Tanaman Hias dan Klasifikasinya untuk Indoor dan Outdoor

Posted on

Tanaman hias dan klasifikasinya kini mulai dibahas dan didalami oleh para pecinta tanaman hias. Selain memiliki nilai artistik, tanaman hias dapat difungsikan sebagai perindang serta penghasil oksigen.

Jenis-jenis tanaman hias indoor atau dalam rumah

Berikut ini adalah berbagai jenis tanaman hias yang dapat di tanam pada pot sebagai media tanaman hias dalam rumah.

1.Azalea

Tampilan bunga mirip bougenville namun lebih cerah dan segar membuat tanaman yang satu ini sangat pas dijadikan sebagai ornament tanaman hias dalam ruangan. Selain indah dipandang, Azalea juga merupakan tanaman hias yang dapat membersihkan udara dari berbagai polutan sehingga baik bagi kesehatan pernapasan.

2.Gelombang cinta

Sempat menjadi tanaman hias dengan harga hingga ratusan juta, gelombang cinta kini masih ramai peminat untuk dijadikan tanaman hias dalam ruangan. Bentuk daunnya yang sangat khas dan cantik membuat sudut ruangan dalam rumah menjadi terlihat lebih menawan.

3.Monstera

Monstera dengan tampilan daun yang lebar, mengkilap dan berlubang sesuai dengan tekstur tulang daunnya membuat ruangan dalam rumah menjadi lebih cantik. Tanaman ini juga tidak memerlukan perawatan yang sulit.

3.Kaktus

Jenis kaktus kini semakin banyak dan semakin variatif. Salah satu varian yangs angat cocok dijadikan sebagai tanaman hias dalam ruangan ialah kaktus bunga mini yang dapat hidup dalam pot kecil. Selain tidak memerlukan banyak air, tampilannya yang lucu akan dapat membuat ruangan lebih artistic.

4.Lidah buaya

Tanaman hias dalam ruangan yang selanjutnya ialah lidah buaya atau aloe vera. Tanaman ini sangat mudah dikenali dan sudah banyak diketahui oleh sebagian masyarakat dunia karena memiliki bentuk yang khas. Lidah buaya juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti menyehatkan rambut, pengobat luka, dikonsumsi dan masih banyak lagi. Pilihlah lidah buaya yang berukuran kecil sebagai tanaman hias di dalam ruangan rumah yang perawatannya sangat mudah.

5.Peace Lil

Peace Lil dengan bunga-bunga cantik dapat dijadikan pilihan tepat sebagai penghias ruang tamu atau ruang bersantai. Perawatan tanaman ini pun sangat mudah karena tak membutuhkan cahaya matahari langsung.

6.Bonsai

Beberapa waktu yang lalu tanaman hias ini juga sempat menjadi viral. Bahkan banyak sekali penemuan spesies baru dengan mengkombinasikan dua atau lebih tanaman berkayu dengan teknik bonsai. Tanaman hias bonsai dengan ukuran mini dapat mempercantik tampilan meja tamu rumah kesayangan.

7.Lavender

Tanaman hias dengan bunga warna ungu sebagai ciri khasnya ini juga sangat pas dijadikan tanaman hias di dalam ruangan. Selain tampilannya yang indah, lavender juga beraroma sangat harum yang mampu menangkal kehadiran nyamuk.

8.Anggrek

Anggrek dengan ratusan jenis spesiesnya dapat menghidupkan keindahan ruangan dalam rumah. Anggrek hanya memerlukan media tanam yang tepat sehingga dapat hidup subur dengan minim perawatan.

9.Krisan

Ternyata, selain tampilannya yang cantik, tanaman hias krisan dengan bunga-bunga yang khas, dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan karena dapat dijadikan sebagai sumber aroma terapi.

Jenis-jenis tanaman hias outdoor atau cocok ditanam di halaman rumah

Ada banyak sekali jenis-jenis tanaman hias yang sangat pas diaplikasikan di luar rumah atau outdoor sebagai pemanis serta perindang agar cuaca halaman atau depan rumah tidak terlalu gersang atau panas.

1.Kaktus

Sebagai tanaman yang dapat bertahan dengan baik di kawasan gurun, maka tertempa sinar matahari setiap hari tak akan jadi masalah bagi tanaman hias yang satu ini.

2.Mandevilla sendari

Sifatnya yang tumbuh merambat dan menghasilkan bunga dengan aneka warna yang cantik membuatnya sangat pas ditanam di halaman rumah.

3.Palem

Batangnya yang dapat tumbuh menjulang tinggi membuat palem dijadikan pilihan sebagian besar masyarakat sebagai tanaman hias di halaman depan rumah untuk dijadikan tanaman perindang.

4.Bougenville

Perawatan tanaman ini sangat mudah dan dapat tumbuh dengan baik dengan pancaran sinar matahari pada daerah tropis seperti Indonesia.

5.Tabebuia

Pohon asal Brasil yang sangat suka dengan sinar matahari ini merupakan jenis tanaman hias yang sangat pas ditanam di luar rumah. Apalagi penampilannya yang mirip seperti pohon sakura, dapat menghadirkan sensai Jepang di halaman rumah.

6.Bunga kamboja

Selain bunganya yang indah dan tekstur batangnya yang unik serta artistic, kamboja sangatlah pas dijadikan tanaman hias luar rumah. Kamboja juga mampu bertahan dengan baik meski tidak disiram air setiap hari.

7.Marigold

Tanaman hias bunga outdoor ini berbentuk bulat menggemuk disertai kelompak yang menumpuk. Jika khawatir rusak, tanaman ini juga dapat digantung dengan pot gantung..

8.Bayam merah

Bayam merah merupakan salah satu varian dari tanaman bayam dengan warna daun dan batangnya yang merah. Bayam merah dapat bertahan dan tumbuh dengan baik meskipun ditanam pada daerah yang tidak kaya air. Bayam merah juga sangat bermanfaat bagi kesehatan sebagai penambah darah.

9.Kaliandra merah

Kaliandra merupakan tanaman hias yang dapat menghasilkan bunga berwarna merah cantik serta buah polong yang memukau. Kaliandra banyak dijadikan sebagai tanaman perindang, oleh karena itu, sangat pas jika ditanam di halaman depan rumah yang langsung terkena sinar matahari.

 10.Jengger ayam

Tanaman hias yang satu ini dinamakan jengger ayam karena bentuk bunganya yang sangat mirip dengan jengger ayam yang berwarna merah. Tanaman hias ini juga dapat tumbuh dengan baik di bawah terpaan langsung sinar matahari.

Demikianlah berbagai informasi seputar tanaman hias dan klasifikasinya yang dapat digunakan sebagai bahan referensi.

Apa Yang Pengunjung Cari?

  • bayam indoor
  • contoh tanaman hias danklasifikasinya
  • tanaman hias outdoor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *