Khasiat Buah Strawberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Strawberry adalah tanaman yang masuk dalam famili Rosaceae. Selain karena rasanya yang enak, Khasiat buah Strawberry juga sudah terkenal hingga mendunia. Buah ini awalnya dibudidayakan di wilayah Amerika Utara dan dikenal dengan nama Wuttahimheash. Pengertian buah strawberry pada dasarnya diambil dari bahasa Yunani Kuno dan dijadikan sebagai lambang dari dewi cinta. Lantas, apa saja manfaat dari buah strawberry untuk kesehatan? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Khasiat Buah Strawberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Strawberry untuk Kesehatan

  1. Mengatasi Stroke

Manfaat dari buah strawberry untuk kesehatan adalah mengatasi stroke. Hal ini dikarenakan adanya kandungan Antioksidan quercetin, antosianin dan kaempferol dalam buah strawberry yang terbukti ampuh untuk mengurangi terjadinya pembekuan darah yang menjadi penyebab stroke. Tak hanya itu, kandungan Kalium dalam buah strawberry juga sangat ampuh untuk menurunkan resiko terkena stroke.

  1. Alergi dan Asma

Khasiat lainnya adalah memberikan efek anti alergi dan juga asma. Strawberry mengandung senyawa anti inflamasi berupa quercetin. Dimana senyawa tersebut dapat mengurangi gejala alergi seperti gatal-gatal, hidung meler, mata berair dan lain sebagainya. Kandungan vitamin C dalam buah strawberry juga berkhasiat untuk mengurangi gejala asma.

  1. Mencegah Hipertensi

Strawberry mengandung Kalium dengan jumlah yang tinggi sehingga tak heran jika sangat disarankan untuk para penderita hipertensi. Khasiat ini bahkan sudah diuji oleh para ahli sehingga tidak perlu diragukan lagi kebenarannya.

  1. Mengatur Gula Darah

Bagi penderita diabetes atau penyakit gula darah tentunya wajib mengkonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik rendah. Strawberry adalah salah satu buah yang mengandung indeks glikemik rendah serta kaya akan serat sehingga sangat baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah agar tetap stabil.

  1. Pencegahan Kanker

Manfaat buah Strawberry selanjutnya adalah mencegah kanker. Hal ini dikarenakan buah strawberry mengandung senyawa antioksidan yang tinggi. Dimana senyawa ini berfungsi untuk melawan radikal bebas, mengurangi peradangan pada tubuh dan menghambat perkembangan tumor yang memicu muncunya sel kanker.

Manfaat Strawberry untuk Wajah

Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah strawberry juga memiliki banyak sekali khasiat untuk wajah. Hal ini tentu saja dikarenakan nutrisi yang terkandung di dalam buah strawberry. Penasaran apa saja manfaat strawberry untuk perawatan wajah? Berikut ini adalah ulasannya.

  1. Menghilangkan kerutan

Khasiat buah Strawberry untuk wajah yang pertama adalah menghilangkan kerutan dan garis-garis halus pada kulit. Kerutan ini biasanya akan muncul pada usia 30 tahun ke atas sebagai tanda dari penuaan. Mengkonsumsi dan menggunakan strawberry ini sebagai masker akan membuat wajah Anda lebih awet muda.

  1. Membersihkan kulit

Buah strawberry juga bisa dijadikan sebagai pembersih kulit alami. Dalam ekstrak strawberry, terkandung asam salisilat, exfoliant, antioksidan vitamin C yang sangat bagus untuk dijadikan sebagai pembersih wajah dan juga masker. Senyawa antioksidan dalam buah strawberry ada dalam bentuk asam ellagic. Senyawa ini dapat mempertahankan keremajaan kulit dan menghalangi kerusakan kulit. Asam salisilat dalam strawberry berfungsi untuk mengencangkan kulit sekaligus menghilangkan sel-sel kulit mati. Tak hanya itu, strawberry juga bisa digunakan untuk mencegah munculnya jerawat pada wajah.

Manfaat Strawberry untuk Gigi

Selain untuk kesehatan tubuh dan wajah, strawberry juga diketahui sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Khasiat buah Strawberry untuk gigi sangat banyak. Salah satunya adalah strawberry bisa dibuat menjadi pasta gigi. Hal inilah yang membuat banyak pasta gigi di pasaran menggunakan buah strawberry sebagai salah satu bahan pembuatannya. Strawberry mengandung zat antibakteri yang sangat baik untuk melindungi gigi dari kerusakan-kerusakan yang diakibatkan oleh bakteri. Manfaat buah strawberry untuk gigi lainnya adalah mencegah flourosis email yakni kerusakan email gigi yang disebabkan meningkatnya konsentrasi flour pada ameloblast saat pembentukan email gigi, mMencegah karies gigi (penyakit gigi) dan mengurangi plak pada gigi. Selain itu, strawberry juga bisa dijadikan sebagai self cleaning alami yang aman untuk gigi.


Manfaat buah strawberry untuk kesuburan

Tahukah Anda bahwa ternyata strawberry juga sangat baik untuk meningkatkan kesuburan pria. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin B5, B6, mangan, magnesium dan kalium. Yang mampu menjaga sirkulasi dan pembuluh darah agar bisa bekerja dengan optimal. Vitamin C yang terkandung dalam strawberry juga sangat baik untuk meningkatkan gairah seksual dan meningkatkan jumlah sperma sehingga kemungkinan terjadinya pembuahan semakin meningkat. Buah strawberry juga bisa mengatasi masalah sperma yang tidak sempurna atau encer sehingga pembuahan dengan sel telur bisa berjalan dengan baik.

Manfaat Strawberry untuk Bibir

Strawberry juga bermanfaat untuk membuat bibir merah merona secara alami. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengusap-usap buah strawberry yang sudah dicuci dan dibelah dua pada bibir dan tunggu hingga 30 menit. Lakukan tiap hari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

 

Manfaat strawberry untuk diet

Strawberry mengandung air yang cukup tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung serat layaknya anggur. Dengan mengkonsumsi strawberry secara teratur, pencernaan akan lebih lancar karena zat-zat sisa makanan bisa dicerna dengan lebih mudah. Dengan begitu, program diet Anda akan berhasil. Selain itu, buah ini juga mampu meningkatkan produksi hormon terkait dengan nafsu makan.

 

Manfaat strawberry untuk ibu hamil

Ada banyak sekali manfaat strawberry untuk ibu hamil. Hal ini tentu saja karena kandungan asal folat yang ada di dalam strawberry dan berbagai nutrisi penting lainnya. Manfaat strawberry untuk ibu hamil diantaranya adalah mencegah anemia, mencegah kecacatan pada bayi, memperbaiki suasana hati ibu hamil dan lain sebagainya.

 

Selain memiliki banyak sekali manfaat, cara menanam buah strawberry juga sangat mudah. Bahkan tak sedikit pula orang yang membudidayakan tanaman strawberry pada lahan yang minim. Demikianlah ulasan mengenai Khasiat buah Strawberry, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *