Jenis Tanaman Kaktus Hias

Posted on

Tanaman Kaktus Hias – Kaktus merupakan salah satu jenis tanaman yang sebenarnya bisa hidup di dalam keadaan lingkungan yang panas, kurang air dan juga cenderung sangat kering. Hal ini tentu saja karena habitat dari tamana kaktus sendiri berasal dari gurun pasir, sehingga sangat mengharuskan kaktus bisa melakukan adaptasi dengan lingungan sehingga nantinya dapat bertahan lama.

Kaktus bisa beradaptasi karena memiliki daun dengan bentuk duri dimana ini bisa mengurangi proses penguapan. Selian itu, kaktus juga memiliki batang yang berlapis lilin sehingga bisa mempertahankan kadar dari air. Kaktus juga memiliki akar yang sangat panjang yang sudah tersebar disemua tanah sehingga bisa menyerap air dan juga unsur harga menjadi lebih maksimal.

Karena proses perawatannya yang cukup mudah, tak heran jika budidaya tanaman kaktus hias banyak dilakukan. Untuk jenis tanaman kaktus hias ini juga sangat beragam dan untuk setiap jenisnya memiliki keunikan dan keindangan masing – masing. Mulai dari segi bentuknya, warna bunganya hingga semua hal lainnya. Selain itu,  Cara budidaya tanaman hias yang gampang membuat banyak orang akhirnya menjual beberapa jenis kaktus dengan ukuran yang mini dan kecil. Dan beberapa jenis tanaman kaktus hias yang bisa menjadi pilihan untuk bibit tanaman kaktus anda adalah:

Tanaman Kaktus Ball Cactus (Parodia magnifica)

Kaktus Ball Cactus (Parodia magnifica)

Ball Cactus atau untuk nama latinnya adalah Parodia magnifica ini adalah salah satu spesies dari kaktus berbunga yang mana asalnya sendiri dari brazil selatan. Dan jenis tanaman kakrus Ball cactus ini sendiri setidaknya memiliki tinggi sekitar 7 hingga 15 cm. Dimana bentuknya dari kaktus ini memiliki banyak rusuk, berambut dan juga menghasilkan jenis bunga dengan warnanya kuning pucat. Dan sesuai dengan namanya sendiri, tanaman ini adalah salah satu jenis spesies dari kaktus yang mana bentuknya hampir mirip seperti bola dimana bagian pinggirnya sendiri dikelilingi oleh duri. Untk tanaman hias jenis ini biasanya akan tumbuh dengan cara yang berkelompok. Selain itu, kaktus ini tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung, sehingga untuk proses perawatannya anda harus meletakkannya di bagian yang sangat teduh.

Tanaman Kaktus Melocactus

Tanaman Kaktus Melocactus

Untuk jenis kaktus yang ini tumbuh di kawasan panas yang mana untuk penampilannya sendiri memang jauh lebih nyentrik. Untuk durinya sendiri memiliki ukuran yang jauh lebih panjang namun tidak akan membuat anda tertusuk, hal ini karena duri dari kakus melocactus ini memang cukup lemas saat anda menyentuhnya. Hanya saja untuk jenis duri yang kecil akan terasa cukup keras. Untuk bagian tubuhnya sendiri tidak semuanya memiliki duri, karena durinya hanya ada pada bagian sudut yang ada di bagian luarnya saja.

Tanaman Kaktus Zebra (Haworthia attenuata)

Tanaman Kaktus Zebra (Haworthia attenuata)

Jenis tanaman ini memang masuk dalam salah satu jenis kaktus yang terbaik, hal ini karena kaktus ini bisa tumbuh dalam sebuah ruangan karena memiliki tingkat adaptasi yang tinggi dengan cahaya yang rendah. Kaktus dengan nama latin Haworthia attenuata ini biasanya jauh lebih mirip dengan bentuk miniatur dari tanaman lidah buaya.

Tanaman Kaktus Lobivia Oganmaru

Tanaman Kaktus Lobivia Oganmaru

Untuk tanaman jenis hias mini ini adalah salah satu jensi tanaman kaktus yang hanya memiliki tinggi sekitar 5 cm, Dimana untuk Tanaman Kaktus Lobivia Oganmaru ini sendiri memiliki bentuk yang sangat unik, sangat cantik dan sangat menarik karena memiliki warna bunga kuning yang alami dan sangat mencolok. Sehingga akan sangat cocok jika diletakkan diatas meja kerja anda dan ruang tamu. Selain itu,  banyak yang menjadikan Tanaman Kaktus Lobivia Oganmaru ini sebagai tanaman hias indoor juga.

Cara Merawat Tanaman Kaktus Hias Agar Berbunga Lebih Cepat

Setelah mengenal beberapa jenis tanamana kaktus maka jika anda ingin membuat tamanan kaktus ini cepat berbunga maka ada beberapa langkah. Sebenarnya kaktus memang susah susah gampang saat anda merawatnya, namun anda harus jauh lebih teliti dalam proses merawatnya. Dan terutama adalah ketika proses penyiraman. Jika ingin berbunga dengan cepat ada baiknya untuk membersihkan bagian pot dan juga semua kotoran yang ada disampingnya. Jika anda sudah merawatnya dengan lebih baik maka tanaman ini nantinya bisa tumbuh dengan indah dan juga cantik.

Cara Merawat Kaktus Hias Agar Tumbuh Dengan Baik

Untuk proses merawat kaktus agar tumbuh dengan baik, maka ada beberapa tips yang bisa anda lakukan diantaranya adalah :

  • Jangan pernah menyiram terlalu banyak. Karena air yang berlebihan akan membuat kaktus cepat membusuk. Hal ini karena kaktus sebenarnya adalah tumbuhan yang hidup di habitat yang kering.
  • Letakkan ditempat yang bisa terkena paparan sinar matahari. Kaktus ini sendiri sangat suka jika terkena paparan sinar matahari, hal ini karena akan sesuai dengan habitat aslinya yang ada di gurun pasir yang memiliki panas yang tinggi. Selain itu, kaktus sendiri tidak cocok untuk tempat yang lembab karena dagingnya kaktus terlalu tebal akan tetap membusuk.
  • Proses pemilih bibit kaktus dan juga penanaman juga menjadi perhatian, karena dalam memilih bibit dan cara serta proses penanamannya juga menjadi perhatian. Bibit kaktus sendiri sebenarnya dapat ditaman mulai dari biji atau anakan. Tanaman ini bisa anda tanam langsung dipot atau bisa juga di langsung.
  • Diangin – anginkan dan juga disemprot. Jika adna menaruhnya diruangan, dalam waktu 3 hari sekali kaktus harus mendapatkan proses angin angin sehingga nantinya tidak akan lembab dan juga tidak akan mati. Proses untuk menyiiram Tanaman Kaktus Hiassebenarnya sangat berbeda dengan taman yang biasa.

Apa Yang Pengunjung Cari?

  • manfaat kaktus hias lobivia oganmaru
  • Perawatan kaktus lobivia oganmaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *