Taukah Kamu Manfaat Lemon Bagi Kesehatan

Posted on

Manfaat lemon sudah banyak diketahui orang. Meskipun bentuknya bulat dan kecil, namun khasiatnya tidak perlu diragukan lagi. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti ampuh dapat mengatasi berbagai penyakit, baik penyakit ringan hingga berat seperti kanker. Tidak hanya itu, lemon juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan dan bentuk tubuh. Untuk cara meramunya, tidaklah sulit. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Nah, bagi Anda yang mengalami beberapa gangguan kesehatan berikut, dapat diatasi dengan lemon.

manfaat buah lemon

Manfaat Buah Lemon untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pada umumnya, di musim penghujan, penyakit mudah sekali menyerang orang yang memiliki kekebalan tubuh lemah. Oleh karena itu, mempertahankan dan meningkatkan kekebalan tubuh sangat penting untuk dilakukan. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh ini adalah dengan mengambil manfaat buah lemon bagi kesehatan. Bagaimana caranya? Berikut ini cara mengolahnya:

  1. Ambil sebuah lemon, kemudian cuci bersih.
  2. Siapkan satu gelas air putih matang kondisi hangat.
  3. Belah lemon menjadi dua, kemudian peras setengahnya dan masukkan ke dalam gelas tadi. Jika Anda baru pertama kali mencoba, sebaiknya gunakan seperempat bagian saja karena sangat masam di lidah.
  4. Agar tidak terlalu masam, tambahkan satu sendok makan madu asli, kemudian aduk rata.
  5. Konsumsi ramuan tersebut secara teratur setiap pagi hari setelah bangun tidur, di mana lambung masih kosong.

# Manfaat Lemon untuk Mengatasi Bau Mulut

Dalam pergaulan sehari-hari, mulut merupakan modal utama dalam berkomunikasi. Jika modal ini tidak dijaga dengan baik, tentu akan mengganggu kenyamanan saat berkomunikasi. Menggosok gigi secara teratur setiap hari merupakan salah satu cara untuk menjaga mulut agar tidak mengeluarkan bau. Namun, jika dengan cara ini mulut tetap mengeluarkan bau tidak sedap, jus lemon bisa dijadikan sebagai alternatif penanggulangannya. Berikut ini cara membuat jus melon:

  1. Ambil satu buah jeruk lemon, kemudian cuci bersih.
  2. Belah lemon menjadi dua, kemudian masing-masing diperas dan dimasukkan dalam blender.
  3. Tambahkan satu gelas air ke dalam blender dan gula atau madu secukupnya.
  4. Bleder cairan tersebut sejenak.
  5. Minum secara teratur setiap hari. Anda dapat menambahkan es batu jika menginginkan dalam kondisi dingin.

# Manfaat Lemon untuk Kanker

Kanker merupakan penyakit yang paling ditakuti saat ini karena belum ada obat penawarnya. Namun, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya kesehatan, ternyata ada tanaman yang bisa digunakan untuk mencegah kanker, yaitu lemon. Kandungan air lemon dipercaya mampu menghambat perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh. Adapun cara membuat air lemon sebagai berikut:

  1. Ambil satu buah lemon, kemudian cuci bersih.
  2. Siapkan satu gelas air matang.
  3. Iris lemon menjadi beberapa bagian, kemudian celupkan dalam gelas berisi air matang tadi.
  4. Konsumsi minuman ini sebagai minuman harian Anda. Anda tinggal menambahkan air kembali jika air sudah habis diminum.

# Khasiat Lemon untuk Maag

Maag terjadi karena adanya peningkatan asam lambung. Saat maag menyerang, si penderita akan merasa kesakitan luar biasa di bagian perutnya. Jika Anda juga mengalami hal yang sama, silakan memanfaatkan lemon untuk mengatasinya. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya dipercaya mampu menurunkan asam lambung dan meredakan rasa sakit yang diderita. Berikut ini cara memanfaatkannya:

  1. Ambil satu buah jeruk lemon, kemudian cuci bersih.
  2. Belah lemon menjadi dua, kemudian masing-masing diperas dan dimasukkan dalam blender.
  3. Tambahkan satu gelas air ke dalam blender dan gula atau madu secukupnya.
  4. Bleder cairan tersebut sejenak.
  5. Minum secara teratur setiap hari sebelum makan sebagai pencegahan sakit maag. Namun, jika digunakan sebagai pengobatan, segeralah makan setelah meminum jus lemon tersebut.

# Khasiat Lemon untuk Jerawat

Selain untuk kesehatan, lemon juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Siapa sih yang tidak menginginkan wajah mulus tanpa jerawat? Semua orang pasti menginginkannya. Nah, bagi Anda yang ingin menjaga agar kulit wajah tetap mulus atau menyembuhkan jerawat yang sudah telanjur ada pada wajah bisa menggunakan lemon. Berikut ini cara memanfaatkannya:

  1. Ambil sebuah lemon, kemudian cuci bersih.
  2. Belah lemon menjadi dua, kemudian peras ke dalam gelas.
  3. Rendam kapas di dalam cairan lemon tersebut
  4. Letakkan kapas pada jerawat yang muncul, kemudian diamkan beberapa saat hingga kapas mengering.
  5. Bilas kulit dengan air, kemudian keringkan menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepuk pelan.
  6. Untuk hasil maksimal, lakukan terapi ini secara teratur dua kali sehari hingga jerawat menghilang.

# Manfaat Lemon untuk Diet

Memanfaatkan lemon untuk kesehatan mungkin sudah tidak asing. Namun, ternyata tidak hanya itu saja. Lemon juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan, yaitu dengan melangsingkan tubuh alias diet. Banyak orang yang melakukan diet dengan cara membatasi konsumsi makanan atau menghindari beberapa jenis makanan. Padahal, hanya dengan memanfaatkan lemon, badan juga bisa langsing. Tidak percaya? Silakan coba dengan menggunakan cara berikut ini:

  1. Ambil satu buah jeruk lemon, kemudian cuci bersih.
  2. Belah lemon menjadi dua, kemudian masing-masing diperas dan dimasukkan dalam gelas.
  3. Tambahkan air matang hingga penuh dan minum.
  4. Anda bisa menambahkan es jika ingin mengonsumsi dalam kondisi dingin.
  5. Minum secara teratur setiap hari sebelum perut terisi.

Kecil bukan berarti tidak bermanfaat. Hal ini dibuktikan oleh lemon. Meskipun bentuknya kecil, khasiat yang ada di dalamnya sungguh luar biasa. Ada banyak manfaat yang bisa diambil, mulai dari menjaga kesehatan, mengatasi penyakit, merawat kecantikan wajah, hingga merawat tubuh agar tetap sehat dan indah. Untuk mendapatkannya pun tidak sulit. Lemon banyak dijual di sekitar Anda. Hanya dengan mengolahnya menjadi air minuman atau langsung dimakan, Anda sudah dapat merasakan besarnya manfaat lemon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *