Inilah Manfaat Lidah Buaya yang Penting untuk Diketahui

Posted on

Lidah buaya atau yang juga dikenal dengan aloe vera adalah tanaman herbal yang mengandung banyak nutrisi penting, khususnya di bagian gel-nya yang putih transparan. Karena itu, tidak heran jika banyak orang yang mengambil manfaat lidah buaya tersebut untuk rambut, kulit, maupun kesehatan organ dalam tubuh. Berikut beberapa manfaatnya.

Manfaat Lidah Buaya untuk Memanjangkan Rambut

Lidah buaya yang sering dimanfaatkan gelnya untuk membuat nata serta kulitnya untuk membuat teh ini memiliki manfaat istimewa terhadap rambut. Apa manfaat lidah buaya yang istimewa tersebut? Manfaat yang dimaksud adalah membantu memanjangkan rambut. Tanaman bergerigi di di samping daunnya ini mengandung banyak nutrisi penting yang akan membantu membuat rambut cepat panjang. Seperti yang kita tahu, hampir semua wanita mendambakan untuk memiliki rambut yang panjang agar lebih tampak sisi femininnya.

Selain dapat membuat rambut agar tumbuh lebih panjang dengan cepat, kandungan nutrisi dari lidah buaya juga bisa mengatasi masalah pada kulit kepala seperti ketombe, gatal, dan sebagainya, Kandungan nutrisi dan senyawa yang terdapat dalam tanaman obat ini juga dapat mengontrol masalah terkait penyerapan protein pada jaringan sel rambut dan kulit kepala.

Untuk mengambil manfaat ini, Anda hanya perlu mengambil sepotong daun lidah buaya. Daun lidah buaya tersebut dipotong dan dikupas kulitnya. Gel putih transparan yang dihasilkan setelah kulit hijau aloe vera ini dipotong kemudian bisa diaplikasikan langsung sepanjang rambut ataupun dihancurkan terlebih dahulu agar dapat mudah diaplikasikan ke ruas-ruas rambut dengan jari.

manfaat lidah buaya

 

Khasiat Lidah Buaya untuk Rambut Botak

Untuk mendapatkan manfaat aloe vera dalam mengatasi rambut rontok, Anda bisa mengambil sepotong daun lidah buaya. Setelah mengambil daun lidah buaya segar, Anda bisa mengambil bagian gelnya dengan mengupas daun tersebut. Setelah itu, gel berwarna putih bening yang telah disingkirkan kulitnya ini dioleskan ke area kepala yang botak. Dengan pemakaian teratur, bagian kepala yang pada mulanya botak bisa diatasi sedikit demi sedikit.

Bahan herbal yang bisa mengatasi kulit terbakar dan luka ini juga bisa mengangkat serum dan sel kulit mati yang terdapat di kulit kepala. Karena memiliki kandungan alkalin di dalam daging daunnya, lidah buaya yang dioleskan ke area rambut dan kulit kepala juga akan membantu menormalkan kadar ph. Dengan kadar ph normal dan kelembapan yang terjaga, rambut di area yang botak juga bisa mengoptimalkan pertumbuhan rambut baru. Bahan herbal yang juga bisa dibuat sebagai masker lidah buaya ini akan lebih terasa manfaatnya ke rambut botak apabila diaplikasikan secara teratur.

 

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Rontok Parah

Rambut rontok merupakan masalah yang sering dialami kaum wanita dan sering menimbulkan rasa risih dan tidak percaya diri. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan bahan alami seperti lidah buaya yang lebih aman untuk digunakan. Untuk perawatan malam, Anda bisa mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini. Pertama, Anda perlu mempersiapkan gel daun lidah buaya yang telah disingkirkan kulit hijaunya serta dihaluskan. Gel tersebut kemudian dicampurkan dengan sekitar 2 sdt minyak jarak, 2 sdt fenugreek, dan kemangi. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dan diaduk secara merata hingga membentuk adonan. Adonan tersebut lalu diaplikasikan dan ditutupi dengan tudung pelindung yang menutupi rambut. Keesokan harinya, Anda bisa berkeramas seperti biasa dengan sampo.

Selain dapat mengatasi masalah rambut rontok yang parah, aplikasi adonan dengan bahan dasar lidah buaya juga bisa memberikan manfaat untuk melembabkan dan menutrisi rambut sehingga rambut tidak kering dan lebih kuat. Dengan pemakaian teratur, lidah buaya conditioner rambut yang diaplikasikan selama beberapa minggu akan memperlihatkan hasil terbaik pada rambut.

Saat pagi atau sore hari, Anda juga bisa memaksimalkan pemakaian dengan cara berikut. Cara menggunakan lidah buaya untuk rambut yang rontok bisa dilakukan dengan memotong daun aloe vera ini menjadi dua bagian. Setiap bagian tersebut diambil gel putihnya lalu diaplikasikan ke rambut. Setelah itu, rambut ditutup menggunakan handuk sekaligus dibiarkan selama kurang lebih 15 menit. Terakhir, rambut dibilas menggunakan air bersih. Cara ini bisa dilakukan sebelum keramas pagi atau sore hari.

 

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Bercabang

Selain masalah kebotakan dan ketombe, masalah lainnya pada rambut yang sering membuat orang tidak percaya diri dengan penampilannya adalah rambut bercabang, apalagi jika rambut yang bercabang tersebut tampak merah dan kering pada ujungnya. Untuk mengatasi masalah yang salah satu penyebabnya adalah radiasi sinar matahari ini, ada cara yang bisa diikuti.

Untuk mendapatkan manfaat lidah buaya dalam mengatasi rambut bercabang, Anda bisa memetik daun lidah buaya yang segar dan mencucinya terlebih dahulu sebelum digunakan. Daun tanaman herbal yang kaya asam amino ini kemudian dipotong menjadi 2 dan disingkirkan kulit hijaunya. Gel lidah buaya tersebut kemudian diaplikasikan ke ujung rambut yang bercabang secara merata. Setelah itu, rambut dibiarkan selama beberapa menit. Terakhir, rambut bisa dibilas menggunakan air bersih.

 

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Memanjangkan Rambut

Cara mengolah lidah buaya agar rambut lebih panjang bisa dilakukan dengan daun lidah buaya saja maupun menggunakan tambahan bahan lain seperti  air dan minyak esensial. Bahan yang telah disiapkan tersebut kemudian dicampur rata dan diaplikasikan ke rambut dari pangkal hingga ujung. Setelah dibiarkan beberapa menit, Anda bisa membilas rambut dengan air.

Demikian beberapa manfaat lidah buaya berikut cara mengolahnya yang bisa Anda terapkan di rumah ketika menghadapi masalah rambut dan kulit kepala. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *