Kandungan dan Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan

Posted on

Tahukah Anda bahwa selain memiliki rasa yang enak, ternyata labu kuning juga memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat Labu Kuning ini bahkan sudah diteliti oleh banyak ahli, sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi kebenarannya. Kebanyakan orang pastinya mengenal labu kuning atau bahkan sering mengkonsumsinya. Pasalnya, labu ini seringkali dijadikan sebagai bahan campuran membuat es buah. Labu kuning juga dikenal dengan nama waluh. Meskipun dicampur dengan segala macam minuman, labu kuning tetap memiliki rasa unik yang khas dan sangat lezat. Dikenal sebagai labu kuning karena labu ini memang berwarna kuning agak orange. Selaras dengan rasanya yang nikmat dan segar, labu kuning memiliki berbagai manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

5 Kegunaan Labu Kuning Untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat dari buah labu kuning. Manfaat tersebut dikarenakan kandungan yang terdapat di dalamnya. Kandungan dalam labu kuning diantaranya adalah kalori, protein, lemak, seng, zat besi, kalsium, beta karoten, fosfor, dan tembaga. Selain itu, labu kuning juga mengandung vitamin yang lengkap mulai dari vitamin A, B6, C, E, lutein, niasin dan vitamin K.

Dengan mengkonsumsi labu kuning secara rutin, tentunya Anda bisa menjaga kesehatan tubuh. Disamping itu, terdapat juga karbohidrat yang akan membuat Anda terasa kenyang. Melihat manfaatnya tersebut, tak heran jika labu kuning seringkali dijadikan sebagai menu diet. Karena efek kenyang tersebut dapat membuat seseorang mengurangi porsi makannya. Labu kuning juga sangat baik untuk melancarkan pencernaan karena mengandung banyak serat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah 5 Manfaat Labu Kuning yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Labu Kuning

  1. Mencegah Hipertensi

Anda atau orang terdekat memiliki masalah tekanan darah yang tinggi? Maka mengkonsumsi buah labu secara teratur bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat. Karena fungsi Labu Kuning untuk kesehatan yang pertama adalah mengontrol tekanan darah agar tetap seimbang sehingga tidak mengakibatkan hipertensi.

Karena seperti yang diketahui, salah satu penyakit degenaratif yang seringkali diderita masyarakat Indonesia adalah darah tinggi atau hipertensi. Penyakit ini muncul akibat pola hidup yang tidak sehat. Kebanyakan penderitanya adalah wanita dewasa yang sudah melewati masa menopause. Meskipun demikian, penyakit ini tetap bisa menghampiri siapa saja. Labu kuning dapat mencegah penyakit hipertensi karena mengandung kalium. Dimana kalium ini sangat baik untuk mengontrol tekanan darah.

 

  1. Menyehatkan dan menjaga mata

Seperti yang sempat disinggung, labu kuning mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A sangat baik untuk menyehatkan mata. Karena pada dasarnya, semakin tua seseorang maka semakin keruh pula lensa pupil matanya. Oleh karena itu, dokter selalu menganjurkan pasien sakit mata untuk mengkonsumsi buah atau sayuran yang banyak mengandung vitamin A. Salah satu buah yang banyak mengandung vitamin A adalah labu kuning. Jadi, konsumsilah labu kuning secara teratur untuk menjaga kesehatan mata.

 

  1. Membantu menguatkangigi dan tulang

Kegunaan Labu Kuning selanjutnya adalah membantu menguatkan gigi dan juga pembentukan tulang. Labu kuning mengandung kalsium yang tinggi sehingga bisa dimanfaatkan untuk membantu menguatkan gigi dan tulang. Oleh karena itulah mengapa labu kuning sangat bagus untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Dimana mereka membutuhkan nutrisi yang cukup untuk pembentukan tulang dan gigi. Tak hanya kalsium, buah labu kuning juga mengandung fosfor yang juga bermanfaat untuk pembentukan dan penguatan gigi serta tulang. Hal inilah yang membuat para lansia dianjurkan untuk mengkonsumsi labu kuning yang diketahui kaya akan fosfor dan juga kalsium.

 

  1. Mencegah kanker

Manfaat Labu Kuning selanjutnya adalah mencegah radikal bebas. Perlu diketahui bahwa radikal bebas adalah penyebab adanya sel-sel yang berkembang secara abnormal sehingga menyebabkan penyakit kanker. Ternyata, buah labu kuning memiliki kandungan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Kandungan dalam labu kuning yang diketahui dapat mencegah kanker adalah vitamin C nya yang tinggi.

Vitamin C mengandung senyawa antioksidan yang tinggi dan sangat bermanfaat menjaga ketahanan sel tubuh agar tidak mudah rusak. Intinya, vitamin C ini berperan dalam menjaga sistem imunitas tubuh atau daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Tak hanya itu, labu kuning juga mengandung proliferasi limfosit limpa. Kandungan ini dietahui dapat membunuh sel racun dalam tubuh hingga sel-sel kanker. Apalagi dalam labu kuning juga terdapat kandungan beta karoten yang sangat ampuh untuk mengurangi dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

  1. Anti inflamasi

Manfaat Labu Kuning yang kelima adalah sebagai anti inflamasi. Ternyata selain dapat mencegah penyakit kanker, kandungan beta karoten dalam labu kuning juga bisa dimanfaatkan menjadi zat anti inflamasi. Dengan adanya kandungan tersebut, risiko pembengkakan pada tubuh akan semakin berkurang. Senyawa anti inflamasi dalam labu kuning juga berfungsi untuk meredakan rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh. Dengan mengkonsumsi labu kuning secara rutin, nyeri pada tubuh bisa dicegah sedini mungkin.

 

Melihat ulasan terkait dengan ulasan di atas, tentunya Anda tidak pernah membayangkan bukan? Betapa banyaknya manfaat dari labu kuning? Padahal, Anda sering sekali mengkonsumsinya dalam bentuk sop buah atau es campur. Saat hari puasa, labu kuning juga sering dijadikan sebagai salah satu bahan membuat kolak.

Demikianlah informasi terkait dengan 5 Manfaat Labu Kuning untuk kesehatan. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan Anda terkait dengan manfaat buah labu kuning bagi kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *