Jenis-Jenis Tanaman Hias Mawar dan Cara Budidayanya

Posted on

Tanaman hias mawar termasuk tanaman tahunan dengan genus Rosa berkelas Dicolylodonae. Dimana tanaman ini termasuk komoditas dari tanaman hias paling populer serta sudah dibudidayakan sejak lama dan diusahakan di negara Indonesia sebab mempunyai nilai ekonomi tinggi. Bunga mawar bisa tumbuh subur di area yang beriklim sedang. Selain itu, bunga mawar juga mempunyai banyak manfaat, diantaranya sebagai antiperadangan, antibakteri, antiviral, antidepresan sekaligus sebagai sumber dari vitamin C.

Jenis Tanaman Hias Mawar

Jenis Tanaman Hias Mawar Paling Terkenal

Berikut ini jenis-jenis tanaman hias mawar dan ciri-cirinya yang perlu Anda ketahui :

  • Ballerina Roses

Ballerina roses atau mawar ballerina adalah mawar indah, sekaligus sebagai salah satu tanaman mawar yang bisa diandalkan yang selalu berbunga secara terus menerus diantara semua jenis bunga mawar. Memiliki ciri-ciri bunganya berukuran kecil berwarna merah mudah soft memiliki warna tengah di bagian tengah mahkota, serta bagian benang sari menonjol dan berwarna emas. Ballerina Roses ini termasuk jenis mawar yang bersemak pendek, yang memiliki bunga dengan ciri khas seperti bunga hydrangea atau hortensia serta memiliki sedikit aroma.

  • Blaze Roses

Blaze roses merupakan jenis tanaman hias bunga mawar yang tumbuh secara merambat serta mampu menghasilkan kelimpahan berbagai bunga mawar yang warnanya merah menengah, memiliki jumlah rata-rata kelopak bunga sebanyak 25 lembar. Bunga ini mempunyai sedikit wangi serta mekar mulai dari cuaca atau musim panas hingga musim gugur jika ditanam di area dengan 4 musim, di negara Indonesia sendiri sepertinya dapat berbunga hingga sepanjang tahun sebab hanya mempunyai 2 musim, diantaranya musim hujan dan kemarau.

  • Bonica Roses

Bonica Roses adalah mawar semak dengan warna merah muda tapi sedikit lebih gelap, mempunyai diameter rata-rata bunga sekitar 3,8 cm yang memiliki kelopak bunga berjumlah 26-40 lembar, memiliki sedikit wangi, dapat mekar hingga berulang kali pada awal musim panas atau penghujung musim semi, dan memiliki toleransi dengan keteduhan.

  • Chrysler Imperiar Roses

Chrysler Imperiar Roses adalah jenis mawar semak yang warnanya merah tua memiliki bentuk persis seperti the berdiameter bunga yang sangat besar saat mekar, yaitu sekitar 12,7 cm rata-rata, memiliki kelopak bunga berjumlah 45-50 lembar, mempunyai aroma kuat, tahan akan bintik hitam, toleransi terhadap keteduhan, memiliki batang yang sangat berduri, dan tahan akan jamur. Dapat mekar hingga berulang kali pada awal musim panas atau pada penghujung musim semi.

  • Double Delight Roses

Double Delight Roses adalah sejenis tanaman mawar hias semak dengan warna merah campuran, dibagian ujungnya berwarna merah dan bagian tengah berwarna putih. Mempunyai aroma dari rempah-rempah kuat, memiliki kelopak berjumlah sampai 30 lembar berdiameter rata-rata sebesar 12,7 cm, tentan akan jamur dan bintik hitam, mekar 2 kali lipat, dan dapat mekar hingga berulang kali pada awal musim panas atau penghujung musim semi.

  • Iceberg Roses

Iceberg Roses adalah bunga mawar berwarna putih sebagai hasil kultivar spesies floribunda, mempunyai aroma kuat, mempunyai kelopak berjumlah 17-25 lembar berdiameter mahkota sekitar 5 cm. Bunga Iceberg Roses ini pertama kali dikembangkan oleh Reimer Kordes yang berasal dari Jerman di tahun 1958 silam.

  • Scentimental Roses

Scentimental Roses adalah sejenis tanaman hias bunga mawar semak yang memiliki warna merah terdapat garis-garis warna putih, sedikit memiliki garis berwarna ungu muda, memiliki aroma yang ringan sampai kuat, memiliki kelopak berjumlah 25036 lembar berdiameter rata-rata sekitar 12 cm, anti karat, anti bintik hitam, anti jamur, dapat mekar hingga berulang-ulang pada awal musim panas atau di penghujung musim semi.

Cara Menanam Bunga Mawar Di Dalam Pot

Karena keindahan dan kemudahan dalam membudidayakannya, banyak masyarakat Indonesia yang membudidayakan bunga mawar ini. Cara budidaya tanaman hias mawar di dalam pot sendiri memang tak terlalu sulit, dimana yang dibutuhkan yaitu keinginan Anda untuk belajar membudidayakannya. Hal tersebut disebabkan proses penanaman serta perawatan mawar mesti diperlakukan dengan khusus. Tak hanya menjaga kebutuhan gizi dan nutrisinya saja. Anda juga perlu memperhatikan kebutuhan kadar air pada tanaman ini. Di bawah ini beberapa langkah budidaya tanaman hias bunga mawar, berikut :

  • Persiapan Bibit Untuk Bunga Mawar

Tahap pertama proses penanaman bunga mawar yaitu persiapan bibit tanaman bunga mawar yang berkualitas. Jika Anda menginginkan waktu pembibitan yang tidak lama, Anda dapat membeli bibit tanaman mawar yang kini banyak dijual di toko-toko bunga. Sebaiknya pilihlah bibit berkualitas yang bagus serta tak memiliki ciri-ciri terkena penyakit. Jika Anda ingin melakukan proses pembibitan sendiri dapat mencoba memakai metode stek.

Sebaiknya pilih batang tanaman bunga mawar cukup tua lalu potong memakai pisau bersih sekitar 10 cm. Kemudian siapkan media untuk semai tanaman mawar dari pot atau polybag yang sudah diisi oleh campuran tanah dan pupuk kandang lewat perbandingan sekitar 2 : 1. Lalu dinginkan media untuk semai tadi dengan diangin-anginkan hingga 15 hari. Kemudian buat lebang di media semai berukuran 3-4 cm. Selanjutnya masukkan batang dari bunga mawar hasil stek tadi pada media semai dengan perlahan supaya kulitnya tak rusak. Kemudian tutup lubang menggunakan tanah dan letakkan di area yang terlindung paparan sinar matahari secara langsung.

  • Siapkan Media Tanam Untuk Bunga Mawar

Media tanam mawar di dalam pot biasanya berupa campuran dari pupuk kandang, tanah dan pasir melalui rasio 1:4:4. Lalu aduk media tersebut di atas hingga tercampur merata, lalu diamkan hingga 15 hari. Aplikasikan pupuk kandang hasil fermentasi maupun pupuk yang matang. Sementara untuk medianya sendiri Anda dapat memakai polybag atau pot namun disarankan memakai pot dari tanah. Sebab pot tersebut mempunyai sistem drainase baik. Pada ukurannya sendiri dapat disesuaikan berdasarkan keinginan, tapi jangan memakai pot dengan ukuran terlalu kecil sebab bisa mengganggu pertumbuhan pada tanaman ini.

  • Menanam Bunga Mawar di Media Tanam

Jika bibit telah tumbuh, ini merupakan sinyal dimana tanaman sudah siap untuk dipindahkan pada media tanam. Tahap awal yang mesti dilakukan yaitu dengan mengisi dasar pada media tanam menggunakan pecahan genting supaya air pada media tanam tak terlalu becek. Lalu isi pot memakai media tanam hingga setengah bagian, lalu masukkan bibit tanaman mawar tepat di bagian tengah pot. Lalu tambahkan media tanam lagi hingga pot penuh.

Lalu tekan bagian media tanam dengan perlahan supaya bibit bunga dapat berdiri tegak dan tak mudah roboh ketika disiram. Sesudah selesai menanam, tempatkan pot di tempat yang tak terpapar cahaya matahari secara langsung selama 1 minggu hingga tanaman siap.

Itulah tahapan-tahapan lengkap budidaya tanaman hias mawar untuk Anda yang tertarik membudidayakan tanaman ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *