Manfaat Dan Cara Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta

Posted on

Gelombang cinta atau anthurium pernah menjadi tanaman dengan harga yang sangat fantastis. Bahkan mencapai puluhan juta rupiah. Pecinta tanaman hias selalu memburu tanaman ini. walaupun sudah tidak sepopular dulu, anda tetap bisa membudidayakannya. Masih banyak orang yang suka dengan tanaman hias gelombang cinta ini. Bentuk daunnya yang seperti gelombang, membuat banyak orang lebih mengenalnya dengan gelombang cinta. Manfaat tanaman ini sangat banyak sekali. Bahkan perawatannya pun cukup mudah dibandingkan tanaman hias lainnya.

Tanaman Hias Gelombang Cinta

Manfaat Serta Keunggulan Utama Tanaman Gelombang Cinta

Ada banyak manfaat yang anda dapatkan dari menanam tanaman hias ini. Berikut manfaat gelombang cinta yang harus anda ketahui:

  • Menyegarkan Udara

Tanaman gelombang cinta memiliki daun lebar dan berwarna hijau, sehingga mengalami fotositesis yang besar. pada saat tanaman melakukan fotosintesis, akan mengeluarkan O2 atau oksigen. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sangat membutuhkan oksigen. Semakin banyak oksigen yang dihasilkan akan membuat ruangan semakin segar.Anda bisa meletakkan gelombang cinta di dalam ruangan,sehingga ruangan di rumah anda akan semakin segar dan sejuk.

  • Menghias Rumah

Fungsi utama dari gelombang cinta adalah untuk menghias rumah anda. entah itu diletakkan di dalam rumah maupun di luar rumah. Warna dan bentuknya yang menarik, akan membuat rumah anda semakin sejuk dan asri. Selain itu gelombang cinta, daunnya tidak mudah rontok, sehingga tidak membuat rumah anda cepat kotor.

  • Investasi

Harga tanaman hias ini cukup mahal dibandingkan tanaman hias lainnya. Jadi gelombang cinta bisa dijadikan investasi buat anda. gelombang cinta dengan bentuk yang unik dan lebat memiliki harga yang lebih mahal. Jadi anda bisa mencoba untuk membudidayakannya. Apalagi budidaya tanaman hias gelombang cinta tidak membutuhkan biaya yang mahal.

  • Menghilangkan Penat

Pada saat tubuh kita stres dan banyak beban, melihat suatu hal yang berwarna hijau akan membuat pikiran lebih rileks. Oleh karena itu tanaman ini, bisa membantu menghilangkan penat anda. Dengan menanam gelombang cinta di rumah, anda bisa membuat rumah segar dan bisa membantu menghilangkan penat anda jika melihat tanaman ini.

  • Obat Berbagai Macam Penyakit

Beberapa orang percaya kalau bagian anthurium atau tanaman hias gelombang cinta ini bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Seperti ginjal, bengkak, diabetes dan lainnya. bagian tanaman hias ini yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit adalah bagian akarnya. Anda bisa mengambil akar anthurium, kemudian cuci bersih dan rebus. Air rebusan inilah yang bisa digunakan untuk obat. Tapi sampai saat ini belum anda penelitian khusus mengenai pengobatan ini.

Tips Merawat Dan Budidaya Tanaman Hias Gelombang Cinta

Cara merawat gelombang cinta ini sebenarnya cukup mudah. Pada saat menanam gelombang cinta, gunakan media tanam yang tepat. Supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik.Pilihlah bibit tanaman gelombang cinta yang berkualitas, sehingga hasil tanamannya akan semakin bagus. Jangan lupa berikan patahan genteng untuk media tanam. Pecahan genteng digunakan untuk menyaring media tanam supaya tidak cepat hilang pada saat disiram. Potongan genteng diletakkan pada dasar media tanam. Jangan lupa beri sekam, untuk membuat media tanam tetap bagus. Berikut ini beberapa tips merawat gelombang cinta yang benar.

  • Penggantian Pot

Gelombang cinta akan tumbuh semakin besar, oleh karena itu anda harus melakukan pergantian pot dengan rutin. Jika ukuran tanaman sudah semakin besar, anda harus mengganti pot yang ukurannya lebih besar. hal ini dilakukan supaya tanaman bisa memperoleh nutrisi sesuai dengan ukuran tanamannya. Anda bisa menggunakan pot plastik atau pot tanah liat. Pada bagian bawah harus ada lubang, supaya bisa mengurangi jumlah air yang berlebih. Pada saat memindah ke pot baru harus hati-hati, jangan sampai bagian akarnya rusak.

  • Letakkan Di Tempat Yang Teduh

Tanaman anthurium tidak membutuhkan cahaya matahari yang banyak. Jadi cukup letakkan tanaman ini di tempat yang teduh. Jika terlalu sering terkena sinar matahari akan membuat daunnya cepat menguning. Jika anda meletakkan tanaman ini di dalam rumah, pada pagi hari bisa di panasi. Cukup 30 menit sampai 1 jam saja. setelah itu di bawa masuk lagi. Jika diletakkan di luar rumah, letakkan di tempat teduh dan tidak terkena sinar matahari terus menerus. Perawatan ini akan membuat pertumbuhan daun semakin bagus. Jika tidak terkena sinar matahari sama sekali juga tidak bagus, karena tidak ada cahaya yang digunakan untuk proses fotosintesis. Sehingga tanaman cepat layu.

  • Perhatikan Posisi Pot

Jika anda meletakkan gelombang cinta di luar ruangan, selalu perhatikan posisi pot. Anda harus sering memutar posisinya. Gelombang cinta pertumbuhannya mengikuti sinar matahari. Jika diletakkan pada posisi yang sama, akan membuat pertumbuhan gelombang cinta mengikuti arah cahaya yang dia dapatkan. Jadi anda harus sering memutar pot, supaya arah pertumbuhannya semakin bagus dan tidak miring sebelah.

  • Daun Di Olesi Susu

Mungkin anda bingung dengan cara budidaya tanaman hias gelombang cinta yang satu ini. kenapa harus diolesi susu? Fungsinya buat apa? Fungsi susu adalah untuk membuat daun gelombang cinta lebih mengkilap dan bagus. keindahan dari gelombang cinta terletak pada daunnya. Jika daunnya bagus, maka tanaman ini semakin bagus. anda cukup oleskan susu seminggu sekali.

  • Pemupukan

Untuk membuat pertumbuhan tanaman ini semakin bagus, anda harus memberikan pemupukan secara rutin. Gunakan pupuk NPK, dengan dosis 2 gram per 1 liter air. Pada saat memberikan pupuk jangan sampai terkena bagian daun, karena akan membuat daun busuk. Lakukan pemupukan 3 bulan sekali.

Itulah beberapa manfaat dan cara budidaya tanaman hias gelombang cinta yang mudah. tidak membutuhkan biaya yang mahal dan waktu yang lama. Yang paling penting adalah perawatan daunnya. Jangan lupa untuk menghilangkan dari hama penyakit. Semoga bermanfaat.

Apa Yang Pengunjung Cari?

  • gelombang cinta
  • manfaat bunga gelombang cinta
  • manfaat tanaman gelombang cinta bagi kesehatan
  • manfaat tanaman gelombang cinta
  • cara merawat tanaman gelombang cinta
  • agar gelombang cinta cepat besar
  • tanaman hias
  • cara merawat gelombang cinta
  • cara merawat dan manfaat gelombang cinta
  • apa manfaatnya jika kita merawat tanaman dengan baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *