Sejuta Manfaat Sayur Pare Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Anda tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan sayuran pare? Pare terkenal dengan rasanya yang sangat pahit, walaupun pahit tapi banyak mempunyai cita rasa yang khas. Sayuran pare yang dikenal pahit ini ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat sayur pare tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja tapi juga bisa merawat kecantikan tubuh. Sayur pare tidak hanya bermanfaat dagingnya saja tapi juga bijinya. Biji dan daging sayur pare ini bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya.

Manfaat Buah Pare Untuk Asam Urat

Salah satu kandungan yang sangat tinggi dalam sayur pare adalah vitamin B dan flavonoid. Kedua jenis kandungan ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh, terutama dalam mengurangi asam urat dalam tubuh. Kelebihan asam urat dalam tubuh bisa merusak persendian dalam tubuh. Bagi Anda yang mempunyai penyakit asam urat bisa secara rutin mengkonsumsi sayur pare. Dengan mengkonsumsi sayur pare ini maka bisa mengurangi asam urat berlebih dalam tubuh.

Bagi para penderita asam urat yang ingin mendapatkan manfaat pare untuk menyembuhkan penyakitnya bisa mencoba resep sayur pare yang sederhana. Resep dari sayur pare yang sederhana adalah dengan dibuat tumis. Anda bisa mencampurkan pare dengan tempe atau tahu untuk dibuat tumis. Hindari mencampur pare dengan makanan yang bisa menyebabkan asam urat tinggi agar penyakit asam urat Anda bisa diobati dengan menggunakan sayur pare.

Khasiat Pare Untuk Diabetes

Selain bisa mengatasi asam urat, sayur pare juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Dengan kata lain, sayur pare ini sangat bagus untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Dalam sayur pare terdapat zat Phyto Nutrien yang dikenal mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Kandungan ini sangat efektif dalam menurunkan kadar gula dalam darah. Namun para penderita diabetes tetap harus mengontrol konsumsi pare, hal ini dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi pare bisa membuat gula dalam darah menurun.

Kadar gula dalam darah yang menurun memang bagus untuk penderita diabetes, namun jika gula darah terus menerus menurun maka bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, walaupun pare bisa menjadi salah satu obat alternatif penurun gula dalam darah, namun Anda tetap harus mengontrol gula darah agar tidak terlalu rendah. Untuk penderita diabetes bisa mengkonsumsi masakan pare yang diolah tanpa menggunakan gula atau bahan makanan yang banyak mengandung gula.

Manfaat Buah Pare Untuk Darah Tinggi

Manfaat lainnya dari sayur pare untuk kesehatan bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Didalam sayur pare mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bisa menangkal berbagai radikal bebas dan membantu membersihkan aliran darah. Dengan aliran darah yang bersih maka tekanan darah bisa stabil. Hal inilah yang membuat pare sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh para penderita darah tinggi. Sayur pare untuk penderita darah tinggi bisa dijadikan sebagai lalapan ataupun dibuat jus.

Manfaat Pare Untuk Kecantikan

Pare tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, tapi juga bermanfaat untuk kecantikan wajah dan rambut. Untuk kecantikan wajah dan rambut, Anda bisa menggunakan jus pare mentah sebagai masker wajah ataupun rambut. Manfaat jus pare mentah untuk kecantikan wajah dan rambut ini cukup banyak, berikut ini beberapa manfaat pare untuk kecantikan wajah dan rambut:

  1. Membuat rambut berkilau

Salah satu manfaat pare untuk kecantikan adalah dapat membuat rambut berkilau. Sayur pare mengandung vitamin C dan vitamin E yang dapat menutrisi rambut secara alami. Untuk membuat rambut berkilau dengan menggunakan sayur pare ini sangat mudah, yaitu pare yang sudah dijus atau dihancurkan diaplikasikan pada seluruh bagian rambut selama 30 menit sebelum keramas. Anda bisa mencampurkan sedikit madu agar rambut menjadi lebih berkilau dan halus. Masker rambut pare ini bisa Anda gunakan satu sampai dua kali dalam seminggu.

  1. Mencegah penuaan dini

Selain bagus untuk rambut, jus pare juga bisa digunakan sebagai masker wajah. Kandungan flavonoid yang ada dalam pare bisa membuat wajah tetap awet muda dan bebas dari kerutan dan flek hitam. Untuk menggunakan jus pare sebagai masker wajah, Anda tidak perlu menambahkan apapun dalam jus pare tersebut. Gunakan jus pare ini merata pada wajah dengan menggunakan kuas selama 15 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Pare tidak hanya mencegah penuaan saja tapi juga bisa menghilangkan jerawat dan bekasnya.

  1. Menghilangkan ketombe

Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan rambut berketombe, maka bisa mencoba masker rambut yang dibuat dari pare. Pare sangat efektif untuk membantu menghilangkan ketombe pada rambut dan mencegahnya datang lagi. Masker rambut pare untuk menghilangkan ketombe ini bisa digunakan tiga kali seminggu sebelum keramas. Agar ketombe hilang, lakukan pemijatan pada kulit kepala pada saat menggunakan masker rambut yang terbuat dari pare ini.

  1. Mengurangi minyak pada rambut dan wajah

Manfaat lainnya dari pare untuk kecantikan adalah bisa mengurangi minyak berlebih pada rambut dan wajah. Untuk mengurangi minyak berlebih pada rambut, Anda bisa menggunakan jus pare sebagai masker rambut satu Minggu sekali. Selain bisa mengurangi minyak pada rambut, jus pare juga bisa membantu mengurangi minyak pada wajah. Anda bisa menggunakan irisan pare yang dioleskan pada wajah agar minyak wajah bisa hilang.

Manfaat sayur pare untuk kesehatan dan kecantikan memang cukup banyak. Walaupun rasanya pahit, namun pare mengandung vitamin dan mineral yang sangat bagus untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit yang berbahaya. Selain untuk dikonsumsi langsung, sayur pare juga bisa dijadikan sebagai masker untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit wajah dan rambut.

Apa Yang Pengunjung Cari?

  • apakah tumisan pare bisa untuk penyakit asam urat
  • fungsi sayur pare dan air mawar
  • khasiat air mawar dan pare
  • manfaat jus pare dsn air mawar untuk wajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *