Makanan Berlemak Yang Bermanfaat

Posted on

Makanan Berlemak yang Bermanfaat adalah makanan yang bisa kita manfaatkan dengan baik untuk mendapatkan cukup persediaan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Memang secara umum lemak hanya dikaitkan sebagai zat yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Namun Anda perlu tahu bahwa ada beberapa jenis lemak dan tidak semua diantaranya memiliki dampak yang buruk bagi tubuh. Berdasarkan unsur kimia di dalamnya maka lemak bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak yang bisa Anda konsumsi jika Anda tidak ingin terlalu gemuk adalah lemak tak jenuh, lemak ini tidak akan menyebabkan kegemukan dan justru baik untuk tubuh. Pada dasarnya lemak memang dibutuhkan dalam tubuh, lemak sangat berperan penting dalam memproduksi energi dalam tubuh yang akan membantu Anda dalam melakukan aktivitas Anda sehari-hari, lemak juga merupakan cadangan dari makanan dalam tubuh sehingga Anda tidak akan merasa cepat lapar, lemak juga berfungsi dalam meleburkan vitamin untuk diserap tubuh dan masih ada beberapa fungsi lainnya dari lemak untuk tubuh Anda.

6 Jenis Makanan Berlemak Yang Bermanfaat Untuk Tubuh

Agar Anda lebih memahami tentang jenis makanan berlemak yang bisa bermanfaat bagi tubuh Anda. Maka berikut ada 6 Jenis Makanan Berlemak yang Bermanfaat Untuk Tubuh :

Butter

Melihat tekstur dari butter saja sudah terlihat bahwa bahan makanan ini mengandung lemak. Namun ternyata lemak yang terdapat dalam butter adalah lemak yang dibutuhkan tubuh. Selain lemak ada juga vitamin E dan vitamin A yang keduanya sangat baik untuk kesehatan kulit dan mata. Dengan mengkonsumsi butter maka Anda bisa mendapatkan manfaat lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda. Tentu saja Anda tidak bisa mengkonsumsi butter tanpa tambahan apapun. Anda bisa menggunakan butter untuk tambahan saat Anda mengkonsumsi roti atau saat Anda membuat kue dengan begitu Anda bisa mendapatkan manfaat dari butter. Tentunya butter tidak akan membuat Anda menjadi gemuk hanya karena memakannya.

Kacang – kacangan

Kacang-kacangan juga mengandung lemak yang dibutuhkan tubuh. Bahkan lemak yang ada dalam kacang-kacangan tidak berbahaya bagi penderita kolesterol. Justru lemak yang ada dalam kacang-kacangan bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh manusia. Terutama lemak yang ada dalam kacang kedelai yang akan sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Sedangkan jenis kacang lain seperti kacang kenari sangat baik karena di dalamnya mengandung lemak yang berguna untuk perkembangan otak manusia. Ada juga kacang-kacangan lain yaitu kacang Macademia yang mengandung lemak dan vitamin E yang tinggi. Kacang juga merupakan sumber makanan berserat yang baik sehingga dengan rajin mengkonsumsi kacang maka dipastikan pencernaan Anda pun pasti lancar.

Buah Alpukat

Buah alpukat memang merupakan bahan makanan yang terlihat sangat berlemak, namun tenang saja karena buah alpukat bukanlah merupakan makanan yang mengandung lemak jahat. Sebaliknya buah alpukat mengandung lemak yang baik yaitu lemak tak jenuh. Seperti yang sudah disebutkan bahwa lemak tak jenuh adalah jenis lemak yang baik dan bisa mengikat kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga buah alpukat baik dikonsumsi penderita kolesterol. Untuk orang yang sedang menjalani diet pun buah alpukat adalah sumber makanan terbaik agar Anda bisa tetap mendapatkan kandungan lemak yang dibutuhkan tubuh tanpa menambah berat badan Anda sama sekali. Bahkan buah alpukat ini bisa bermanfaat untuk mengatasi kanker mulut. Sungguh bermanfaat.

Susu Berlemak

Sangat penting untuk mengkonsumsi susu bahkan saat Anda sudah tumbuh dewasa. Persediaan kalsium yang besar terdapat dalam susu maka dari itu sebaiknya Anda harus mengkonsumsi susu setiap hari terutama untuk para wanita, yang pada saat setelah melahirkan dan nantinya pada saat menopause akan sangat banyak kehilangan kalsium. Susu berlemak bukanlah makanan yang mengandung lemak jahat, maka dari itu Anda tidak boleh ragu untuk mengkonsumsinya. Selain lemak dan kalsium, terdapat juga kandungan protein yang sangat banyak dalam susu yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Coklat Hitam

Coklat hitam merupakan makanan yang mengandung lemak baik. Coklat hitam adalah coklat asli yang rasanya lebih pahit daripada coklat yang sudah diolah dan sudah dikemas yang merupakan coklat yang sering ditemukan di pasaran. Coklat hitam biasanya lebih jarang beredar karena rasanya yang pahit itu yang membuatnya tidak sepopuler coklat olahan yang biasa Anda makan. Namun sumber dari lemak baik ada pada coklat hitam. Maka dari itu bagi Anda penyuka coklat yang tidak ingin mengalami kegemukan bisa mengkonsumsi coklat hitam sebagai gantinya, pada saat Anda merasa ingin memakan coklat. Jenis coklat hitam juga sangat baik untuk kesehatan jantung Anda, meski coklat olahan pun sangat baik untuk jantung, namun khasiat itu berlipat ganda terdapat dalam coklat hitam.

Kuning telur

Jika Anda mengira bahwa semua bagian telur itu berlemak maka Anda memiliki pemahaman yang salah. Kandungan terbesar di dalam telur adalah protein dan lemak, bagian yang putih mengandung lemak sedangkan bagian yang kuning mengandung lemak. Maka dari itulah kuning telur sering disebut sebagai Makanan Berlemak yang Bermanfaat. Karena memang lemak yang ada dalam kuning telur adalah lemak yang sehat, apalagi jika Anda memakan telur setengah matang yang bagian kuningnya masih sedikit cair maka kandungan lemak baiknya akan lebih banyak dan lebih bisa Anda manfaatkan untuk kesehatan Anda. Ada juga orang yang suka mencampurkan kuning telur yang setengah matang dengan susu jahe yang sangat menyegarkan dan merupakan salah satu Makanan Berlemak yang Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *