Masker Mentimun untuk Kulit Wajah Berminyak Beserta Manfaatnya

Posted on

Memiliki kulit yang berminyak bisa menjadi sebuah mimpi buruk. Maka dari itu untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan masker mentimun untuk kulit wajah berminyak. Masker dari buah mentimun ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menggunakan masker dari bahan alami. Khasiat dari buah yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Buah yang biasa digunakan untuk lalapan ini memiliki kandungan air yang banyak sehingga bisa membuat wajah terasa segar dan dapat mengatasi masalah minyak berlebih di wajah. Penggunaan mentimun sebagai perawatan muka memang sudah banyak yang melakukannya. Cara menggunakan buah mentimun sebagai masker wajah untuk kulit berminyak cukup mudah. Bagi Anda yang belum tahu caranya mari kita simak pembahasannya dibawah ini.

masker mentimun untuk kulit wajah berminyak

Cara Buat Masker Mentimun untuk Kulit Wajah Berminyak

Masker mentimun menjadi salah satu cara untuk mengatasi permasalahan wajah berminyak secara alami. Bahan alami yang digunakan untuk masker memang lebih aman bila dibandingkan dengan menggunakan bahan kimia yang justru akan membahayakan kesehatan kulit Anda. Cara menggunakan masker mentimun sangat sederhana. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk bisa membuat masker mentimun.

  1. Siapkan Buah Mentimun Segar

Dalam membuat masker mentimun untuk kulit wajah berminyak, Anda membutuhkan 1 buah mentimun yang masih segar. Anda bisa membelinya di pasar tradisional maupun di supermarket. Bersihkan mentimun tersebut menggunakan air sebelum dihaluskan. Hal tersebut bertujuan agar kotoran yang ada di timun tersebut hilang.

  1. Haluskan Mentimun

Setelah mentimun dicuci bersih, potong mentimun menjadi beberapa bagian kecil. Anda bisa langsung menghaluskannya dengan menggunakan blender atau ditumbuk sendiri. Jika telah halus, Anda bisa menyaring antara sari timun dengan ampasnya. Untuk atasi wajah berminyak dengan mentimun maka ambil sari mentimunnya.

  1. Campurkan Beberapa Bahan Lainnya

Setelah diblender hingga halus, masker mentimun mengurangi wajah berminyak tersebut bisa Anda langsung pakai. Namun, Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan alami lainnya agar hasilnya lebih maksimal. Bahan yang bisa Anda campurkan dengan mentimun diantaranya adalah sari jeruk lemon, alpukat yang telah dihaluskan, susu bubuk dan putih telur. Semua bahan tersebut Anda campurkan dengan mentimun yang telah diblender tadi lalu aduk rata hingga menjadi pasta.

  1. Bersihkan Wajah

Sebelum masker mentimun untuk kulit wajah berminyak diaplikasikan pada wajah, sebaiknya Anda membersihkan wajah terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar kotoran maupun sisa make up yang melekat pada wajah bisa hilang, dengan seperti itu pori-pori pada muka Anda pun akan menjadi lebar. Jika muka Anda bersih maka kandungan flavonoid yang ada pada mentimun dapat menyerap dengan sempurna. Proses menghilangkan minyak berlebih pada wajah pun bisa maksimal.

  1. Aplikasikan Pada Wajah

Jika wajah telah bersih dari kotoran maupun sisa make up maka Anda bisa langsung mengaplikasikan masker mentimun yang telah dicampurkan bahan alami lainnya tersebut ke muka Anda. Pijat wajah Anda secara lembut menggunakan jari tangan. Lalu diamkan selama 15-20 menit agar masker mentimun tersebut dapat meresap ke pori-pori wajah. Setelah dirasa kering, Anda bisa langsung membilasnya menggunakan air hangat hingga bersih. Setelah itu keringkan wajah dengan menggunakan handuk kering dengan cara ditepuk-tepuk.

Masker mentimun mengatasi wajah berminyak tersebut memang terbukti ampuh dalam mengatasi permasalahan pada wajah salah satunya adalah kulit berminyak dan dapat mencerahkan kulit wajah. Apalagi jika masker mentimun tersebut dicampurkan dengan menggunakan bahan-bahan yang telah dijelaskan diatas maka manfaatnya pun akan lebih banyak dan maksimal.

Selain digunakan untuk wajah yang berminyak, mentimun juga memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kecantikan. Hampir semua permasalahan pada kulit wajah bisa Anda atasi dengan menggunakan masker mentimun. Dibawah ini ada beberapa manfaat dari masker mentimun yang harus Anda ketahui.

  1. Mengatasi Jerawat

Jerawat memang dianggap sangat menyebalkan karena berpengaruh terhadap penampilan dan bisa membuat kita merasa kurang percaya diri. Apalagi jika terdapat noda hitam bekas jerawat yang sangat meresahkan. Maka untuk mengatasi permasalahan wajah yang satu ini gunakanlah masker mentimun. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes air mawar.

  1. Mengatasi Wajah Kering

Selain bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan jerawat pada wajah, masker mentimun juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi wajah yang kering. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan mentimun lalu campurkan dengan madu dan oat secukupnya. Lalu oleskan secara merata masker tersebut ke wajah. Diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air hangat. Gunakanlah masker mentimun tersebut setiap 3 minggu sekali untuk bisa mendapatkan wajah yang lembab.

Manfaat timun untuk wajah berminyak akan lebih efektif bila ditambah dengan minyak zaitun. Campuran minyak zaitun berguna untuk mengurangi kadar minyak berlebih di wajah. Pada mentimun yang telah dihaluskan, Anda bisa memberikan satu sendok minyak zaitun. Untuk mengaplikasikannya pada wajah, Anda bisa menggunakan kapas agar lebih merata.

Cukup mudah bukan cara membuat masker mentimun untuk wajah yang berminyak? Tentunya dengan menggunakan masker dari bahan alami jauh lebih aman, maka aman bila digunakan setiap hari. Selain aman, harganya pun cukup murah dan mudah ditemukan di pasar tradisional maupun swalayan. Jika Anda rutin menggunakan masker mentimun ini maka kadar minyak pada wajah bisa terkontrol dengan baik. Demikianlah artikel tentang cara membuat masker mentimun kulit wajah berminyak beserta manfaat lainnya. Mari kita menggunakan bahan alami sebagai produk kecantikan dan kesehatan tubuh.

Apa Yang Pengunjung Cari?

  • manfaat timun untuk muka terbukti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *