Mengenal Tanaman Hias Adenium

Posted on

Sebagian dari Anda mungkin menenal nama tanaman ini, tapi sebagian Anda mengenal tanaman ini dengan bentuk bunganya. Tanaman hias adenium, atau orang mengenal tanaman ini dengan sebutan Kamboja Jepang. Entah kenapa tanaman ini disebut dengan Kamboja Jepang, Karena sebenarnya tanaman ini berasal dari Asia barat dan juga Afrika.

Tanaman ini adalah salah satu tanaman yang paling banyak disukai, karena selain bunganya yang cantik, tanaman ini mudah untuk dirawat. Anda yang tertarik dengan tanaman ini ada baiknya jika mempelajari aneka jenis tanaman hias adenium, serta bagaimana cara budidaya tanaman hias adenium tersebut. Dengan demikian, Anda akan menemukan tanaman adenium yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Jenis tanaman hias Adenium paling mahal

Jenis tanaman hias Adenium paling mahal

Jenis tanaman hias adenium ini cukup banyak, jika tanaman ini sudah dibuat dalam bentuk bonsai, maka harga dari tanaman ini cukup tinggi. Berikut ini adalah beberapa macam tanaman hias adenium yang memiliki harga cukup mahal, seperti :

–       Tanaman hias Adenium boehmianum

Jenis tanaman hias adenium yang pertama ini mempunyai bunga yang cukup cantik, berukuran 5 cm, dengan warna merah muda dan juga ungu. Tanaman ini juga mudah Anda temui karena cara menanam tanaman ini tidak terlalu sulit.

–       Tanaman hias Adenium Obesum

Tanaman hias adenium obesum adalah tanaman berikutnya yang juga paling disuka. Dilihat dari bentuknya tanaman ini cukup cantik. Cabang tanaman ini cukup banyak, untuk warna daun, tanaman ini mempunyai warna yang cukup beragam, ada yang warnanya hijau tua ada juga yang hijau keabu-abuan. Yang menarik dari tanaman ini adalah, daunnya akan menggugurkan diri ketika kondisi lahannya tidak baik.

–       Tanaman hias Adenium Somalense

Bunga tanaman ini cukup kecil dibandingkan bunga tanaman adenium lainnya, hanya sekitar 5 cm. Bentuk bunganya seperti bintang dengan kombinasi warna putih dan pink. Bentuk daun tanaman ini menyempit di bagian depan.

–       Tanaman hias Adenium Socotranum

Tanaman ini juga mudah Anda temui di padang pasir. Jenis tanaman ini memang jarang berbunga, karena tanaman ini jarang mendapatkan cukup air.

–       Tanaman hias Adenium Oleifolium

Jenis tanaman ini memang jarang Anda temui, bunga dari tanaman ini juga jarang Anda temukan. Karena tanaman ini cenderung memperbesar ukuran bonggolnya, dibandingkan bunganya. Namun jika berbunga warna dan bunga tanaman ini sangat cantik.

–       Tanaman hias Adenium Arabicum

Berbeda dengan bentuk adenium lainnya. Jenis tanaman yang satu ini mempunyai bonggol yang cukup besar, dengan bentuk bonggol yang cukup kokoh, bahkan ada yang mencapai 1 meter. Untuk bunga, mirip dengan adenium obesum.

–     Tanaman hias Adenium Multiflorum

Bentuk tanaman ini cukup cantik, dengan batang tegak lurus, dan kokoh. Warna daun hijau tua dengan bunga berwarna putih dengan kombinasi kelopak merah muda.

Teknik bonsai tanaman hias Adenium

Berikutnya adalah bagaimana teknik membuat tanaman adenium ini menjadi tanaman bonsai. Untuk budidaya tanaman hias adenium menjadi tanaman bonsai, maka memerlukan perawatan khusus, seperti :

–          Mempersiapkan bibit Adenium

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan bibit adenium yang hendak Anda tanam. Untuk Anda yang masih pemula, ada baiknya jika membeli biji indukan, atau Anda dapat membeli anakan adenium. Sebaiknya beli dengan ukuran bonggol sekitar 20 cm, ukuran cabangnya sekitar 5 buah dengan sisi simetris dan berbentuk seperti mahkota. Untuk bagian bonggol , sebaiknya pilih bonggol yang gemuk, dan batang berwarna hijau.

–          Menyiapkan lahan tanam

Langkah berikutnya adalah memilih media tanam atau lahan yang akan digunakan. Untuk langkah ini, sebaiknya pehatikan unsur haranya, pastikan unsur haranya cukup baik untuk tanaman yang satu ini. Untuk memastikan hal ini, Anda perlu memastikan jenis media yang pas, dan juga perhatikan bagaimana cara menyiram tanaman ini dengan baik, agar tanaman ini dapat berkembang dengan maksimal.

–          Memindahkan bibit tanaman hias adenium

Ketika Anda memindahkan tanaman ini ke pot yang lebih besar, ada baiknya jika Anda berhati-hati akan akar tanaman tersebut. Untuk langkah awal, pastikan pertumbuhan akar dalam kondisi baik, demikian pula dengan pertumbuhan bagian lainnya.

Ketika proses pemindahan ini, ada baiknya jika Anda juga memperahtikan media tanam yang akan digunakan. Pastikan media tanam yang akan digunakan dalam kondisi baik dan siap tanam, jangan sampai membuat akar mati.

–          Membentuk Tanaman Hias Adenium

Langkah terakhir adalah membentuk tanaman hias adenium tersebut menjadi tanaman bonsai adenium. Untuk langkah ini, Anda harus menemukan type bonsai yang akan digunakan. Untuk memudahkan Anda dalam membuat bonsai ini Anda dapat melihat berbagai macam desain adenium bonsai yang ada.

Langkah berikutnya adalah membentuk akar bonggol. Untuk langkah yang satu ini, ada baiknya jika Anda memperhatikan jenis adenium yang Anda gunakan.

Berikutnya adalah bagian batang. Untuk hal ini, Anda sebaiknya tidak terlalu memaksakan desian bonsai tertentu. Sesuaikan desain bonsai yang hendak dibuat dengan jenis bonsai dan karakter bonsai tersebut. Dengan demikian akan menghasilkan bonsai yang cantik.

Untuk teknik membuat ranting, ada baiknya jika Anda menggunakan teknik berikut ini, seperti teknik potong, teknik grafting, teknik pruning dan juga teknik double tracking.

Dengan mengetahui berbagai macam hal tersebut, Anda akan mudah membuat bonsai adenium.  Tentunya tidak sulit untuk menanam tanaman hias adenium ini. Yang harus Anda lakukan adalah mengenal jenis tanaman hias adenium, kemudian mengetahui bagaimana cara membudidaya dan membuat tanaman tersebut menjadi tanaman bonsai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *