Menguak Khasiat Obat Tradisional Meniran

Posted on

Obat tradisional meniran kini mulai diminati oleh banyak orang karena khasiatnya yang mampu melawan berbagai jenis penyakit. Meniran merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki strukstir batang basah berbentuk bulat. Tanaman ini dapat tumbuh dengan tinggi mencapai sekitar 50cm. Struktur daun meniran memiliki daun majemuk kecil dengan tulang daun menyirip. Meskipun sebagian orang masih mengganggap meniran sebagai tumbuhan liar, namun kini banyak masayarakat yang mulai membudidayakan meniran sebagai tanaman obat.

Tanaman obat  keluarga dan manfaatnya

Meniran tergolong dalam tanaman obat keluarga karena memiliki berbagai khasiat untuk mengobati beragam penyakit.pengobatan secara herbal. Pengobatan tradisional tersebut kini lebih dipilih karena sudah banyak terbukti lebih efektif dan yang paling penting, tidak memiliki efek samping dan efek ketergantungan. Berikut ini adalah manfaat tanaman meniran selengkapnya:

  1. Dengan adanya sumber pencemaran dimana-mana perkembangan kuman dan bakteri tentunya juga semakin meluas. Jika daya tahan atau system imun tubuh tidak terjaga dengan baik, maka berbagai penyakit akan dengan mudah menyerang. Kandungan zat flavonoid pada tumbuhan meniran dapat bekerja secara efektif pada sistem imun yang akan meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga, mengkonsumsi daun meniran akan membuat Anda dapat terhindar dari serangan berbagai kuman, bakteri atau virus.
  2. Sebagai obat anti radang

Peradangan dapat terjadi di berbagai bagian tubuh dan mengakibatkan rasa sakit. Beberapa hal seperti mengalami benturan atau terjangkit penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus dapat menjadi penyebab terjadinya radang. Tanaman meniran memiliki zat anti peradangan yang dapat meredakan radang secara efektif. Apabila terjadi peradangan pada salah satu anggota badan, segera konsumsi daun meniran secara teratur dan rasa nyeri peradangan pun akan segera hilang.

  1. Membantu proses pengobatan HIV

HIV merupakan salah satu penyakit mematikan dan sangat ditakuti oleh sebagian besar masyarakat dunia. Pengobatan untuk penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh ini memang masih terus didalami dengan berbagai penelitian. Namun, ternyata kandungan zat nirusida pada tumbuhan obat meniran telah terbukti dapat menghambat penyebaran virus HIV hinga 75%.

  1. Menyembuhkan penyakit hepatitis B

Salah satu penyakit yang menyerang system pencernaan yang tergolong sebagai penyakit serius adalah Hepatitis B. Hepatitis B atau yang lebih dikenal sebagai penyakit kuning akan membawa virus yang mengakibatkan kulit di seluruh tubuh menguning. Jika tak sesegera mungkin mendapat penanganan, virus akan menyebar ke seluruh jaringan tubuh dan dapat berpotensi menyebabkan kematian. Daun meniran dengan kandungan senyawa seprti hipofilantin, filantin dan triakontanal mampu melawan penyebaran virus pada penderita hepatitis B sehingga tubuh penderita dapat segera pulih.

  1. Menstabilkan tekanan darah

Tanaman meniran ternyata memiliki kandungan senyawa yang dapat menurunkan serta menstabilkan tekanan darah tinggi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang dibiarkan berlarut-larut akan berpontensi untuk memicu kemunculan penyakit lainnya seperti stroke, jantung dan masalah dengan peredaran darah.

  1. Meringankan nyeri pada sendi

Memiliki aktifitas segudang atau usia yang semakin bertambah merupakan faktor utama penyebab nyeri sendi. Artikel tanaman obat dan manfaat banyak menjelaskan tentang kegunaan tanaman meniran yang ternyata juga mampu mengatasi nyeri sendi. Kemampuan meniran untuk meredakan nyeri pada sendi atau tulang ini dikarenakan terdapat kandungan dibencylbutirolactone di dalamnya. Senyawa inilah yang mampu meredakan rasa sakit dan berfungsi sebagai zat anti inflamasi.

  1. Menolak ketidak seimbangan kandungan kimia dalam tubuh

Zat kimia ada di dalam tubuh setiap manusia, namun apabila kandungan kimiawi ini tidak seimbang, efeknya justru membuat tubuh mudah terkena penyakit yang dibawa oleh bakteri, virus atau kuman. Mengkonsumsi tanaman merniran secara teratur dapat membuat kandungan kimia di dalam tubuh menjadi seimbang. Dengan kandungan kimiawi dalam tubuh yang seimbang, akan terjauh dari berbagai penyakit yang menyerang kekebalan tubuh atau sistem imun.

  1. Mengobati penyakit ginjal

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik atau masalah air seni yang tidak lancar bukanlah penyakit yang sepele. Zat-zat yang dimiliki oleh tanaman meniran mampu memperlancar kerja sistem pengeluaran air seni. Dengan demikian, segala racun dan toksin dapat dikeluarkan dari dalam tubuh secara normal maka ginjal pun dapat berfungsi dengan baik.

Tumbuhan obat diabetes dan kanker

Tanaman meniran ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan penyakit serius seperti:

  1. Meniran obat diabetes

Meniran merupakan salah satu tanaman obat diabetes yang baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes karena khasiatnya yang ampuh. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang cukup menyiksa karena terjadi pembatasan konsumsi berbagai asupan makanan, khususnya yang mengandung gula dan karbohidrat. Banyak penderita diabetes yang mendapatkan penyakit ini karena faktor keturunan atau pola hidup yang tidak baik sehingga akhirnya mengeluh karena tidak dapat makan dengan bebas. Konsumsi tanaman meniran adalah langkah tepat untuk menurunkan dan menstabilkan kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan meniran memiliki zat-zat aktif seperti insulin yang mampu melawan dan mencegah penyakit diabetes.

  1. Meniran obat kanker

Kanker adalah penyakit mematikan yang membuat sistem imun atau kekenalan tubuh penderitanya menjadi sangat lemah. Dalam keadaan sistem imun yang lemah, berbagai virus dan bakteri lain dapat lebih mudah datang. Tanaman meniran mampu menghambat dan mematikan pertumbuhan sel kanker tanpa efek samping dan resiko.

Setelah mengatahui berbagai manfaat dan khasiat tanaman meniran untuk kesehatan dan pengobatan, pasti banyak yang tertarik untuk mencoba memanfaatkan obat tradisional meniran dan masih banyak lagi fungsi lainnya seperti meniran untuk mengobati asam urat simak ulasan berikut diposting saya terdahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *