Mengupas Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan Kulit

Posted on

Manfaat kulit pisang bagi kesehatan dan kecantikan telah teruji secara klinis. Ternyata tidak hanya buahnya saja, namun kulit pisang pun juga memberikan efek positif bagi kesehatan khususnya kesehatan kulit. Dalam buah dan kulit pisang terdapat vitamin C, vitamin B, vitamin B6, kalsium, fosfor, magnesium serta zat besi. Penasaran apa saja manfaat yang dapat diperkaya dari kulit pisang, berikut kami sajikan informasinya.

Manfaat Kulit Pisang bagi Kesehatan Kulit

Mengangkat sel kulit mati

Khasiat kandungan kulit pisang yang pertama adalah dapat mengangkat sel-sel kulit mati khususnya kulit wajah. Sebagian dari Anda pasti banyak yang mengeluhkan kulit wajah yang terlihat kusam, mengandung minyak berlebih atau nampak selalu kotor. Ternyata, masalah-masalah tersebut dapat muncul karena terdapat sel kulit mati yang masih menempel di area wajah. Untuk mengatasinya, Anda tidak perlu bersusah payah dan menghabiskan banyak biaya hanya untuk datang dan konsultasi ke dokter spesialis kulit. Jangan juga mudah terbujuk dengan penawaran berbagai produk untuk mengatasi sederet masalah karena sel kulit mati yang belum terjamin keamanannya. Salah-salah, bukannya kulit wajah  kembali bersih bersinar namun malah menjadi rusak.

Anda bisa menggunakan kulit pisang yang mudah diperoleh, sangat sederhana, tidak mahal dan pastinya aman tak berefek samping. Meskipun sangat sederhana, namun khasiatnya dalam mengangkat sel kulit mati sudah terbukti. Caranya sangat mudah yakni cuci bersih kulit pisang (ambon, raja atau yang lainnya) kemudian uleg hingga bertekstur halus. Oleskan merata hasil ulegkan kulit pisang sebagai masker setelah wajah dibersihkan. Berbaring dan diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai masker sedikit mengering, barulah bilas wajah dengan air hingga bersih. Gunakan masker ini secara rutin dan rasakan hasilnya.

Mencerahkan kulit wajah

Mempunyai wajah yang cerah dan bersinar merupakan dambaan setiap orang khususnya para kaum hawa. Jika Anda salah satunya, tak perlu mengambil resiko untuk membuat kulit wajah cerah bersinar dengan mengaplikasikan berbagai krim yang saat ini banyak beredar dan belum tentu aman dan berkualitas. Cukup mengaplikasikan masker yang terbuat dari kulit pisang secara rutin maka kulit wajah cerah akan menjadi kenyataan.

Cara membuat masker kulit pisang pun tidaklah sulit, cukup menumbuk beberapa helai kulit pisang yang sudah dicuci bersih dengan cobek dan penumbuk batu sampai halus. Setelah halus, aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Sebaiknya, ketika memakai masker kulit pisang ini posisi tubuh berbaring dan rileks. Biarkan maskernya bekerja selama 30 hingga 45 menit. Barulah setelah itu bilaslah wajah dengan air hingga bersih.

Mengatasi iritasi dan gatal pada kulit

Selain berkhasiat bagi kecantikkan kulit wajah, kulit pisang juga dapat secara maksimal dalam mengobati iritasi dan gatal yang terjadi pada kulit. Tidak hanya pada kulit wajah, namun pada seluruh permukaan kulit tubuh. Ketika mengalami iritasi kulitdan biasanya langkah penyembuhan yang dilakukan adalah dengan pergi ke dokter spesialis kulit. Pasti biaya yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit. Dengan kulit pisang yang notabennya sudah menjadi limbah, iritasi pada kulit akan dapat disembuhkan tanpa memerlukan banyak biasa.

Dan yang paling penting, kulit pisang jauh lebih aman diaplikasikan serta tidak memiliki efek samping jika dibandingkan dengan obat-obatan kimia yang banyak mengandung efek samping negatif. Untuk mengobati iritasi dengan kulit pisang, cukup tempelkan kulit pisang bagian dalam yang sudah dicuci pada permukaan kulit yang iritasi pada malam hari. Diamkan sampai keesokan harinya lalu cucilah permukaan kulit sampai bersih. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur maka rasa gatal pada kulit akan hilang dan iritasipun akan segera menyingkir.

Mengatasi jerawat

Manfaat kulit pisang yang selanjutnya adalah untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel pada wajah. Jerawat umumnya dapat mudah mucul pada kulit wajah yang berminyak. Selain itu, jerawat juga dapat timbul karena kebersihan kulit wajah yang tidak terjaga dan juga karena iritasi. Jadi, bagi yang mengalami masalah pertumbuhan jerawat yang menjengkelkan pada wajah dan tak kunjung hilang, janganlah membuang kulit pisang setelah dikonsumsi. Gunakan kulit pisang sebagai bahan penghilang jerawat pada wajah yang efektif dan tidak meninggalkan bekas. Caranya pun sangat mudah dan prakstis yakni dengan menggosokkan kulit pisang bagian dalam pada permukaan wajah secara lembut sambil sedikit dipijat. Jangan lupa untuk mencuci kulit pisang dahulu sebelum digunakan. Agar lebih efektif, lakukan langkah ini pada malam hari secara rutin.

Menghaluskan Kulit Wajah

Seiring bertambahnya usia, berbagai masalah pada penampilan khususnya pada kulit wajah juga semakin bermunculan. Salah satunya adalah kulit wajah menjadi kering dan kasar. Wajah yang kering dan kasar juga dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti cuaca yang terlalu panas, iritasi penggunaan kosmetik dan beberapa hal lain. Cara menghaluskan kulit dengan kulit pisang sangat mudah untuk diaplikasikan. Cukup dengan menumbuk kulit pisang yang sudah bersih dan aplikasikan pada wajah sebagai masker. Diamkan selama 30 menit dan bilas wajah dengan air bersih atau air hangat, lakukan setiap hari selama beberapa minggu dan kelembaban wajah pun akan terjaga dengan baik.

Selain mengatasi masalah pada kulit, ternyata rebusan kulit pisang juga dapat dijadikan sebagai obat. Manfaat rebusan kulit pisang yang diminum sebelum tidur akan membuat para penderita insomnia menjadi mudah tertidur dengan pulas. Air rebusan kulit pisang juga mengandung beberapa nutrisi yang dapat menjauhkan pengonsumsinya dari stress. Semoga informasi tentang berbagai manfaat kulit pisang di atas bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *