Mari Simak Berbagai Manfaat Sayur Kol Bagi Kesehatan

Posted on

Makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh adalah sayuran. Tetapi banyak orang yang malas untuk mengkonsumsi sayur dengan alasan tidak enak ataupun tidak suka sayur. Padahal sayur sangat baik karena memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Salah satu jenis sayur yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan adalah sayur kol. Manfaat sayur kol untuk kesehatan sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Sudah banyak sekali penelitian yang membuktikan Manfaat sayur kol. Bentuk daun kol melebar dan membentuk bulatan yang padat. Pada bagian luar ada yang memiliki warna daun hijau dan ada yang putih. Itu tergantung dengan kualitas tanah yang digunakan untuk menanamnya. Banyak sekali orang yang menanyakan perbedaan kubis dan kol, padahal jawabannya adalah simple yaitu kubis adalah nama lain dari kol. Istilah kol lebih banyak digunakan oleh orang perkotaan tetapi di daerah lebih banyak yang menyebutnya dengan nama kubis. Untuk mengerti manfaat kol untuk kesehatan maka baca penjelasan dibawah ini.

Manfaat sayur kol

Manfaat sayur kol bagi kesehatan

Membantu pembentukan sel darah merah

Salah satu kandungan sayur kol adalah zat besi, zat yang satu ini merupakan penunjang pembentukan sel darah merah pada tubuh. Jadi bagi anda yang merasa memiliki darah rendah sangat baik untuk mengkonsumsi kol. Selain itu kol juga sangat ampuh untuk meningkatkan kualitas darah yang ada pada tubuh. Mengkonsumsi kol setiap hari ternyata juga sangat baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan anda.

Mencegah kanker

Kanker adalah penyakit yang sangat berbahaya. Sudah banyak sekali orang yang kehilangan nyawa karena penyakit ini. Lebih baik anda mencegah datangnya penyakit kanker secara dini. Hal yang wajib anda ketahui adalah penyakit kanker menyerang umumnya disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan kita yang mengkonsumsi makanan junk food. Tidak pernah olahraga juga bisa memicu sel kanker muncul pada tubuh. Kanker disebabkan oleh radikal bebas, radikal bebas yang tidak dikeluarkan akan menjadi racun pada tubuh yang akan memicu kanker. Pada manusia yang menjalani hidup sehat, radikal bebas akan dikeluarkan melalui metabolisme tubuh. Pada sayur kol terdapat zat yang bisa membuat sel kanker tidak bisa tumbuh. Sebuah penelitian yang dilakukan di China menyebutkan wanita yang rajin mengkonsumsi kol akan bisa menurunkan resiko seseorang terkena kanker.

Mengatasi tekanan darah tinggi

Zat yang terkandung pada kol salah satunya adalah kalium. Zat yang satu ini sejak zaman dahulu dipercaya sangat aktif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Jadi bagi anda yang mengalami tekanan darah tinggi sangat disarankan untuk rajin mengkonsumsi daun kol setiap hari. Ada banyak sekali resep sayur kol yang bisa anda jadikan pilihan. Dan dengan berbagai resep tersebut akan membuat anda tidak bosan dengan sayur kol.

Menurunkan berat badan

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet maka sayuran yang baik dan direkomendasikan adalah sayur kol. Kol sama dengan sayuran lain yang mengandung banyak sekali serat yang bisa menghancurkan lemak pada tubuh anda. Untuk program diet sangat disarankan mengkonsumsi kol saat mentah jadi anda bisa membuat kol tersebut sebagai salad atau lalapan. Tetapi untuk bisa menurunkan berat badan dengan menggunakan kol tidak instan dan sedikit membutuhkan waktu.

Mengeluarkan racun pada tubuh

Fungsi utama sayur kol pada tubuh adalah untuk mengeluarkan racun. Tubuh anda setiap hari akan menerima racun baik dari lingkungan ataupun makanan yang dikonsumsi. Racun yang menumpuk pada tubuh akan membuat kekebalan tubuh anda mejadi berkurang dan itu akan membuat anda rawan terkena penyakit. Dengan mengkonsumsi sayur kol maka racun yang ada pada tubuh anda bisa hilang. Itu karena daun kol bisa membuat racun pada tubuh keluar melalui metabolisme tubuh.

– Baik untuk kesehatan mata

Beta karoten yang ada pada sayur kol memang sangat dibutuhkan oleh mata. Dengan mendapat asupan nutrisi beta karoten maka mata anda akan terjaga kesehatannya. Kebutuhan beta karoten sangat tinggi pada mata jadi anda disarankan untuk rajin mengkonsumsi sayur kol. Selain itu kandungan zat yang ada pada kol juga bisa membuat peredaran darah ke mata menjadi lebih lancar.

Melancarkan pencernaan

Susah buang air besar umumnya disebabkan karena anda sangat kurang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Padahal serat itu sangat dibutuhkan oleh tubuh. Orang yang kurang serat akan sangat mudah terkena masalah pencernaan. Sayur kol memiliki kandungan serat sangat tinggi dan baik untuk pencernaan anda. Mengkonsumsi kol setiap hari bisa membuat anda terhindar dari berbagai macam masalah pencernaan.

Baik untuk janin

Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi makanan sembarangan. Itu karena dalam kandungannya terdapat janin yang juga harus mendapatkan nutrisi yang sesuai. Kandungan asam folat pada sayur kol cukup tinggi dan itu sangat baik untuk kesehatan ibu hamil beserta janin yang ada di kandungan. Asam folat sangat dibutuhkan oleh janin untuk memenuhi asupan gizi harian. Jika janin mendapatkan asam folat dengan jumlah yang pas maka akan membuat lahir dengan sehat dan sempurna.

Sayur kol memang memiliki banyak sekali manfaat dan kita tidak bisa mengelak lagi. Dengan alasan tersebut mulai sekarang anda harus meningkatkan konsumsi sayur kol agar kesehatan anda semakin baik. Manfaat sayur kol akan anda bisa rasakan jika anda mau mengkosumsinya secara rutin karena ini adalah cara alami jadi anda tidak akan sehat secara instan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *