Instalasi Praktis Hidroponik Media Air Skala Rumahan

Posted on

Pertanian saat ini menjadi sebuah bidang usaha yang cukup menjanjikan di Indonesia. Bertambahnya jumlah penduduk dan meningkatnya konsumsi dan kebutuhan masyarakat akan produk pertanian membuat prospek usaha di bidang ini semakin terbuka lebar. Salah satu teknik pertanian yang bisa kita lakukan untuk menyediakan kebutuhan pertanian adalah teknik hidroponik media air. Teknik ini cukup menguntungkan karena bisa menggunakan lahan yang terbatas dengan hasil yang optimal.

Secara umum teknik pertanian ini bisa dikatakan sama dengan teknik pertanian menggunakan metode yang lain. Namun demikian, teknik pertanian ini dinilai cukup praktis dan efisien jika dinilai dari segi bisnis. Pengembangan hidroponik bisa dilakukan dalam skala rumahan maupun industri. Perbedaan mendasar dari kedua skala ini Andalah dari sisi modal usaha. Modal usaha yang dibutuhkan dalam skala rumah tangga tentu akan lebih murah bila dibandingkan dengan modal untuk skala industri pertanian.

Untuk pengembangan dalam tahap industri, diperlukan keseriusan dalam penanganan dari memproduksi hasil pertanian itu sendiri hingga ke tahap memasarkan produk agar memiliki nilai jual yang baik. Karena itu analisis usaha yang digunakan tidak hanya analisis usaha produksi pertanian, namun juga analisis usaha untuk melakukan pemasaran produk. Cara bertanam hidroponik bagi pemula tentu akan lebih cocok dalam skala rumahan hingga bisa meminimalisir kerugian karena kegagalan produksi dan pemasaran.

Dalam melakukan suatu usaha pertanian, kita tidak bisa lepas dari sebuah sistem usaha pertanian. Untuk teknik hidroponik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa mendapatkan produk yang memuasakan. Dari awal kita harus menyiapkan lahan atau media tanam yang pas, selain itu, pemupukan juga perlu diperhatikan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Persiapan benih dan bibit serta pengendalian hama yang tepat juga akan menentukan hasil pertanian yang diperoleh.

Persiapan Alat dan Bahan Menanam Tanaman Hidroponik

Agar teknik pertanian hidroponik bisa berjalan dengan baik, maka kita perlu melakukan persiapan yang matang. Cara menanam hidroponik sederhana dalam skala rumahan bisa kita gunakan sebagai langkah awal sebelum kita mengembangkan usaha dalam skala yang lebih besar. Untuk itu, persiapan alat dan bahan tanaman hidroponik bisa kita lakukan dengan membuat kebun hidroponik percontohan. Berikut ini beberapa persiapan alat dan bahan yang diperlukan dalam teknik hidroponik.

  1. Persiapan tempat

Persiapan tempat cukup penting dilakukan agar kita bisa bertani dengan baik. Untuk skala rumahan, kita bisa menggunakan halaman rumah yang bisa mendapatkan cukup sinar matahari agar tanaman yang kita miliki bisa tumbuh dengan baik. Untuk luas lahan yang digunakan bisa kita sesuaikan dengan luas halaman rumah yang dimiliki.

  1. Media Tanam

Penggunaan media tanam berupa air membutuhkan container atau wadah yang kedap air dan mampu bertahan cukup lama. Kita bisa membeli media tanam yang sudah jadi atau bisa juga membuat sendiri dengan pipa pvc dengan ukuran diameter minimal 3 inch agar mudah digunakan. Selain itu, kita juga bisa menggunakan bahan tambahan berupa net pot dan rockwoll, simak link berikut tentang Media Tanam Hidroponik untuk penjelasan lengkap.

  1. Persiapan benih atau bibit tanaman dan pupuk

Bibit tanaman hidroponik bisa kita dapatkan di toko pertanian terdekat. Kita bisa menyemai benih untuk mendapatkan bibit ataupun membeli bibit yang sudah jadi. Untuk menekan biaya produksi, lebih disarankan bagi pemula untuk membuat bibit sendiri dengan persemaian langsung pada media tanam. Bibit yang ada sebaiknya menggunakan tanaman sayuran yang berumur pendek.

  1. Pupuk atau nutrisi tanaman

Pupuk untuk tanaman hidroponik dan tanaman dengan teknik lainnya membutuhkan kandungan unsur yang sama. Namun demikian, biasanya untuk tanaman hidroponik kita bisa menggunakan pupuk khusus yang sering disebut dengan nutrisi A dan nutrisi B. Pupuk hidroponik ini sering juga disebut sebagai Nutrisi AB mix yang bisa kita beli di toko pertanian maupun buat sendiri.

Untuk persiapan dalam membuat sebuah areal pertanian untuk kebun hidroponik minimal kita memperhatikan 4 hal diatas. Untuk peralatan yang digunakan secara teknis, tidak perlu kita beli secara khusus karena kita bisa menggunakan peralatan rumah tangga yang ada. Misalkan untuk melubangi pipa pvc yang biasanya menggunakan bor listrik, bisa kita ganti dengan menggunakan pisau cutter maupun pisau dapur dengan teknik yang simpel.

Langkah-langkah Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Air

Langkah yang dilakukan dalam menanam dengan teknik hidroponik adalah dengan menyiapkan media tanam yang akan digunakan yaitu air dengan kandungan nutrisi hidroponik yang tepat. Untuk melakukan hal tersebut, kita bisa membaca label yang ada pada pupuk atau nutrisi yang kita gunakan. Kita bisa mencampurkan nutrisi dengan air sesuai dengan komposisi yang ada. Untuk lebih mudah berikut ini beberapa langkah yang bisa diambil dalam menanam hidroponik dengan media air.

  1. Persiapkan container berupa pipa PVC yang telah diberi lubang tanam seukuran netpot, selain netpot tempat air minum kemasan gelas yang telah diberi banyak lubang sebagai pengganti.
  2. Isikan air larutan nutrisi dengan kadar nutrisi A dan nutrisi B dengan tepat sesuai komposisi yang dianjurkan pada label minimal setengah pipa terisi.
  3. Masukan bibit dalam lubang taman, agar bibit bisa berdiri, kita bisa menggunakan rockwoll untuk membantu atau kita juga bisa menggunakan ajir bila rockwoll tak tersedia.

Hidroponik Media Air yang kita kembangkan dalam skala rumahan pada awalnya membutuhkan perawatan yang intensif. Namun seiring waktu dan pengalaman yang didapat, maka perawatan berkala bisa kita lakukan tanpa menurunkan kualitas dan kuantitas hasil panen. Teknik pertanian ini merupakan investasi jangka panjang, sehingga bila kita memaksa untuk mendapatkan hasil yang cepat dan berlimpah akan membutuhkan teknik khusus yang bisa kita dapatkan dengan membayar konsultan hidroponik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *