Menyibak Khasiat Daun Nangka Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Posted on

Siapa yang tidak tahu nangka, buah yang dapat digunakan untuk berbagai macam makanan ini ternyata menyimpan segudang manfaat, bukan hanya buahnya saja, tapi juga daun nangka. Khasiat daun nangka ini ternyata cukup banyak, baik untuk kecantikan juga baik untuk kesehatan kulit. Ulasan kali ini akan membahas tentang berbagai macam khasiat dan manfaat daun nangka.

Nutrisi daun nangka ini cukup banyak, seperti antioksidan, kalsium, vitamin C dan juga vitamin E, dll. Dengan banyaknya manfaat yang ada pada daun ini, tidak heran, jika daun ini mempunyai segudang manfaat.

Khasiat daun nangka

Khasiat daun nangka untuk kecantikan

Bahasan yang pertama adalah khasiat daun nangka untuk kecantikan. Tahukah Anda tentang aneka kandungan nutrisi daun nangka untuk kecantikan kulit?

–          Mencegah keriput

Manfaat daun nangka pertama yang akan Anda peroleh adalah dapat mengatasi keriput. Siapa yang tidak ingin wajahnya berkeriput. Dengan kandungan dari daun nangka ini, kulit Anda akan lebih awet muda dan juga dapat mengatasi penuaan dini. Cara menggunakannya adalah dengan menggunakan masker nangka dan ditambah susu secukupnya, hasilnya akan Anda dapatkan setelah 4 minggu kemudian.

–          Mencegah jerawat

Hampir setiap orang pernah menerima jerawat. Lalu bagaimana cara Anda mengatasinya? Tahukah Anda bahwa daun nangka ini dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Caranya cukup oleskan masker nangka pada wajah yang berjerawat diamkan selama 15 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih.

–          Mengatasi kulit beminyak

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi wajah berjerawat adalah membuat masker daun nangka. Caranya haluskan beberapa lembar daun nangka, yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Untuk kulit berminyak, Anda dapat menggunakan 1 sdm minyak zaitun. Kemudian oleskan masker tersebut ke seluruh wajah hingga rata. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih, dengan menggunakan air hangat.

Anda yang mempunyai kulit kering juga dapat menggunakan daun ini. Tidak ada efek samping daun nangka yang berbahaya jika anda gunakan. Penggunaan secara rutin, bahkan dapat membuat kulit menjadi lebih bercahaya.

–          Dapat mengatasi flek hitam

Jika Anda terlalu sering berada di bawah terik matahari, maka penyakit yang paling sering terjadi adalah adanya bintik-bintik hitam pada wajah. Untuk mengatasi masalah seperti ini, mudah saja. Anda cukup menggunakan daun nangka yang telah diblender kemudian dicampur dengan perasan jeruk lemon. Lakukan perawat ini selama sebulan secara rutin.

–          Dapat membuat kulit mengkilap

Manfaat daun nangka berikutnya adalah dapat membuat kulit lebih bersianar, mudah saja.  Gunakan saja daun nangka, yang telah dihaluskan dengan madu dan juga susu. Aplikasikan masker tersebut ke seluruh wajah. Berikan pijatan ringan selama beberapa menit, kemudian biarkan selama 15 menit, atau hingga masker terasa kering. Kemudian bilas menggunakan air hangat.

–          Mengatasi noda pada kulit

Apabila Anda mempunyai masalah dengan noda kulit, seperti noda bekas jerawat, dll. Anda dapat menggunakan kombinasi buah nangka dan daun nangka. Kandungan vitamin C pada buah dan daun ini dapat mempercepat penyembuhan noda tersebut. Kandunagn vitamin C ini dapat membantu memperbaiki berbagai sel yang rusak pada kulit.

–          Mengatasi pigmentasi pada kulit

Untuk mengatasi pigmentasi pada kulit, terutama daerah dagu dan mulut juga dapat Anda lakukan dengan menggunakan daun nangka ini. Caranya adalah haluskan daun nangka ini, kemudian aplikasikan ke seluruh wajah secara merata. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda dapat memeberikan pijatan pada kulit selama 5 menit, dengan gerakan melingkar. Kemudian biarkan selama 10 menit, dan bilas menggunakan air hangat.

Khasiat daun nangka untuk menyembuhkan penyakit

Anda juga perlu mengetahui aneka khasiat daun nangka untuk menyembuhkan penyakit. Ada beberapa macam penyakit yang ternyata dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi daun nangka ini. Hal ini disebabkan karena aneka kandungan nutrisi daun nangka tersebut. Berikut ini adalah beberapa macam penyakit yang dapat disembuhkan dengan daun nangka ini, seperti:

–          Menjaga kesehatan gigi

Manfaat daun nangka untuk kesehatan yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan gigi. Anda yang sering mempunyai masalah dengan gigi, dapat menggunakan daun ini untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi Anda. Caranya adalah dengan mencuci bersih daun ini beberapa lembar, kemudian rendam ke dalam air panas. Berkumurlah ketika air tesebut sudah terasa hangat.

Selain dapat menjaga kesehatan gigi, daun nangka juga dapat menjaga kesehatan tulang Anda. Hal ini terjadi karena daun nangka mempunyai kandungan kalium yang cukup tinggi.

–          Menjaga daya tahan tubuh

Daun ini juga daapt Anda gunakan untuk menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Kandungan antioksidan yang ada pada daun ini, dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Caranya adalah dengan mengkonsumsi air rebusan daun nangka secara teratur. Denan demikian daya tahan tubuh Anda akan semakin baik.

–          Mengatasi kanker

Yang tidak banyak orang ketahui dari manfaat daun nangka adalah, daun nangka ini ternyata dapat Anda gunakan untuk mengatasi berbagai macam kanker, terutama kanker stadium awal. Yang harus Anda lakukan adalah mengkonsumsi air rebusan daun nangka secara teratur.  Kandungan berbagai macam nutrisi dan enzim yang ada pada daun ini juga dapat membunuh berbagai macam sel kanker yang ada pada tubuh.

–          Terapi diabetes

Mengalamidiabetes, konsumsisajaseacrarutin, daunnangkaini. Penyakitinidapatmenyerangsiapasaja, baikitu orang tua maupunmuda. Ketika Anda didiagnosa terkena penyakit diabetes, yang sebaiknya Anda lakukan adalah mengkonsumsi daun ini secara teratur. Caranya adalah dengan mengkonsumsi rebusan air daun nangka secara teratur.

–          Mengatasi asma

Penyakit lainnya yang juga data disembuhkan dengan menggunakan daun ini adalah penyakit asma. Penyakit yang menyerang bagian pernafasan ini memang agak sulit untuk disembuhkan. Yang harus Anda lakukan adalah mengkonsusmi daun nangka ini secar teratur, maka penyakit sama dapat disembuhkan dengan baik.

–          Batu empedu

Penyakit batu empedu juga dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi daun nangka. Cara memperoleh manfaat daun nangka untuk penyakit batu empedu ini adalah dengan merebus beberapa helai daun nangka. Cuci bersih beberapa lembar daun nangka, kemudian rebus bersama air secukupnya. Biarkan air rebusan hingga tersisa setengahnya. Kemudian angkat dan konsumsi selagi hangat.

Mengkonsumsi daun nangka ini adalah salah satu solusi yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi beberapa macam penyakit, seperti yang telah disebutkan di atas. Anda tidak perlu khawatir akan efek samping daun nangka, karena sebenarnya efek sampingnya hampir tidak ada. Bahkan ketika mengkonsumsi secara rutin, manfaat daun nangka yang akan Anda peroleh adalah dapat membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik, begitu juga dengan kesehatan kulit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *