Pengolahan dan Pembuatan Obat Asam Urat Meniran

Posted on

Obat asam urat Meniran digunakan oleh penderita penyakit asam urat untuk pengobatan secara herbal. Banyak penelitian mengatakan bahwa tanaman yang tingginya tidak sampai 50 cm ini memiliki kandungan untuk mengobati penyakit asam urat. Sebenarnya asam urat sendiri bukanlah penyakit melainkan sebuah zat yang datang dari makanan mengandung asam urat seperti makanan laut, jeroan dan sebagainya. Zat asam urat sangat diperlukan dan baik untuk tubuh karena digunakan sebagai antioksidan yang dapat menumbuhkan sel baru sehingga tubuh bisa selalu sehat. Namun saat zat ini melebihi porsinya di dalam tubuh maka akan berubah menjadi kristal yang menyerang dengan cara menekan persendian, inilah penyebab asam urat.

Obat asam urat Meniran

Syarat tumbuh tanaman obat meniran

Syarat untuk tanaman ini bisa tumbuh tidak terlalu rumit karena Meniran bisa hidup hingga batas ketinggian 1 km diatas permukaan laut. Biasanya jenis rerumputan seperti ini bisa tumbuh dalam keadaan tanah apapun. Bedanya untuk Meniran merah harus disediakan tanah yang kaya akan zat organik sementara itu untuk Meniran hijau bisa tumbuh dimana saja bahkan di tanah yang mengandung pasir. Yang penting adalah pastikan tempat tumbuhnya selalu dalam keadaan lembab sesuai dengan habitat asli dari tanaman Meniran.

Persiapan media tanam tanaman obat meniran

Meniran mulai banyak ditanam oleh mereka yang membutuhkan ramuan obat asam urat. Media tanam yang dibutuhkan untuk tanaman obat Meniran adalah tanah dan pupuk. Lahan yang telah disediakan untuk menanam dicangkul sedalam 20 cm untuk mempersiapkan tunas dari bibit yang telah disemai dan dipindahkan ke dalam poly bag. Jangan lupa untuk membersihkan lubang dari pasir dan bebatuan. Untuk setiap 1 meter persegi lahan tanam gunakan 1 karung pupuk. Buat semacam bedengan setinggi 30 cm dengan lebar 1 meter.

Pemilihan bibit tanaman obat meniran

Proses pemilihan bibit tanaman obat Meniran baru bisa dilakukan setelah semua biji disemai dan menjadi tunas. Untuk media tanam bibit ini menggunakan tempat yang telah diisi tanah dan sekam atau pupuk kandang dengan perbandingan yang sama. Biji yang digunakan untuk bibit bisa didapatkan dari tanaman induk yang sudah tua. Setelah disemai, tunggu selama 1 minggu hingga tunasnya mulai tumbuh. Setelah tunasnya tumbuh, bibit tunas ini bisa dipindahkan ke dalam poly bag satu per satu. Gunakan poly bag dengan ukuran 5 x 10 cm. Isi menggunakan tanah dan sekam dengan perbandingannya yang sama. tunggu selama 3 minggu baru pindahkan ke dalam media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya dengan bedengan tadi. Tanaman ini tidak bisa terus ditanam di dalam poly bag. Setelah 3 minggu tanaman tersebut sudah harus dikeluarkan.

Cara menanam tanaman obat asam urat meniran

Setelah tanaman obat asam urat dan rematik ini berada dalam polybag selama 3 minggu, Meniran sudah bisa dikeluarkan untuk ditanam kembali. Caranya adalah dengan membuka bungkusan polybag, kemudian tanam tunas bibit bersamaan dengan tanah yang menempel di akar. Satukan dengan tanah disekitarnya agar semakin kuat dan tetap berdiri. Beri jarak tiap tanaman sekitar 20 x 20 cm agar dapat berkembang dengan baik. Jangan lupa untuk menyiramnya setiap hari dengan kadar air yang cukup.

Cara merawat tanaman obat meniran

Cara merawat tanaman ini sebenarnya cukup mudah, untuk awal penanaman cukup membersihkan gulma yang tumbuh di sekitar tunas karena hal itu akan mengganggu penyerapan air untuk tunas Meniran. Jika ditanam saat musim kemarau, tunas yang sudah dipindahkan ke lahan berbedeng tersebut bisa disiram setiap hari. Namun jika pertumbuhannya dirasa kurang bagus maka bisa ditambahkan pupuk.

Untuk beberapa jenis tanah yang telah mengandung kompos atau humus para petani tanaman ini tidak perlu mengeluarkan pengeluaran lagi untuk pupuk karena kondisi tanah yang seperti itu sudah cukup membuat Meniran tumbuh dengan baik. Kemudahan lainnya adalah tanaman ini jarang sekali terkena hama atau penyakit yang bisa mengganggu pertumbuhan. Namun jika hal tersebut terjadi yang bisa dilakukan adalah membuang bagian yang sudah terkena hama atau penyakit agar tidak menular ke bagian yang lainnya. Pembagian pupuk dalam wilayah tanam seluas 1ha bisa menggunakan sebanyak 1kg pupuk urea.

Cara panen tumbuhan obat meniran

Tanaman yang bisa dijadikan obat tradisional penurun asam urat ini sudah siap dipanen jika sudah berumur 2 sampai 3 bulan. Tandanya bisa dilihat dari daun Meniran siap panen yang warnanya sudah menjadi hijau tua hampir kekuningan. Setelah dipanen, langsung jemur daun di bawah sinar matahari langsung selama 3 hingga 5 hari. Namun jika ingin lebih cepat daun bisa langsung di oven hingga kering kemudian kemas dalam plastik kedap udara.

Cara penggunaan daun meniran untuk obat tradisional

Daun Meniran bisa mengobati berbagai jenis penyakit jika diolah sesuai dengan penyakit yang ingin disembuhkan tersebut. Untuk menyembuhkan asam urat dapat dilakukan dengan merebus 1 gelas air bersama 1 sendok makan daun Meniran dan 7 lembar daun kumis kucing. Biarkan airnya berkurang menjadi setengahnya lalu dinginkan. Konsumsi obat asam urat Meniran ini 1 kali perhari sampai rasa nyeri yang disebabkan oleh asam urat menghilang. Zat yang terkandung di dalam daun Meniran dapat membuat kristal-kristal asam urat meleleh sehingga nyeri sendi yang dirasakan tadi dapat disembuhkan. Namun untuk menjaga agar penyakit asam urat tidak kambuh lagi, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan penyebabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *