Aneka Jenis Tanaman Obat dan Khasiatnya

Posted on

Tanaman obat herbal kini banyak digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit hingga bisa memiliki kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.  Tanaman obat dan khasiatnya yang mampu menjaga kesehatan selain mudah didapatkan juga memiliki harga yang terjangkau. Saat ini, bahkan banyak suplemen kesehatan yang menyediakan ramuan khusus yang diracik menggunakan herbal hingga aman digunakan karena kandungan bahan kimia yang diminimalisir.

Selain tanaman yang memang khusus digunakan untuk obat-obatan, ternyata kita juga bisa meraih manfaat obat herbal dari bumbu dapur yang biasa kita gunakan. Selain membuat masakan menjadi lebih enak bumbu dapur tertentu juga memberikan dampak kesehatan yang baik. Dengan pengolahan dan penggunaan yang tepat, kita bisa menikmati bumbu dapur sebagi bahan yang kita gunakan untuk merawat dan menjaga kesehatan kita agar tetap stabil.

Bumbu dapur atau toga yang bisa kita beli di pasar maupun supermarket bisa kita tanam dalam pot untuk hiasan yang memiliki fungsi herbal. Macam macam tanaman toga dan khasiat yang unggul tentu akan lebih terjamin apabila kita tanam sendiri di rumah. Selain itu, dengan melakukan penanaman sediri kita akan memiliki stok yang cukup dan bisa juga untuk menekan pengeluaran belanja dapur kita. Beberapa tanaman bisa kita jadikan tanaman obat keluarga yang aman digunakan.

Tanaman Obat Merica Hitam dan Khasiatnya

Lada hitam atau disebut juga merica hitam merupakan jenis tanaman merambat yang bisa dikembangkan dengan mudah. Untuk membuat merica hitam kita bisa mengeringkan merica bersama dengan kulitnya sehingga akan berwarna hitam. Khasiat merica hitam yang diketahui adalah untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit kanker pada tubuh. Selain itu, kita juga bisa menggunakan lada hitam untuk mengatasi perut kembung karena asam lambung yang tidak terkontrol.

Tanaman Obat Kayu Manis dan Manfaatnya

Kayu manis yang bisa kita beli di pasar maupun supermarket selain untuk menyedapkan masakan, juga memiliki manfaat yang luar biasa. Kandungan anti oksidan yang dimiliki jenis tanaman obat ini mampu mengatur kadar gula dalam darah. Selain itu, tanaman ini juga bisa kita gunakan untuk mengendalikan kolesterol jahat yang mengganggu kesehatan keluarga. Berbagai manfaat yang ada bisa membuat darah kita menjadi lebih berkualitas dan memiliki peredaran yang lancar.

Tanaman Obat Keluarga Cabai dan Khasiatnya

Tanaman cabai sangat baik ditanam selain memiliki harga yang tinggi juga kaya akan manfaat. Cabai yang banyak mengandung vitamin C ini bisa kita gunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Manfaat umum yang telah dikenal dengan mengkonsumsi obat herbal cabai ini adalah bisa meningkatkan nafsu makan. Namun selain itu, cabai juga banyak digunakan untuk meningkatkan metabolisme sehingga mempercepat penyembuhan dan membuat badan menjadi lebih bugar.

Tanaman Obat Kunyit dan Manfaatnya

Untuk tanaman akar ini, sangat populer untuk pencegahan dan pengobatan penyakit kanker sehingga banyak digunakan sebagi obat herbal. Macam tanaman obat dan khasiatnya yang beragam ini selain untuk mengobati penyakit tersebut juga bisa digunakan untuk melancarkan menstruasi bagi Anda yang sedang datang bulan. Dengan melakukan konsumsi secara rutin, kunyit juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga akan sangat baik digunakan secara harian.

Tanaman Obat Keluarga Jahe dan Khasiatnya

Jahe sangat populer di dalam dan luar negeri karena fungsinya yang bisa digunakan secara fleksibel baik pada makanan maupun minuman yang bersifat menghangatkan badan. Jahe juga kaya manfaat karena dapat digunakan untuk mencegah kanker usus dan mengatasi gangguan pencernaan. Bagi Anda yang memiliki masalah berat badan, mengkonsumsi jahe juga akan memperlancar pembakaran lemak tubuh hingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk menurunkan kelebihan berat badan.

Kualitas manfaat dan khasiat tanaman obat bisa didapatkan secara optimal apabila pengolahan dilakukan sesuai dengan standar penggunaan obat herbal. Karena itu, meskipun menggunakan bahan yang sama, pengolahan obat yang dilakukan oleh ahlinya akan memiliki efek yang lebih optimal. Untuk itu, kita perlu mempelajari berbagai cara pengolahan dan penggunaan tanaman toga dan tanaman obat dengan baik hingga kita bisa mendapatkan fungsi maksimal dari tanaman tersebut.

Secara umum, jenis tanaman obat keluarga dan kegunaannya bisa kita amati dari bahan tanaman yang digunakan untuk pengobatan maupun bumbu. Untuk tanaman tertentu, akan secara spesifik menggunakan bagian tanaman yang telah terbukti memiliki khasiat lebih dibandingkan dengan bagian lain. Misalkan untuk cabai menggunakan bagian buah cabai, untuk jahe dan kunyit menggunakan bagian akar, sementara kayu manis menggunakan batang dan kulit batang.

Selain itu, berbagai tanaman obat juga bisa menggunakan bagian daun dan bunga. Sehingga kita bisa simpulkan bahwa semua bagian tanaman akan memiliki fungsi sesuai dengan jenis tanaman yang ada. Selain bagian tanaman, pengolahan sebelum dibuat obat herbal juga bisa meningkatkan khasiat yang ada. Misalkan untuk tanaman obat yang menggunakan akar, seperti jahe, kunyit, dan jenis tanaman lainnya akan sangat baik bila dilakukan penjemuran dibawah sinar matahari sebelum digunakan.

Tanaman obat dan khasiatnya yang luar biasa ini meskipun telah terbukti manfaatnya bagi kesehatan juga harus dikonsumsi dengan bijaksana. Hal ini dilakukan khususnya bagi Anda yang sedang melakukan pengobatan atau dalam kondisi khusus misalkan dalam masa pengobatan, pemulihan, hamil, maupun menyusui. Sebaiknya untuk mengkonsumsi obat herbal dalam kondisi khusus tersebut akan lebih baik bila dilakukan dalam supervisi tenaga medis sehingga akan memberikan efek positif bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *