Khasiat Daun Sirsak

Posted on

Khasiat daun sirsak sangatlah banyak. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian banyak ahli kesehatan. Tidak hanya mengobati penyakit ringan, daun sirsak juga terbukti ampuh menyembuhkan penyakit berbahaya seperti kanker.

Mengapa bisa daun ini mempunyai keampuhan luar biasa? Tak mengherankan, karena di dalamnya mengandung berbagai senyawa kimia, seperti lactones (annohexocina; annomuricina A, B, C, E; annopentocinas A, B, C; muricoreacina, javoricina; dan sebagainya), isoquinoline (anonaine, anoniine, coreximine, atherospermine), dan lipid (asam lignoceric, asam gentisic, CLA, asam stearat). Senyawa-senyawa inilah yang terbukti ampuh mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan manusia.

# Khasiat Daun Sirsak untuk Obat Tradisional

Akhir-akhir ini, hasil penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak dapat digunakan sebagai obat tradisional. Kontan saja, tanaman yang pada awalnya hanya dimanfaatkan buahnya saja, kini daun juga diambil manfaatnya untuk mengatasi penyakit. Tidak hanya itu saja, berdasarkan penelitian juga, ternyata kulit dan akar dari tanaman sirsak juga mempunyai khasiat ampuh bagi kesehatan manusia. Tak heran jika kemudian tanaman sirsak sering disebut sebagai tanaman super hebat.

Biasanya, daun sirsak digunakan sebagai obat luar dan dalam. Sebagai obat luar, daun sirsak ditumbuk hingga halus, kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Sedangkan, sebagai obat dalam, biasanya daun sirsak direbus hingga masak dan disaring, kemudian dikonsumsi secara rutin. Ternyata, tidak perlu biaya mahal untuk bisa terbebas dari penyakit, yang bahkan terkenal sangat mengerikan bagi masyarakat Indonesia, seperti kanker. Daun sirsak terbukti mampu mengatasinya.

Khasiat Daun Sirsak untuk Menyembuhkan Asam Urat

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, daun sirsak mampu mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan. Nah, salah satu khasiat daun sirsak untuk kesehatan adalah menyembuhkan asam urat. Meskipun saat ini banyak tersedia berbagai macam obat asam urat, alangkah lebih baik menggunakan bahan tradisional yang tidak banyak mengandung zat kimia seperti obat. Adapun cara meramunya adalah sebagai berikut:

  1. Ambil 6 hingga 10 lembar daun sirsak tua yang masih hijau, kemudian dicuci sampai bersih.
  2. Rebus daun sirsak tersebut dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas saja.
  3. Angkat dan saring, kemudian tunggu hingga hangat.
  4. Minum air rebusan daun sirsak tersebut dua kali sehari secara rutin, pagi dan sore.

# Khasiat Daun Sirsak untuk Mengobati Kanker

Inilah manfaat daun sirsak yang sangat fenomenal. Penyakit yang selama ini menjadi momok bagi sebagian besar masyarakat dunia, yaitu kanker, ternyata mampu diatasi dengan daun sirsak. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu menghambat perkembangan sel kanker. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa bahan aktif yang ada di dalamnya mempunyai kekuatan 10.000 kali lebih besar daripada kemoterapi dalam mengatasi sel-sel kanker. Adapun cara meramu daun sirsak adalah sebagai berikut:

  1. Ambil 10 lembar daun sirsak, kemudian dicuci bersih.
  2. Rebus daun sirsak tersebut dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas saja.
  3. Setelah mendidihkan, saring dan diamkan hingga dingin.
  4. Konsumsi air rebusan tersebut secara rutin setiap pagi.
  5. Untuk hasil maksimal, lakukan pengobatan ini selama 3–4 minggu secara berturut-turut.

# Khasiat Daun Sirsak untuk Mengobati Wasir

Sebenarnya, wasir bukan penyakit berbahaya, namun sangat mengganggu penderitanya dalam melakukan aktivitas. Rasa nyeri akibat benjolan yang muncul dari bagian dubur membuatnya tidak nyaman untuk duduk. Bahkan, untuk wasir stadium 4, akan keluar darah pada bagian ini dan penderita mengalami kesakitan luar biasa. Namun, jangan khawatir, penyakit ini dapat diatasi dengan rebusan daun sirsak. Adapun cara merebus daun sirsak adalah sebagai berikut:

  1. Ambil 7 daun sirsak segar, kemudian cuci bersih.
  2. Rebus dalam 7 gelas air hingga tersisa satu gelas.
  3. Saring dan diamkan hingga dingin.
  4. Minumlah secara teratur setiap hari hingga wasir menghilang.

# Khasiat Daun Sirsak untuk Mengobati Eksim dan Rematik

Bagi penderita rematik, di setiap persendian akan terasa nyeri luar biasa. Jika tidak segera diatasi, bisa mengakibatkan kelumpuhan. Sementera itu, eksim adalah gangguan kesehatan kulit. Kulit akan bersisik, terasa sangat gatal, dan sakit. Ternyata, dua penyakit tersebut, rematik dan eksim, mampu diatasi dengan ramuan dari daun sirsak. Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Ambil beberapa daun sirsak, kemudian cuci hingga bersih.
  2. Haluskan daun tersebut dengan ditumbuk hingga halus.
  3. Oleskan pada bagian tubuh yang nyeri akibat rematik atau bagian kulit yang terkena eksim.
  4. Diamkan sampai ramuan daun sirsak mengering, kemudian bersihkan dengan air bersih.
  5. Untuk hasil maksimal, lakukan pengobatan secara rutin setiap dua kali sehari.

# Manfaat Daun Sirsak untuk Kista Ovarium

Kista merupakan benjolan yang terdapat dalam ovarium. Isi dari benjolan ini dapat berupa cairan kental, nanah, ataupun udara. Pada dasarnya, kista merupakan tumor jinak. Namun, penyakit ini bisa menjadi kanker dan berbahaya jika berisi zat padat. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memanfaatkan daun sirsak. Adapun caranya sebagai berikut:

  1. Ambil 15 lembar daun sirsak segar, kemudian cuci bersih.
  2. Rebus dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas.
  3. Saring dan dinginkan, kemudian konsumsi secara teratur.

Tindakan medis merupakan tindakan pamungkas dalam mengatasi penyakit. Selagi masih bisa diusahakan dengan tanaman herbal, mengapa tidak? Selain murah dan mudah didapat, tanaman herbal juga tidak memberikan efek samping. Dan, salah satu cara penggunaan tanaman herbal tersebut adalah dengan mengambil manfaat dari khasiat daun sirsak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *