Manfaat Tanaman Obat Keluarga Seledri untuk Kesehatan Manusia

Posted on

Anda pasti sudah kenal seledri bukan? Ulasan kali ini akan membahas tentang tanaman obat keluarga seledri. Seledri menjadi salah satu tanaman yang cukup akrab dengan para ibu rumah tangga. Pasalnya, tanaman ini dikenal sebagai salah satu sayuran dengan aroma yang khas. Ibu biasanya menggunakan seledri untuk dimasak. Masyarakat lebih mengenal seledri sebagai sayuran, bukan sebagai tanaman obat. Padahal, selain sebagai sayuran, seledri ternyata juga termasuk salah satu tanaman obat. Manfaat seledri sangat banyak untuk kesehatan manusia. Pada ulasan kali ini, akan dibahas beberapa manfaat seledri untuk kesehatan.

manfaat seledri untuk kesehatan

Seledri Tanaman Obat Penyakit Jantung

Mengapa disebut sebagai tanaman obat keluarga seledri? Jawabannya sudah pasti karena tanaman ini memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan para keluarga. Manfaat seledri yang pertama adalah dapat mencegah dan mengobati penyakit jantung. Sudah menjadi rahasia umum bahwa seseorang yang menderita penyakit jantung nyawanya bisa sewaktu-waktu terancam. Saat terjadi pembengkakan otot jantung, kinerja jantung akan berkurang dan bisa menyebabkan kematian pada si penderita.

Untuk Anda yang menderita penyakit jantung, sangat disarankan untuk mengonsumsi daun seledri. Kandungan dalam daun seledri mampu membuat kinerja jantung tetap normal. Perbanyak konsumsi daun seledri agar jantung Anda tetap sehat.

Seledri Tanaman Obat Kolesterol

Seledri menjadi salah satu tanaman herbal yang memiliki kandungan kalori sangat rendah. Daun seledri hanya memiliki 16 kalori per 100 gram. Daun seledri juga mengandung serat nonlarut. Seledri ini baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Sayuran ini menjadi salah satu jenis sayuran yang disarankan untuk penderita kolesterol.

Selain itu, seledri memiliki kandungan zat antioksidan yang tinggi. Selain dapat menurunkan kolesterol, seseorang yang banyak mengonsumsi seledri akan memiliki tingkat kekebalan tubuh yang tinggi. Oleh karena itu, saat tubuh Anda mulai menunjukkan gejala kurang sehat, sebaiknya perbanyak mengonsumsi daun seledri.

Seledri Tanaman Obat Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat berperan dalam menjaga metabolisme tubuh. Saat ginjal terganggu, sistem metabolisme tubuh pun akan terganggu juga. Organ tubuh ini harus dijaga dengan baik supaya tubuh kita pun senantiasa sehat.

Tanaman obat seledri mengandung asam folat, niasin, riboflavin, dan vitamin C yang sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh. Untuk Anda yang ingin terhindar dari penyakit ginjal, tidak ada salahnya untuk sering-sering mengonsumsi seledri. Sayuran ini memiliki rasa dan aroma yang khas yang bisa melezatkan masakan.

Seledri Tanaman Obat Asam Urat dan Kanker

Asam urat merupakan penyakit yang sering mengganggu seseorang yang mulai memasuki usia senja. Penyakit ini menyerang otot-otot manusia. Orang yang menderita asam urat akan sering merasakan nyeri pada otot-otot tubuh mereka. Untuk mengatasi asam urat, Anda bisa mengonsumsi lebih banyak seledri. Kandungan dalam seledri dapat mengatasi penyakit asam urat.

Selanjutnya, bagi seseorang yang ingin terhindar dari penyakit kanker, tanaman seledri juga bisa dijadikan salah satu cara untuk mencegah resiko terkena kanker. Di dalam seledri terkandung zat antioksidan yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, tanaman obat keluarga seledri juga mengandung flavonoid dan betakaroten yang mampu mencegah tumbuhnya sel kanker.

Seledri Tanaman Obat Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang mana kadar gula dalam darah terlalu tinggi. Orang yang beresiko terkena diabetes adalah mereka yang memiliki berat badan berlebih. Penyakit ini termasuk penyakit yang mengancam nyawa seseorang karena bisa menyebabkan kematian. Umumnya, mereka yang menderita diabetes dianjurkan untuk melakukan diet. Diet ini berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Makanan yang disarankan untuk penderita diabetes adalah seledri.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, seledri termasuk salah satu tanaman yang rendah kalori. Selain itu, tanaman ini juga kaya serat. Serat berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Oleh karena itu, ketika Anda banyak mengonsumsi seledri, sistem pencernaan Anda akan terjaga. Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan langsung dicerna menjadi energi, bukan tertinggal sebagai lemak. Untuk itu, makanan ini dapat menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula dalam darah.

Seledri Tanaman Obat Keluarga untuk Mata

Tanaman obat keluarga seledri memang kaya manfaat. Manfaat terakhir tanaman ini adalah dapat membuat mata selalu sehat. Mengapa demikian? Karena seledri memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A dan Betakaroten dalam seledri menjadi semacam antioksidan flavonoid yang alami pada tubuh. Nutrisi ini dapat menjaga selaput lendir tetap sehat. Antioksidan flavonoid alami ini baik untuk kesehatan kulit dan juga kesehatan mata. Untuk itu, orang yang sering mengonsumsi seledri akan terhindar dari berbagai macam penyakit mata.

Jika melihat manfaat Seledri sebagai obat, tanaman ini memang bisa dimasukkan ke dalam kumpulan jenis tanaman obat. Seledri memiliki kandungan nutrisi yang sangat kompleks. Seperti yang telah dijelaskan di atas, seledri mengandung vitamin A, vitamin C, antioksidan, rendah kalori, vitamin K, kalsium, kalium, asam folat, dan nutrisi lain yang baik untuk tubuh. Tanaman ini sangat disarankan untuk dikonsumsi manusia.

Seledri bisa dikonsumsi mentah ataupun dimasak. Proses untuk memasak seledri tidak lama, cukup 3 menit saja agar semua nutrisi dalam seledri tidak hilang karena proses memasak. Satu hal yang perlu Anda perhatikan untuk tanaman obat keluarga seledri ini adalah tidak boleh dihangatkan. Apabila sayur dengan seledri dihangatkan, kandungan nutrisi dalam seledri bisa menjadi racun yang berbahaya untuk tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *