Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Buah-buahan memang kaya manfaat, tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi bagus juga untuk menjaga kecantikan. Salah satu buah yang bagus untuk dikonsumsi setiap hari adalah jambu biji dan manfaat jambu biji pun juga sangat banyak. Buah tersebut merupakan tanaman yang dapat tumbuh di daerah tropis dan budidaya jambu biji merah pun tidak begitu sulit karena bisa tumbuh di mana saja terutama tumbuh di pekarangan rumah. Berbicara soal manfaat, berikut ini ada beberapa poin yang bisa Anda lihat.

Manfaat Jambu Biji untuk kesehatan

Manfaat Jambu Biji untuk Menjaga Tekanan Darah

Manfaat jambu biji yang pertama adalah menjaga tekanan darah. Pastinya banyak yang tidak tahu jika buah tersebut bisa menyetabilkan tekanan darah bukan? Orang-orang hanya mengetahui jika buah ini sangat ampuh dalam menambah zat besi dan berguna untuk penderita anemia. Di dalam buah tersebut terkandung zat kalium yang sangat berperan penting menjaga tekanan darah dalam tubuh. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi mengkonsumsi buah ini setiap hari demi menjaga tetap stabil.

Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang wajib diwaspadai karena bila semakin parah, resiko terkena stroke dan jantung pun akan membayangi Anda. Mungkin minum jus jambu biji merah sangat efektif untuk dilakukan.

Manfaat Jambu Biji untuk Mencegah Sembelit

Para orang tua umumnya melarang anak-anaknya mengkonsumsi buah ini karena nantinya akan mengalami susah buang air besar. Namun hal tersebut sangat salah besar, kenapa? Karena khasiat jambu biji untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mencegah sembelit. Kandungan serat di dalam buah tersebut tercatat sangat tinggi yaitu sekitar 5,4 gram di setiap buahnya.

Maka dari itu Anda disarankan untuk selalu mengkonsumsi jambu biji supaya kesehatan pencernaan Anda tetap lancar dan jauh dari sembelit. Mungkin para orang tua mengira bahwa biji dari buah tersebut bisa menyebabkan sembelit dan bahkan usus buntu. Namun fakta penyebab usus buntu serta sembelit pun sebenarnya tidak ada hubungannya dengan biji dari buah ini melainkan dari faktor makanan dan juga kebiasaan.

Manfaat Jambu Biji untuk Merawat Kulit

Apakah Anda percaya jika khasiat lainnya yang dimiliki oleh jambu biji juga bisa merawat kulit? Anda pun harus percaya karena buah ini mampu membuat wajah tampak lebih cerah, mencegah penuaan dini serta melindungi kulit dari sinar UV. Kandungan vitamin C dan zat antioksidan di dalamnya seperti likopen mampu mengangkat sel-sel kulit mati apabila buah tersebut dibuat masker.

Cara membuatnya pun begitu mudah, pertama haluskan jambu biji dengan blender sampai benar-benar halus dan kemudian oleskan ke seluruh wajah, tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukanlah perawatan tersebut secara rutin supaya mendapatkan hasil maksimal. Namun tidak hanya baik untuk kulit saja tetapi buah ini pun juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan rambut. Buah tersebut dipercaya sangat ampuh mengatasi masalah rambut rontok, berketombe dan rambut bercabang.

Manfaat Jambu Biji untuk Mencegah Kanker

Semua buah-buahan pastinya menjadi anti kanker alami begitu pula dengan jambu biji. Kandungan jambu biji untuk kesehatan seperti zat antioksidan yang tinggi mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Zat antioksidan di dalam buah ini adalah likopen dan berperan penting untuk mencegah datangnya virus dan bakteri yang bisa menyebabkan kanker. Kemudian kandungan vitamin C nya juga tinggi hingga bisa membantu menjaga stamina tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah tersebut sangat disarankan.

Manfaat Jambu Biji untuk Menambah Jumlah Darah

Semua orang pasti sudah tahu jika manfaat jambu biji utamanya jambu biji merah adalah menambah jumlah darah. Mengapa? Karena buah ini banyak mengandung zat besi yang berperan penting menambah jumlah sel darah merah di dalam tubuh. Bagi para penderita anemia, sangat direkomendasikan untuk selalu mengkonsumsi buah itu karena akan membantu menyetabilkan jumlah darah merah. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau pun dibuat jus dan rasakan manfaatnya untuk tubuh. Dengan begitu, seseorang yang memiliki anemia akan terhindar dari lemah, letih dan lesu karena asupan darahnya cukup.

Manfaat Jambu Biji untuk Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, tidak boleh mengkonsumsi buah-buahan tertentu yang banyak mengandung zat gula contohnya nangka. Buah yang banyak mengandung sukrosa sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes karena nantinya bisa mempengaruhi kadar gula darah. Namun berbeda dengan jambu biji, seseorang yang diklaim memiliki diabetes masih bisa mengkonsumsinya karena rendah kalori dan gula.

 Ada pula yang menggunakan buah itu sebagai obat penurun kadar gula darah. Cara membuat obat herbal tersebut yaitu siapkan beberapa buah jambu biji merah kemudian potong-potong. Langkah selanjutnya adalah campur dengan air dan rebus buah tersebut sampai mendidih atau sampai air rebusan menjadi setengahnya. Kemudian minum air rebusan jambu itu secara rutin sampai kadar gula darah menjadi stabil.

Beberapa khasiat dari buah jambu biji merah di atas bisa Anda dapatkan apabila Anda rutin mengkonsumsinya. Jangan takut terkena usus buntu atau sembelit karena sering mengkonsumsi buah ini karena tidak ada pengaruhnya sama sekali. Jika Anda merasa takut, maka buah tersebut bisa dibuat jus dan kemudian saring terlebih dahulu sebelum diminum. Manfaat jambu biji yang lainnya adalah bisa mengobati diare, mencegah sariawan dan buah ini pun sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil mengingat kandungan vitamin serta mineralnya sangat banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *