Khasiat Dan Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Posted on

Daun jambu biji untuk kesehatan tidak kalah bermanfaat karena juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang dapat mengatasi berbagai masalah. Apalagi buah jambu biji sudah terkenal mengandung berbagai zat menyehatkan sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Jambu biji adalah tumbahan yang berada di kelas Magnoliopsida atau tumbuhan dikotil yang memiliki biji berkeping dua. Menurut klasifikasi daun jambu biji, tumbuhan ini masuk dalam tanaman yang memiliki pembuluh atau Tracheobionta.  Genus pada tanaman ini adalah Psidium dan masuk pada spesies Psidium Guajava L.

Khasiat Dan Manfaat Daun Jambu Biji

Kandungan daun jambu biji antara lain vitamin C, flavonoid dan quercetin yang dapat berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Tak heran jika ekstrak daun jambu biji kini diolah menjadi berbagai obat oleh berbagai industri atau pabrikan farmasi.

  1. Mengobati diare

Daun jambu biji memiliki kandungan astringents yang mampu mengobati diare. Cara kerja daun jambu biji ialah dengan membasmi pertumbuhan mikroba dan meluruhkan lender pada usus berpotensi memperparah diare. Kandungan kalium, karotenoidm vitamin C dan astringentsnya juga mampu memperkokoh system pencernaan dan menjadi disinfektan yang tangguh. Cara mengkonsumsinya cukup dengan mengunyah daun jambu muda yang sudah dicuci.

  1. Mengoptimalkan kerja tiroid

Zat tembaga dalam daun jambu biji sangatlah bagus untuk mengoptimalkan kerja metabolisme tiroid. Kerja efektif dari tiroid akan membuat fungsi hormon dan sistem organ tubuh dapat berjalan dengan baik dalam menyuplai kebutuhan nutrisi.

  1. Mengobati hipertensi

Konsumsi daun jambu biji dapat menetralkan tekanan darah karena kandungan hipoglikemiknya. Kombinasi serat dengan zat tersebut juga dapat mengoptimalkan cara kerja jantung sehingga membuat sistem peredaran darah kembali normal dan jauh dari ancaman berbagai penyakit seperti stroke dan serangan jantung.

  1. Menurunkan batuk dan demam pada anak atau orang dewasa

Daun dan buah jambu biji dengan kandungan vitamin C nya dapat  melawan virus yang membuat batuk. Buah dan daun jambu juga mampu meredakan demam dan dapat berfungsi aktif sebagai disinfektan yang dapat memgurangi dahak serta meminimalisasi pertumbuhan mikroba pada paru-paru dan saluran pernapasan.

  1. Memperjelas penglihatan

Daun jambu juga mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Konsumsi buah atau daun jambu biji mampu meregenerasi macula dan mencegah adanya katarak. Zat aktifnya juga mampu mengurangi resiko penurunan kemampuan mata ketika usia semakin tua.

  1. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini dapat menyerang siapa saja karena berbagai faktor seperti polusi dan pola hidup. Kulit wajah akan terlihat kusam dan lebih banyak kerutan adalah salah satu tandanya. Untuk itu, konsumsi secara rutin rebusan buah dan daun jambu biji dapat mencegah dan menghilangkan tanda-tanda penuaan dini pada area wajah.

Manfaat daun jambu biji untuk kolesterol

Kolesterol yang terdapat dalam tubuh membuatnya rentan akan berbagai macam penyakit. Jika terus dibiarkan, maka lama-kelamaan kolesterol akan menumpuk serta menyumbat pembuluh darah. Ini merupakan akar terjadinya penyakit lain seperti jantung dan stroke, karena itulah penting untuk menurunkan kadar kolesterol yang terdapat dalam darah.

Selain buahnya, ternyata daun jambu juga sangat baik dikonsumsi untuk mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Daun jambu biji mampu mengontrol dan mengurangi kadar koletserol dalam tubuh. Anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi buahnya secara langsung. Atau dapat dilakukan dengan mengkonsumsi teh daun jambu biji untuk mengurangi dan menetralkan kadar kolsterol dalam tubuh.

Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Diabetes

Pada penderita diabetes, kadar gula di dalam darah akan meningkat secara drastis sehingga banyak pantangan yang harus dilakukan. Meskipun ada yang disebabkan oleh keturunan, namun penyakit ini juga sering disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia justru akan mengakibatkan ketergantungan serta memberi efek yang buruk bagi kondisi ginjal. Untuk itu, beralih pada pengobatan tradisional atau herbal merupakan langkah yang tepat. Jambu biji dan daun jambu biji memiliki kandungan yang mampu bekerja secara aktif dalam menghambat enzim alpha-glukosidiase yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Senyawa yang terkandung dalam buah atau daun jambu biji juga mampu mengubah serapan karbohidrat dalam tubuh menjadi glukosa. Kandungan serat buah dan daun jambu biji juga dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu, serat pada buah dan daun jambu biji juga dapat menurunkan kadar insulin dan glukosa dalam darah.

Buah jambu biji dapat dikonsumsi secara langsung atau dibuat jus. Sedangkan untuk daunnya, ambillah beberapa helai daun jambu biji yang masih muda kemudian dicuci bersih. Kunyahlah mentah-mentah daun tersebut dan telan airnya.

Manfaat daun jambu biji untuk wajah

Buah dan daun jambu biji juga bermanfaat bagi kecantikan wajah. Kandungan zat astringents, vitamin A, vitamin B, vitamin C serta potassium dapat menjadi antioksidan bagi kulit wajah sehingga kulit wajah dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Kandungan tersebut juga mampu mengenyalkan dan menghaluskan kulit wajah. Konsumsi buah atau daun jambu biji secara langsung dapat mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah, antara lain:

  1. Menghilangkan jerawat
  2. Mengontrol kandungan minyak berlebih
  3. Menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat.

Selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah atau daun jambu biji dapat juga dikonsumsi dengan cara meminum air rebusan buah dan daunnya. Dengan konsumsi secara teratur maka Anda akan mendapatkan berbagai manfaat daun jambu biji untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *