunga geranium juga digunakan sebagai bahan dasar minyak pelargonium.

Berbagai Jenis Tanaman Hias Daun

Tak hanya ada tanaman hias buah dan jenis tanaman hias bunga, anda juga bisa menanam tanaman hias daun. Jadi hanya daun yang menjadi pesonanya. Inilah tanaman hias daun yang bagus ditanam.

–      Paku tanduk rusa

Paku tanduk rusak tubuh dengan menempel pada tanaman lainnya. tumbuhan ini termasuk ke dalam family polypodiaceae. Tanaman hias ini memiliki banyak koloni rimpang dengan satu titik pertumbuhan. Daunnya bercabang seperti tanduk rusak.

–      Palem Zamia

Palem zamia sangat mudah ditemui di indonesia. Tanaman hias daun ini sebenarnya jenis tanaman gugur dan hidup di zaman purbakala. Tanaman ini bisa tahan dengan suhu kering. Jadi walaupun jarang di siram, akan tetap tumbuh dengan baik. Anda bisa menanam dengan tunas akarnya.

–      Palem Kuning

Jika anda ingin menanam tanaman hias dengan ukuran yang cukup besar. Tanaman palem kuning. Anda bisa menanamnya di dalam pot atau langsung di tanah. Buat anda yang memiliki halaman cukup luas, bisa menanam tanaman ini. Daunya tidak mudah gugur, jadi tidak mengotori halaman rumah anda.

–      Suplir

Suplir sebenarnya jenis tanaman paku dan berkembang biak dengan spora. Bentuk daunnya kecil dan banyak. Dalam satu tanamannya bisa memiliki banyak daun. Bentuk daunnya seperti hati. Tanaman ini cocok ditanam di dalam pot dan diletakkan didalam rumah atau di luar rumah.

–      Kuping Gajah

Pasti anda sudah tidak asing dengan tanaman hias yang satu ini. kuping gajah memiliki bentuk daun seperti hati. Ada yang warnanya hijau atau gradasi dengan wanra merah. Bentuk daunnya yang unik membuat daya tarik kuping gajah semakin bagus.

Berbagai Jenis Tanaman Hias Air Tawar

Buat anda yang memiliki kolam di rumah bisa menambahkan tanaman hias air tawar, supaya taman semakin indah. Berikut ini tanaman hias air tawar yang popular:

–      Tanaman Lotus

Tanaman lotus memiliki bentuk yang indah. Bunganya ada yang warna putih, pink dan kuning. Ini akan membuat kolam anda semakin indah. Ukuran bunganya cukup besar, bahkan bisa mencapai 1 meter. Jika bunganya sedang berbunga akan membuat pemandangan yang indah.

–      Tanaman Teratai

Teratai sering kita temui di kolam air tawar. Bentuk bunga teratai hampir mirip dengan lotus tetapi lebih kecil dan kelopaknya tidak sebanyak lotus. Warna bunganya putih. Ukuran bunga teratai sekitar 45 sampai 90 cm. Ada banyak sekali jenis tanaman teratai yang dibedakan berdasarkan jenis bunganya.

–      Selada Air

Selada sering digunakan untuk sayuran dan ditanam pada tanah. Tetapi ternyata ada jenis selada air. Tanaman ini di tanam air tawar. Daunnya kecil-kecil dan warnanya hijau tua. Tumbuh dengan merambat di dalam air.

–      Bambu Air

Jenis tanaman hias ini bisa anda tanam di kolam atau pada pot yang diberi air. Bentuknya batangnya panjang seperti bambu, tetapi lebih tipis. Bisa digunakan untuk pagar tanaman. Tanaman ini bisa menyaring karbon, sehingga membuat ruangan lebih segar.

–      Papirus Air

Tanaman hias ini sering ditanam untuk menghiasi rumah. Bentuk batangnya tipis dan memanjang. Pada bagian atas ada bunga yang bentuknya kecil dan panjang. Biasa dikenal dengan tanaman payung air, karena bentuknya seperti payung.

Itulah beberapa jenis tanaman hias yang bisa anda tanam di rumah. Ada jenis buah, bunga, daun dan air tawar. Semua tanaman itu akan membuat rumah anda semakin indah, asri dan sejuk. Semoga bermanfaat.

Apa Yang Pengunjung Cari?

  • cara menanam bunga krismil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *