Manfaat Buah Pisang Sebagai Obat Diare

Posted on

Ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi diare. Salah satunya adalah dengan menggunakan pisang sebagai obat diare. Mengapa dan bagaimana salah satu buah tropis ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi diare? Uraian berikut ini akan membantu menjawab pertanyaan di atas.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat dari buah pisang dalam mengobati masalah diare, ada baiknya untuk mengenal lebih dalam mengenai buah yang umumnya berwarna kuning ini. Buah yang memiliki banyak varietas ini merupakan buah yang dikenal berkhasiat untuk mengatasi masalah pada sistem pencernaan karena teksturnya yang lembut sehingga mudah dicerna serta kandungan nutrisi yang beragam di dalamnya.

 

Mengobati Diare Dengan Buah Pisang

Jika masalah sembelit bisa diatasi dengan memakan buah pepaya, untuk mengatasi diare Anda bisa mengkonsumsi buah pisang. Pada bahasan mengenai buah pisang sebagai obat diare ini, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengapa buah yang pada umumnya berwarna kuning ketika matang ini berkhasiat untuk mengatasi diare. Pertama, hal ini karena ada beragam nutrisi yang sangat penting bagi sistem pencernaan seperti serat, pectin, mangan, serta berbagai jenis vitamin dan mineral lainnya.

Salah satu kandungan buah pisang untuk obat diare yaitu pectin akan meminimalisir kandungan air pada feses sehingga feses lebih keras. Apabila feses menjadi lebih keras, diare sedikit demi sedikit akan teratasi. Proses pencernaan dalam tubuh pun akan kembali lancar karena serat yang terserap dari buah pisang akan membuat organ-organ pencernaan lebih mudah menyerap dan mengeluarkan sisa pencernaan berupa feses. Dengan begitu, Anda tidak perlu bolak-balik ke kamar mandi seperti halnya saat diare, dimana feses yang keluar lebih banyak mengandung air.

Selain nutrisi serat dan pectin, kandungan nutrisi lainnya yang terdapat dalam buah pisang, yaitu karbohidrat juga memiliki peran yang sama pentingnya bagi tubuh orang yang sedang diare. Seperti yang kita tahu, mereka yang sedang mengalami diare biasanya akan merasa lemas karena tenaga maupun perutnya terus dikeluarkan. Untuk menggantikan banyak energi yang terkuras akibat diare, Anda bisa mengambil makanan berkarbohidrat yang salah satunya bisa didapatkan dari buah pisang. Selain karbohidrat, kandungan inulin yang terdapat dalam pisang akan membantu pertumbuhan bakteri baik yang akan kembali menormalkan kondisi organ pencernaan.

Selain dapat mencukupi asupan vitamin dan mineral seperti vitamin C dan mangan, buah pisang yang dikonsumsi oleh orang yang sedang diare juga bisa menggantikan asupan potasium yang banyak hilang selama seseorang mengalami diare. Pisang sebagai obat diare ini akan semakin ampuh hasilnya apabila Anda atau orang yang mengalami diare juga menghindari makanan yang bisa memperparah diare seperti pepaya serta makanan yang tinggi lemak dan gula. Kandungan selulosa dalam pepaya dan makanan manis dan berlemak lainnya hanya akan membuat feses semakin encer dan organ pencernaan tidak lebih baik.

Pengobatan diare dengan menggunakan buah-buahan seperti pisang pada dasarnya tidak cukup sulit dilakukan. Anda hanya perlu mengkonsumsi sekitar 3 buah pisang matang disusul dengan 2 gelas air putih saat buang air besar yang pertama terjadi. Ketika selanjutnya diare masih terjadi, Anda bisa memilih salah satu jenis pisang untuk diare yang terus-menerus tersebut. Jenis pisang yang sebaiknya dipilih adalah pisang yang tidak terlalu matang dimana ketika dimakan akan agak terasa sepatnya di lidah. Buah pisang yang harus dikonsumsi setiap selesai BAB cukup sekitar 2 buah. Konsumsi buah tersebut harus dibarengi dengan minum air putih sekitar 2 gelas.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami diare seperti makan makanan pedas dan masuk angin. Apabila diare diakibatkan oleh makanan pedas, Anda bisa memakan buah pisang serta menghindari konsumsi makanan yang pedas atau terlalu pedas. Sementara itu, apabila diare disebabkan oleh masuk angin, Anda bisa menggunakan cara alami seperti makan pisang sebagai obat diare sambil meminum air putih hangat.

Saat diare dirasa cukup berkurang atau tidak terlalu parah dibanding hari pertama, Anda bisa mengurangi pisang yang dimakan menjadi 1 buah. Buah tersebut dimakan setiap 1 jam sebelum makan berat yaitu nasi, sayur, dan lauk pauknya. Kebiasaan makan pisang ini akan lebih efektif apabila Anda atau orang yang mengalami diare rutin memakan pisang sekitar 24 jam setelah diare terjadi. Jadi, apabila Anda diare sekitar jam 7 pagi, sebelum jam 7 pagi di hari berikutnya pisang sesisir sebaiknya telah habis dimakan.

Selain mengkonsumsi pisang, ada beberapa makanan untuk penderita diare dewasa yang akan cukup membantu mengatasi diare yang dialami. Makanan pertama dari jenis buah-buahan yang akan sangat membantu menyembuhkan diare adalah apel. Buah yang dapat menyehatkan gigi dan gusi ini memiliki manfaat penting dalam meminimalisir gejala yang terjadi akibat diare. Disamping itu, kandungan antioksidan dari buah ini juga akan mengatasi partikel jahat yang dapat memperparah diare. Selain apel, buah lainnya yang juga akan baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diare adalah blueberi. Walaupun cukup mahal bagi beberapa kalangan, buah ini memiliki khasiat dalam mengurangi peradangan di organ pencernaan. Buah ini juga dapat menggantikan elektrolit atau cairan tubuh yang terkuras saat diare.

Demikian beberapa informasi mengenai pisang sebagai obat diare berikut tips mengkonsumsinya ketika diare. Selain mengobati diare, Anda juga perlu mengembalikan energi yang terkuras serta memperkuat imun agar diare tidak semakin parah dengan konsumsi makanan sehat.

Apa Yang Pengunjung Cari?

  • jenis pisang untuk obat diare
  • manfaat buah pisang utk mencreet
  • pisang salah satu obat alami diare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *