Manfaat Daun Sirsak yang Belum Banyak Diketahui oleh Masyarakat

Posted on

Pohon sirsak tak hanya bisa menghasilkan buah dengan rasa yang lezat. Selain buahnya, daun sirsak juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Sebagian besar orang mengetahui manfaat daun sirsak sebagai obat alami untuk asam urat. Ternyata, manfaat daun ini tidak hanya untuk mengobati asam urat saja, tetapi juga berbagai penyakit kronis lainnya. Asalkan cara mengolahnya benar, daun sirsak ini benar-benar bisa dijadikan sebagai obat alami yang tidak berbahaya bagi tubuh. Pada uraian kali ini, akan dijelaskan secara rinci apa saja manfaat dari daun sirsak. Simak saja ulasannya berikut ini.

Manfaat Daun Sirsak yang Belum Banyak Diketahui oleh Masyarakat

Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol

Setelah dilakukan penelitian, ada banyak kandungan senyawa dalam daun sirsak yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengobati berbagai penyakit. Kandungan senyawa yang ada dalam buah sirsak adalah sebagai berikut. Ada senyawa linoleic acid, annomuricin, annocatalin, anonol, muricapentorin, annohexocin, acetogenins, dan lain sebagainya. Senyawa tersebut aktif melawat bakteri jahat dalam tubuh kita. Salah satu manfaat dari daun sirsak adalah untuk menurunkan kolesterol.

Bagaimana cara mengatasi kolesterol dengan menggunakan daun sirsak? Caranya sangat mudah. Pertama, Anda membutuhkan 2 sampai 5 helai daun sirsak. Pilihlah daun yang sudah agak tua. Kedua, cuci daun sirsak sampai bersih. Kemudian rebus daun sirsak. Cara mengolah daun sirsak adalah dengan menambahkan tiga gelas air. Rebus daun sirsak dengan tiga gelas air sampai mendidih. Biarkan air rebusan mendidih sampai tinggal satu gelas. Setelah itu, minumlah ramuan ini selagi masih hangat. Anda bisa meminum ramuan ini pada pagi dan sore hari secara rutin. Setelah Anda mengonsumsi ramuan ini selama 3 – 4 hari, cek kolesterol Anda. Dipastikan kadar kolesterol Anda akan berangsur-angsur normal.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kista Ovarium

Kista Ovarium merupakan salah satu gangguan alat reproduksi yang sering menyerang wanita. Kista ovarium merupakan kantung yang berisi cairan yang terdapat dalam indung telur. Kista ovarium dibagi menjadi dua kategori. Kategori kista fungsional muncul sebagai salah satu bagian dari siklus menstruasi. Sementara kista ovarium mengandung sel abnormal yang berbahaya dan bersifat mirip kanker. Penderita harus segera mendapatkan pertolongan medis agar gangguan ini tidak membahayakan mereka.

Anda yang didiagnosis menderita penyakit kista ovarium bisa melakukan pengobatan alternatif dengan menggunakan daun sirsak. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat air rebusan daun sirsak. Untuk mengatasi kista, Anda perlu menyiapkan sekitar 3 – 5 lembar daun sirsak. Cuci bersih daun sirsak kemudian rebus dengan tiga gelas air. Rebus air sampai mendidih dan tertinggal hanya satu gelas. Minum rebusan air sirsak ini pada pagi hari atau sore hari. Cukup satu kali saja sehari. Konsumsi air rebusan daun sirsak ini secara rutin selama 2 minggu. Setelah itu, kembali periksakan kista ovarium Anda. Organ reproduksi Anda pasti sudah normal kembali. Manfaat daun sirsak ini memang sangat nyata.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kanker

Penyakit Kanker termasuk salah satu penyakit mematikan yang sering membunuh masyarakat. Parahnya lagi, penderita kanker sering tidak menyadari gejala kanker yang ia derita. Penderita baru mengetahui bahwa dirinya terkena kanker saat sudah memasuki stadium akhir. Oleh karena itu, banyak penderita kanker yang nyawanya tidak tertolong. Hal ini sungguh sangat disayangkan. Pencegahan harus dilakukan agar penyakit ini tidak merenggut nyawa orang yang Anda cintai.

Salah satu penyebab seseorang terserang kanker adalah karena pola hidup yang tidak sehat. Sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, makanan cepat saji, dan merokok menjadi beberapa penyebab seseorang terkena kanker. Bagi Anda yang didiagnosis menderita kanker, cobalah pengobatan alternatif dengan memanfaatkan daun sirsak. Pengobatan ini juga bisa dilakukan untuk mencegah seseorang terserang kanker. Simak ulasannya berikut ini.

Manfaat daun sirsak untuk mengobati penyakit kanker bisa dilakukan dengan meminum air rebusan daun sirsak. Siapkan 10 lembar daun sirsak, cuci sampai bersih. Setelah itu, rebus daun sirsak dengan 3 gelas air sampai mendidih. Setelah air mendidih, jangan segera diangkat. Biarkan saja sampai air tersisa satu gelas. Setelah itu, minum air rebusan ini pada pagi hari dan sore hari. Cobalah melakukan pengobatan ini selama 2 minggu. Hal ini akan mencegah pertumbuhan sel kanker dan membunuh sel kanker yang berbahaya tersebut.

Manfaat Daun Sirsak untuk Asam Urat

Penyakit asam urat biasanya menyerang seseorang yang telah berusia lanjut. Gangguan asam urat ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari si penderita. Oleh karena itu, harus segera diobati agar para penderita bisa terbebas dari gangguan asam urat. Manfaat daun sirsak untuk asam urat sudah terbukti sejak dulu. Cukup dengan merebus daun sirsak dan meminum air rebusannya saja asam urat Anda bisa sembuh.

Cara merebus daun sirsak sama seperti cara-cara yang telah dijelaskan di atas. Rebus 3 – 6 helai daun sirsak dengan tiga gelas air. Rebus sampai mendidih dan hanya tersisa 1 gelas. Minum air rebusan daun sirsak ini secara rutin pada pagi hari. Praktikan usaha ini selama 3 minggu dan lihat sendiri hasilnya.

Manfaat Daun Sirsak untuk Paru-Paru

Khasiat daun sirsak terbaru adalah bisa mengobati penyakit paru-paru. Untuk memanfaatkan daun sirsak sebagai obat paru-paru, Anda harus membuat ramuan daun sirsak. Caranya dengan merebus 3 – 7 helai daun sirsak dengan tiga gelas air. Rebus sampai mendidih dan airnya hanya tersisa satu gelas. Minum rebusan air ini secara rutin pada pagi atau sore hari.

Demikian adalah beberapa manfaat daun sirsak. Pengobatan alternatif ini bisa Anda coba untuk mengobati beberapa penyakit seperti yang telah disebutkan di atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *