Inilah Khasiat Minyak Alpukat yang Luar Biasa Pentingnya

Posted on

Selain almond dan zaitun, bahan yang juga bisa dibuat menjadi minyak herbal adalah alpukat. Bahkan, khasiat minyak alpukat bagi kecantikan maupun kesehatan tidak kalah bagusnya dengan jenis minyak lainnya. Berikut beberapa informasi mengenai kegunaan dari minyak yang dalam bahasa Inggris disebut dengan avocado oil ini.

 khasiat minyak alpukat

Khasiat Minyak Alpukat untuk Kecantikan

Seperti buah alpukat, minyak alpukat juga kaya akan nutrisi penting seperti vitamin E, oleic acid, dan sebagainya yang sangat berguna bagi tubuh. Beberapa kegunaan dari penggunaan minyak alpukat yang kaya nutrisi tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Melembabkan kulit secara alami

Bagi para wanita yang memiliki masalah kulit kering, minyak alpukat bisa menjadi solusi ampuh untuk mengatasi masalah kulit ini. Kandungan vitamin E di dalam minyak aplukat akan membuat kulit yang kering lebih ternutrisi dan lembab. Minyak alpukat melembabkan kulit secara menyeluruh dengan pemakaian yang teratur. Anda cukup mengoleskan beberapa tetes minyak alpukat secukupnya ke area kulit yang kering seperti tangan, kaki, leher, dan sebagainya.

Ketika diaplikasikan setelah mandi sore, Anda bisa mencampurnya dengan minyak zaitun terlebih dahulu. Kemudian, campuran tersebut diaplikasikan ke wajah secara merata seperti ketika memakai lotion lalu dibiarkan selama semalaman. Kandungan sterolin pada minyak ini akan membuat kulit lebih lembut dan lembab. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam avocado oil ini juga akan menjaga kelembapan kulit lebih terjaga.

  1. meningkatkan kesehatan kulit kepala

Selain bermanfaat bagi kulit tubuh dan kulit wajah, khasiat minyak alpukat lainnya adalah menutrisi kulit kepala agar peredaran darah di kulit kepala lebih lancar. Dengan begitu, masalah seperti ketombe, gatal,  dan masalah lainnya bisa dihindari. Kulit kepala yang terjaga kesehatannya juga akan membuat rambut menjadi lebih sehat, kuat, dan terhindar masalah rambut.

Untuk mengambil manfaat dari minyak alpukat, campurkan beberapa sendok minyak alpukat dengan kapsul vitamin E. Setelah kedua bahan tersebut tercampur rata, aplikasikan ke kulit kepala sambil dipijat-pijat secara merata. Selain diaplikasikan di kulit, minyak alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk menumbuhkan rambut yang botak serta membuat rambut tipis tumbuh lebih lebat.

  1. Meningkatkan produksi kolagen

Khasiat minyak alpukat yang dioleskan pada kulit baik kulit wajah, tubuh, maupun kulit kepala akan membantu meningkatkan produksi kolagen yang sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme sel. Kolagen yang merupakan protein ini sangat dibutuhkan karena dalam berbagai proses dalam tubuh memiliki fungsi penting seperti melancarkan sirkulasi darah, mengoptimalkan kelembapan kulit dan penyerapan kalsium, serta berbagai peran penting lainnya.

Karena peran penting minyak alpukat terhadap produksi kolagen inilah, tidak heran jika banyak ulasan mengenai minyak alpukat untuk kecantikan. Selain itu, tidak sedikit pula produk-produk kecantikan yang di dalamnya menggunakan campuran minyak alpukat.

  1. Menangkal dan mengobati berbagai penyakit kulit

Aktivitas di luar tak pelak menyebabkan seseorang terkena paparan sinar matahari langsung dan radikal bebas yang terbawa bersama udara. Karena kontak dengan banyak unsur di luar itulah banyak masalah kulit yang terjadi seperti bintik merah, kulit kusam, sunburn, dan bahkan kanker kulit. Selain dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kecantikan, bahan alami dalam minyak alpukat berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan kulit. Vitamin E merupakan nutrisi penting dalam mengatasi masalah kulit seperti kulit kering.

Selain itu, kandungan oleic acid dari avocado oil ini akan meminimalisir resiko penyakit kanker kulit yang salah satunya diakibatkan oleh radiasi sinar UV dan radikal bebas. Inflamasi pada kulit juga bisa diatasi dengan nutrisi dari minyak alpukat ini karena kandungan zat anti inflamasi di dalamnya. Penggunaan jenis minyak ini pada kulit juga akan meminimalisir infeksi bakteri ketika kulit terluka.

  1. Membantu berbagai keperluan medis

Dalam bidang medis, minyak yang dihasilkan dari alpukat ini memiliki banyak manfaat penting. Pertama, kandungan asam oleic dari avocado oil ini dapat mencegah resiko terkena berbagai jenis penyakit kanker, khususnya kanker kulit. Kandungan asam khusus ini juga berguna dalam meminimalisir penyakit yang disebabkan oleh sistem auto-imun. Oleic acid yang memiliki sifat stabil meskipun dalam suhu panas membuat minyak alpukat bisa ditambahkan ke dalam masakan sekaligus mempertahankan nutrisi di dalamnya.

Kedua, kandungan beta-sitosterol dalam minyak alpukat akan sangat bermanfaat dalam mengoptimalkan penyerapan lemak baik bagi tubuh. Zat anti inflamasi yang terdapat dalam minyak ini juga akan membantu memperkuat dinding pembuluh darah sehingga gangguan kesehatan seperti jantung koroner bisa diminimalisir. Zat anti inflamasi juga dapat membantu menormalkan tekanan darah.

Sementara itu, minyak alpukat juga mengandung vitamin E yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata, otak, maupun kesehatan mental. Vitamin ini juga berguna untuk membantu efektivitas saluran pencernaan bersama dengan mineral dan nutrisi lainnya. Bahkan beberapa ahli medis juga menyarankan menggunakan minyak ini ketika pasiennya menjalani diet untuk menurunkan berat badan.

Minyak alpukat bahan alami yang dapat membantu proses detoksifikasi juga penting untuk Anda ketahui. Magnesium dan mineral lainnya yang terdapat dalam minyak alpukat berguna ketika organ tubuh seperti hati dan ginjal melakukan proses detoksifikasi untuk mengeluarkan racun dan zat berbahaya seperti merkuri dari tubuh.

Demikian beberapa informasi penting mengenai khasiat minyak alpukat yang bisa menambah referensi Anda dalam menjalani hidup sehat. Karena pada kasus khusus ada orang yang alergi atau tidak cocok dengan minyak ini, sebaiknya hentikan pemakaian atau periksakan diri ke dokter jika masalah kesehatan terjadi setelah menggunakan bahan alami ini. Semoga info ini bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *