Inilah Kegunaan Daun Jambu Biji Obat Diare

Posted on

Anda pasti sudah tidak asing dengan tanaman jambu biji. Tanaman ini merupakan tanaman tropis yang sangat cocok dengan iklim di indonesia. Ada banyak sekali jenis jambu biji mulai dari jambu biji lokal hingga jambu biji crystal. Buah jambu biji sangat enak dan memiliki banyak manfaat. Selain buahnya ternyata daun jambu biji juga sangat baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat daun jambu biji adalah untuk obat diare. Daun jambu biji obat diare sudah dipercaya sejak zaman dahulu. Khasiat daun jambu biji untuk diare disebabkan adanya kandungan zat yang ada pada daun jambu ini. Zat yang dimaksud adalah asam psidiolat, asam kratagola, asam oleanolat, asam guajaverin dan beberapa macam vitamin lain. Jadi anda tidak usah ragu lagi jika akan menggunakan jambu biji sebagai obat diare.

Daun jambu biji obat diare

Manfaat daun jambu biji untuk diare

Mengobati diare buat ibu menyusui dengan daun jambu biji

Masa menyusui adalah masa yang sangat rawan. Itu karena makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan juga diserap oleh bayi melalui ASI. Jadi ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi makanan sembarangan. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan menjadi ASI, jadi akan lebih baik jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi. Ketika ibu hamil terkena diare maka tidak boleh asal dalam memilih obat. Memilih obat yang asal juga bisa berbahaya untuk buah hati. Lebih baik anda berkonsultasi dengan dokter mengenai obat apa yang aman untuk ibu hamil.

Jika ibu hamil tidak sempat pergi ke dokter karena jauh atau tidak ada waktu maka ibu hamil sangat disarakan untuk menggunakan bahan alami sebagai obat diare. Bahan alami yang paling aman dan disarankan adalah daun jambu biji. Daun jambu biji ini memiliki zat yang bisa membuat diare sembuh dengan waktu yang sangat cepat. Daun jambu biji juga bisa menjadi solusi yang cepat karena anda dengan mudah bisa mendapatkannya. Ada 2 cara mengolah jambu biji untuk mengobati diare ibu hamil. Cara yang pertama adalah dengan mencucinya terlebih dahulu dan setelah itu langsung mengkonsumsinya. Cara ini lebih cepat dan juga aman karena daun jambu biji memang aman walaupun dikonsumsi secara langsung. Tetapi rasa dari daun jambu sangatlah sepat dan kadang banyak orang yang tidak tahan dengan rasanya.

Cara yang kedua adalah dengan menumbuknya. Ambil daun jambu yang sudah anda tumbuk dan setelah itu peras airnya. Campurkan dengan air hangat dan setelah itu konsumsi secara rutin. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam agar obat ini semakin sempurna, tetapi jika tidak suka rasa asin cukup konsumsi air campuran rebusan daun saja. Dengan mengkonsumsi obat herbal dari daun jambu biji maka akan membuat diare menjadi cepat sembuh. Selain itu kandungan zat yang ada pada daun jambu biji juga sangat ampuh untuk membunuh kuman penyebab diare yang ada pada usus.

Daun jambu biji untuk diare pada bayi

Sama seperti pada ibu hamil. Bayi juga tidak boleh mengkonsumsi obat sembarangan tanpa resep dari dokter. Masa bayi adalah masa yang sangat rawan. Itu karena sistem imun yang dimiliki bayi tersebut belum sempurna. Diare juga penyakit yang berbahaya pada bayi. Apabila diare masuk dalam kategori akut maka akan membuat bayi menjadi kehilangan cairan tubuh dan itu akan membuatnya lemas. Bayi yang sudah lemas mau tidak mau harus segara di berikan cairan infus.

Sebelum diare pada bayi parah lebih baik anda memberikan obat herbal. Obat herbal yang aman bisa menggunakan daun jambu biji. Daun jambu biji untuk diare anak sudah pasti aman dan banyak yang membuktikan. Tetapi anda harus membedakan mengolah daun jambu biji untuk bayi dan orang dewasa. Bayi belum memiliki sistem pencernaan yang tidak sebaik orang dewasa. Jadi tidak mungkin memberikan daun jambu biji untuk dikonsumsi langsung oleh bayi. Cara yang paling memungkinkan adalah dengan menumbuk daun jambu biji dan memberinya dalam bentuk cairan sedikit demi sedikit.

Apabila bayi mengkonsumsi ASI, maka ibu yang menyusui juga bisa mengkonsumsi daun jambu secara langsung agar nutrisi yang ada pada daun jambu juga bisa masuk kedalam ASI dan bisa membuat diare pada bayi menjadi lebih cepat sembuh. Proses penyembuhan diare pada bayi umumnya membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan orang dewasa. Yang menjadi kabar baik adalah kandungan ASI yang diberikan oleh ibu memiliki banyak sekali nutrisi yang bisa membuat sistem imun bayi menjadi naik. Hal tersebut berbeda dengan bayi yang mengkonsumsi susu buatan pabrik dimana nutrisinya tidak sempurna seperti ASI. Dengan alasan tersebut maka bayi yang masih dibawah 6 bulan sangat disarankan hanya mengkonsumsi ASI esklusif dari ibunya.

Penjelasan diatas pastinya sudah membuktikan jika daun jambu biji memang sangat ampuh untuk mengobati diare. Agar anda tidak kesulitan untuk mendapatkan daun jambu biji maka anda bisa menanam jambu biji dihalaman rumah. Jika anda tidak memiliki lahan yang cukup maka anda bisa memilih tanaman jambu dalam pot. Tanaman jambu dalam pot sekarang ini menjadi tren karena selain memiliki banyak manfaat juga bisa dijadikan hiasan rumah. Sedikit informasi mengenai Daun jambu biji obat diare semoga bisa menjadi inpirasi anda untuk bisa lebih sehat dengan cara yang alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *