Manfaat Tanaman Obat Kumis Kucing Bagi Kesehatan

Posted on

Tanaman obat kumis kucing memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan sangat mujarab untuk dijadikan penyembuh berbagai penyakit. Tanaman ini masuk dalam golongan lamicaeae/labiatae yang berasal dari Australia dan Asia namun sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Bagian yang dapat dijadikan obat pada tanaman kumis kucing ialah bagian daunnya. Anda dapat menemukan daun kumis kucing dengan mudah di pasar tradisional baik dalam keadaan kering atau dalam keadaan basah. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari kumis kucing bagi kesehatan.

Tanaman obat kumis kucing

Tanaman obat penyakit ginjal

Penyakit pertama yang dapat disembuhkan oleh daun kumis kucing ialah penyakit ginjal. Dengan mengkonsumsi daun kumis kucing secara teratur peradangan di ginjal akan berkurang sehingga organ dapat bekerja dengan baik untuk menyaring limbah di tubuh. Berikut adalah langkah yang harus dilakukan untuk membuat ramuan pengobat ginjal:

  1. Siapkan 100 gr daun kumis kucing, bersihkan dengan air mengalir.
  2. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih kemudian tunggu sampai hanya tersisa 1 gelas air saja.
  3. Minumlah ramuan tersebut tiga kali dalam sehari secara rutin.

Tanaman obat rematik

Manfaat tanaman obat kumis kucing juga dapat dijadikan sebagai obat rematik. Rematik merupakan penyakit yang dapat menyerang urat, persendian dan otot. Para penderita rematik akan merasa linu atau nyeri pada bagian-bagian tersebut. Faktor penyebab seseorang menderita penyakit rematik antara lain faktor keturunan, perubahan hormon seiring bertambahnya usia atau virus. Gejala bila seseorang terserang penyakit rematik antara lain:

  • melemahnya cara kerja otot
  • terdapat benjolan yang sangat terlihat di permukaan kulit
  • nyeri pada anggota gerak
  • sendi menjadi kaku
  • terjadi pembengkakan pada persendian
  • sering terjadi kejang pada otot
  • sendi berbunyi ketika digerakkan
  • terdapat organ tubuh yang berubah bentuk

Cara mengobati rematik dengan tanaman kumis kucing ialah dengan merebus 5 helai daun kumis kucing yang dicampurkan dengan 2 helai daun meniran dengan 3 gelas air. Jangan lupa untuk mencuci hingga bersih daun-daun tersebut. Rebus hingga mendidih, kemudian tunggulah hingga dingin. Setelah air rebusan tersebut dingin, minumlah tiga kali dalam sehari. Untuk sekali minum sebanyak ½ gelas. Minumlah ramuan ini secara teratur dan dapat dipastikan rematik akan segera sembuh.

Tanaman obat keluarga dan manfaatnya

Kumis kucing merupakan salah satu tanaman yang masuk dalam kategori toga atau tanaman obat keluarga. Kumis kucing yang mampu bertahan pada lokasi yang memiliki cuaca panas ini juga dapat dijadikan sebagai obat pelancar buang air kecil. Pengeluaran urin merupakan hal yang sangat penting dan wajib untuk proses metabolisme tubuh. Oleh karenanya, jika seseorang tidak dapat mengeluarkan air seni secara teratur, hal ini akan berakibat buruk terhadap kesehatan. Salah satu faktor sulitnya mengeluarkan air seni adalah karena terjadi infeksi pada saluran kencing, kandung kemih atau saluran ginjal. Penyebab terjadinya infeksi ialah adanya bakteri e coli yang dapat bertahan hidup pada veses atau usus manusia. adapaun gejala yang umumnya dirasakan oleh penderita infeksi saluran kencing antara lain:

  • pinggang terasa nyeri dalam waktu yang lama
  • kesakitan ketika kencing
  • warna urin sangat pekat dan kecoklatan
  • merasa sangat ingin buang air kecil namun tidak ada air seni yang keluar

Untuk mengatasi infeksi saluran kencing dengan gejala-gejala di atas, daun kumis kucing, sangatlah mujarab. Ambillah 7 helai daun kumis kucing yang masih muda lalu rebuslah dengan 2 gelas air putih selama kurang lebih 15 menit. Minumlah ramuan tersebut masing-masing ½ gelas setiap pagi dan sore hari.

Tanaman obat diabetes

Tanaman herbal kumis kucing ternyata dapat mengobati penyakit diabetes secara efektif. Diabetes terjadi karena kadar gula yang meningkat di dalam darah yang disebabkan oleh pankreas yang gagal menghasilkan insulin dengan jumlah yang mencukupi. Diabetes dapat menyerang seseorang karena berbagai faktor seperti pola hidup dan pola makan yang salah serta faktor genetik. Beberapa indikasi jika seseorang terkena penyakit diabetes antara lain:

  • sulit berkeringat
  • berat badan yang terus menurun
  • mudah kelelahan
  • intensitas buang air kecil semakin meningkat
  • seing merasa kehausan
  • jika terdapat luka terbuka, maka sulit mengering
  • sering mengalami kesemutan

Untuk mengobati penyakit yang banyak ditakuti orang ini dapat dilakukan dengan merebus 15 helai daun kumis kucing segar yang sudah dicuci bersih. Rebus daun tersebut menggunakan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas dengan api sedang, tunggulah hingga dingin dan minum ramuan tersebut satu kali sehari.

Tanaman obat herbal hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi karena menyempitnya arteri. Pada saat cairan darah dalam tubuh dipompa dalam jumlah yang banyak oleh jantung, tenaga yang menekan arteri akan sangat besar. Jika terus dibiarkan, hipertensi dapat membuat seseorang terkena penyakit stroke atau jantung. Untuk mengatasinya, cobalah membuat obat herbal dengan cara merebus 50 gr daun kumis kucing kering dalam air secukupnya. Sementara itu seduhlah 50 gr daun kumis kucing basah dengan air panas. Setelah itu, campur keduanya dan minumlah ramuan tersebut satu gelas per hari.

Selain berbagai penyakit di atas, terdapat beberapa penyakit yang dapat disembuhkan  menggunakan tanaman  obat kumis kucing di antaranya adalah sembelit, sipilis, batu ginjal, batuk, masuk angin, keputihan, asam urat dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *