Mengenal Aneka Bunga Hias

Posted on

Siapa yang tidak mengenal tanaman hias atau bunga hias. Aneka bunga hias ini biasanya ada di pekarangan rumah atau ada juga yang sengaja ditanam di pot utnuk diletakkan di dalam rumah.

Pengertian bunga hias sendiri adalah tanaman bunga yang bentuknya cantik dengan warna bunga yang menawan, dan pastinya indah dipandang mata. Beberapa tanaman hias ini ada yang hanya indah ketika dipandang, ada juga yang mempunyai manfaat untuk kesehatan.

Aneka bunga hias ini juga cukup beragam, baik dari bentuk, bunga warna dan hal lainnya. Ulasan kali ini akan membahas macam-macam tanaman hias yang paling banyak Anda temukan atau yang paling sering ditanam.

  • Aneka Bunga Hias Anggrek

Tanaman hias yang pertama adalah adalah tanaman anggrek, nama latin tanaman ini adalah orchidaceae. Tanaman yang satu ini mudah Anda temui, selain bentuk bunganya yang cantik, mudah ditanam, beberapa jenis bunga ini mengeluarkan aroma yang sangat wangi.

Tanaman anggrek ini mempunyai jenis yang tidak sedikit. Untuk habitat, tanaman ini tersebar ke berbagai daerah, mulai dari daerah sirkumpolar hingga ke daerah tropika basah. Kebanyakan tanaman ini tumbuh di daerah tropis.

Ciri utama tanaman ini adalah menggunakan batang tanaman lain untuk hidup, walaupun ada beberapa jenis tanaman ini yang memang hidup di atas permukaan tanah.

Dilihat dari manfaat tanaman ini mempunyai banyak manfaat untuk manusia, adapun manfaat yang Anda peroleh adalah dapat menghilangkan stress, dapat mengatasi gangguan syaraf dan fungsi otak, dapat mengatasi sakit gigi dan juga telinga, dll. Sedangkan di masyarakat China tanaman ini biasnya digunkan sebagai obat umur panjang.

  • Aneka Bunga Hias Mawar

Tanaman hias berikutnya yang banyak Anda temui adalah mawar. Jenis-jenis bunga hias mawar ini cukup banyak, ada yang bunganya kecil, ada juga yang bunganya banyak, ada yang bunganya tumbuh merumpun, ada juga yang bunganya tumbuh 1 per satu.

Ciri yang paling jelas dari tanaman ini adalah memiliki duri di bagian batang tanaman tersebut. Selain itu, tanaman ini mempunyai banyak sekali warna bunga, ada yang berwarna merah, merah muda, kuning, bahkan ada juga yang berwarna hitam.

Manfaat bunga mawar untuk manusia adalah dapat mengatasi kulit berjerawat, membantu menyegarkan kulit, menyegarkan kulit wajah, dll.

  • Aneka Bunga Hias Melati

Aneka bunga hias berikutnya adalah melati. Tanaman yang identik dengan warna putih ini selain mempunyai aroma yang wangi. Walaupun dikategorikan sebagai bunga nasional, bunga ini ternyata tidak hanya tumbuh di Indonesia. Ada sekitar 200 jenis melati yang ada di dunia, namun ada sekitar 9 jenis melati yang paling sering dibudidayakan. Budidaya tanaman ini juga tidak terlalu sulit, dan biasnya daya tahan tanaman ini juga cukup tinggi.

Untuk manfaat, tanaman ini biasanya digunakan untuk menjadi wewangian, dapat mengatasi bisul, dapat digunakan sebagai obat kumur, dll.

  • Aneka Bunga Hias Kembang Sepatu

Kembang sepatu atau nama latinnya Hibiscus rosa-sinensis L adalah tanaman semak yang mudah Anda temuka. Tanaman ini sendiri berasal dari dataran Asia Timur. Tanaman ini mempunyai ukuran bunga yang cukup besar, untuk warna bunga ada yang berwarna merah, kuning, orange, dll.

Orang menyebut tanaman ini dengan sebutan bunga terompet, karena desain bubnga dari tanaman ini mirip dengan terpompet. Untuk proses penanaman tanaman ini juga tidak terlalu sulit, Anda dapat menggunakan cara mencangkok, stek, dll. Selain itu daya tahan tanaman ini juga cukup kuat untuk ditanam di mana saja.

Untuk manfaat, tanaman ini mempunyai berbagai macam manfaat, seperti dapat menyemir sepatu, sebagai pewarna makanan, dll.

  • Aneka Bunga Hias Kamboja

Nama lain dari tanaman ini adalah plumeria. Di Indonesia, tanaman ini biasanya Anda temuka di daerah pemakanan. Untuk ciri-ciri fisik dari tanaman ini, tidak sulit. Tanaman ini mempunyai bunga yang berwarna kuning putih, dan dapat didup di dataran rendah atau juga di dataran tinggi. Di Bali sendiri, bunga dari tanaman ini digunakan untuk acara keagamaan.

Walaupun getah tanaman ini mengandung racun yang tidak baik untuk kesehatan, karena dapat menimbulkan gatal-gatal, namun tanaman ini juga mempunyai banyak khasiat lainnya. Salah satunya adalah bagian bunganya yang berkhasiat untuk mengatasi kencing benanah, bisul dan juga bengkak.

  • Aneka Bunga Hias Kemuning

Tanaman yang satu ini biasanya tumbuh di darah tropis, tinggi tanaman ini biasanya mencapai 7 meter. Yang menarik dari tanaman ini adalah, tanaman ini berbunga sepanjang musim. Daun dari tanaman ini mirip seperti daun jeruk.

Ciri lainnya adalah tanaman ini mempunyai jenis bunga yang majemuk, dengan bentuk sekitar 12 hingga 18 mm. Warna bunganya khas yaitu putih, dan mengeluarkan aroma yang wangi. Pada saat tanaman ini berbunga, akan mengeluarkan aroma yang sangat wangi.

Berdiam diri di dekat tanaman ini akan membuat hati menjadi tentram, karena aroma yang dikeluarkan oleh bunga tersebut.

Dari segi manfaat, tanaman ini mempunyai banyak sekali manfaat, antara lain dapat mengatasi radang buah zakar, mengatasi infeksi saluran kencing, dapat mengatasi keputihan, dapat mengatasi haid yang tidak teratur, dapat menghaluskan kulit, dll. Di daerah Minangkabau sendiri, tanaman ini biasanya digunakan untuk membuat tangkai pisau atau golok. Bagian yang digunakan biasanya bagian akar.

Selain aneka jenis aneka bunga hias yang telah disebutkan di atas, masih ada aneka bunga hias lain yang banyak ditanam, seperti adenium, chrysanthemum, lily, dll. Tanaman-tanaman ini juga mudah ditanam, selain cantik, tanaman-tanaman ini juga mempunyai banyak manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *